Pages - Menu

Jumat, 24 Oktober 2014

SILABUS Menghargai Jasa Pahlawan



SILABUS
Kelas IV
Tema 5 : Menghargai Jasa Pahlawan
Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah



KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
TAHUN:....

Kelas                : IV
Tema 5             : Menghargai Jasa Pahlawan
Alokasi Waktu  : 3 Minggu

Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar
Indikator
Kegiatan Pembelajaran dan Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar


MINGGU 1


PPKn
Mengetahui keteladanan tokoh  proklamator kemerdekaan RI melalui pengamatan


·      Menyebutkan  keteladanan tokoh proklamator (kreatif, mandiri, rasa ingin tahu)



·     Menuliskan tokoh-tokoh proklamator Republik Indonesia melalui gambar  tokoh-tokoh.
·     Melalui permainan siswa mencari tokoh-tokoh proklamator RI
·      Mencari dari berbagai sumber keteladanan tokoh proklamator RI
·      Mendiskusikan sikap/perilaku dari tokoh proklamator yang bisa diteladani
·       Mencari informasi tentang kehidupan tokoh proklamator melalui berbagai literatur atau sumber-sumber lain yang dapat memberikan jawaban rasa ingin tahu peserta didik

Penilaian
Unjuk kerja


6 jp

Buku Tematik Kelas IV

Menunjukkan keteladanan tokoh  proklamator kemerdekaan RI dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan setempat (KI 2)
·      Membiasakan berperilaku meneladani para tokoh proklamator dalam kehidupan sehari-hari di rumah, di sekolah dan di lingkungan masyarakat dengan rasa percaya diri dan kreatif

·      Bermain peran (role playing) tentang sikap teladan para tokoh proklamator (seperti cinta tanah air, mementingkan kepentingan umum, bertanggung jawab, dan sederhana)
·      Membahas penampilan role playing dengan menggunakan format penilaian yang telah disiapkan
·      Menyimpulkan hasil diskusi kelompok dengan rasa tanggungjawab
Penilaian
·      Unjuk kerja: proses pada saat peserta didik memerankan tokoh proklamator dengan memperhatikan aspek-aspek : keterampilan dalam memerankan tokoh, bahasa, kesopanan/sikap.


4 jp
Buku Tematik Kelas IV

Bahasa Indonesia
Membaca naskah drama anak-anak (tentang berbagai topik) dan memerankannya dengan ekspresi yang sesuai

·    Menyebutkan tokoh, tema, dan latar dalam teks drama anak
·    Mencatat tokoh, tema, dan latar dalam drama anak.
·    Menjawab pertanyaan berdasarkan isi teks drama anak.
·    Menjelaskan isi teks drama anak (tokoh, watak, latar, alur) dalam drama di hadapan teman sekelas
·    Memerankan drama anak

·      Membaca teks drama anak yang berhubungan dengan kepahlawanan
·      Mengidentifikasi nama tokoh, watak, latar, dan alur dalam teks drama anak.
·      Mencatat nama tokoh, watak, latar, dan alur teks drama anak.
·      Menjawab pertanyaan berdasarkan isi teks drama anak.
·      Menjelaskan isi teks drama anak (nama tokoh, watak, latar, dan alur)
·      Memerankan drama anak sesuai dengan watak tokoh, latar, dan alur
Penilaian
Tes tertulis: Menjawab pertanyaan sesuai isi teks drama dengan benar
Unjuk kerja: Memerankan drama anak sesuaidengan watak tokoh, latar, dan alur

10 jp

Buku Tematik Kelas IV

Matematika
Menentukan faktor persekutuan dua buah bilangan dan faktor persekutuan terbesar (FPB) (K3)

·   Menentukan faktor persekutuan dua bilangan
·   Menentukan faktor  persekutuan terbesar  (FPB) dari dua bilangan dengan menggunakan factor persekutuan
·   Menentukan FPB dari dua bilangan dengan faktorisasi prima atau tabel pemfaktoran

·      Mendiskusikan cara menentukan faktor persekutuan dua bilangan
·      Menemukan cara menentukan faktor  persekutuan terbesar  (FPB) dari dua bilangan dengan menggunakan prinsip faaktor persekutuan melalui diskusi kelompok
·      Menemukan cara menentukan faktor  persekutuan terbesar  (FPB) dari dua bilangan dengan menggunakan prinsip faktorisasi prima atau menggunakan tabel pemfaktoran melalui diskusi kelompok
·      Menentukan kelipatan faktor  persekutuan terbesar  (FPB) dari dua bilangan dengan cara yang dianggap paling mudah oleh peserta didik

Penilaian :
·      Unjuk kerja : menyebutkan factor bilangan dari bilangan yang diberikan
·      Tes Tertulis : menentukan FPB dari dua bilangan yang diberikan dengan cara yang dianggap paling mudah oleh peserta didik

6 JP

Buku Tematik Kelas IV

Seni Budaya dan Prakarya Menunjukkan tanggung jawab dan peduli terhadap alam lingkungan sekitar melalui berkarya (KI 2)


·       Memanfaatkan alam dengan baik untuk berkarya
·       Membuang sampah pada tempatnya
·       Menyelesaikan tugas tepat waktu
·       Menggunakan bahan yang mudah didaur ulang
·       Bersama- sama tidak merusak lingkungan

·        Menggambar, bernyanyi, menari dan berkarya sesuai minat masing-masing yang tidak merusak lingkungan
Penilaian
·         Pengamatan: sikap tanggung jawab dan peduli terhadap lingkungan


3 jp

Buku Tematik Kelas IV

Menggambar model berdasarkan pengamatan langsung  (KI 4)
·     Membuat gambar dengan model manusia.

·         Memilih dan menyiapkan model manusia serta alat gambar
·         Menggambar manusia dengan melihat model/objek langsung
Penilaian
·         Produk: Gambar model
3 jp
Buku Tematik Kelas IV

PENJASORKES
Memahami gizi dan menu seimbang dalam menjaga kesehatan tubuh

Mempraktikkan variasi dan  kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola kecil yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil

Mempraktikkan kombinasi pola gerak dominan untuk membentuk keterampilan/ teknik dasar senam (seperti: hand stand, kayang, dsb) dan  kombinasi pola gerak dominan posisi statis dan dinamis,  tumpuan dan gantungan (misalnya: gerak hand stand berpasangan) secara berpasangan

Menyebutkan macam makanan yang mengandung (Karboidrat, Protein, Lemak, Vitamin, Mineral )

Menerapkan variasi dan kombinasi pola gerak lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam  permainan kasti





Memperagakan kombinasi pola gerak dominan posisi statis dan dinamis

Mendiskusikan menu seimbang



Melemparkan bola melambung secara berpasangan atau berkelompok dengan menunjukkan prilaku kerjasama, percaya  diri, disiplin, toleransi, menjaga keselamatan diri dan orang lain, dan menghargai perbedaan





Berdiri diatas batu bata/balok dalam beberapa hitungan


Penilaian:
Tertulis: menyebutkan menu seimbang
Unjuk kerja: Melemparkan bola melambung, dan menjaga keseimbangan berdiri di atas batu bata
Pengamatan Perilaku


4 JP

Buku Pegangan siswa
Bola kasti
Batu bata
kapur


MINGGU 2


PPKn
Mengetahui keteladanan tokoh  proklamator kemerdekaan RI melalui pengamatan


·      Menceritakan kehidupan Tokoh Proklamator (rasa percaya diri, kreatif, mandiri)



·      Menuliskan kehidupan tokoh proklamator berdasarkan hasil studi literatur atau sumber yang dapat dipercaya dengan bahasa baik dan benar
·      Tanya jawab tentang kehidupan tokoh-tokoh proklamator RI
·      Menggambar salah satu tokoh proklamasi
Penilaian
 Tertulis ( hasil  menuliskan  kehidupan tokoh proklamator)
Produk ( Hasil gambar  salah satu tokoh proklamator RI )

6 jp

Buku Tematik Kelas IV

Bahasa Indonesia
Berbicara spontan tentang diri sendiri, keluarga, dan sekolah
·      Mengungkapkan dengan tepat pikiran, gagasan, dan perasaan melalui isi pembicaraan
·      Menggunakan bahasa yang santun
·      Mendengarkan dengan seksama pembicaraan orang lain (dialog atau diskusi)
·      Mengungkapkan pikiran, gagasan, dan perasaan secara spontan terhadap pembicaraan orang lain dengan menggunakan bahasa yang sopan
Penilaian
Unjuk kerja:
·      Ketepatan pikiran, gagasan, dan perasaan yang diungkan dengan isi pembicaraan
·      Menggunakan Bahasa yang sopan
3 jp
Buku Tematik Kelas IV

Bahasa Indonesia
Membaca teks tentang berbagai topik, membuat pertanyaan, dan menuliskan gagasan pokok

·      Menyusun pertanyaan-pertanyaan dengan benar mengenai isi teks bacaan
·      Menentukan dengan tepat gagasan pokok paragraf yang ada dalam teks bacaan

·      Membaca di dalam hati teks bacaan tentang “Menghargai Jasa Pahlawan”
·      Membuat pertanyaan-pertanyaan tentang isi teks bacaan
·      Menukarkan pertanyaan-pertanyaan dengan teman untuk saling menjawab
·      Menentukan dan menulis gagasan pokok paragraf-paragraf yang ada di dalam teks bacaan
·      Membandingkan gagasan pokok yang ditentukan sendiri dengan gagasan pokok yang ditulis teman
Penilaian
Tes tertulis
·      Ketepatan pertanyaan dengan isi teks bacaan
·      Ketepatan dalam menentukan gagasan pokok paragraf

4 jp

Buku Tematik Kelas IV


·   Membaca dan menemukan makna kata dalam kamus /ensiklopedia
·    Membuka kamus dengan benar
untuk menemukan makna kata-kata sulit
·    Menyusun kalimat dengan menggunakan kata-kata sulit yang telah ditemukan artinya di dalam kamus/ensiklopedia
·      Membaca kembali teks bacaan “Menghargai Jasa Pahlawan”.
·      Mencatat kata-kata  yang dianggap sulit artinya yang ada dalam teks bacaan
·      Membuka kamus/ensiklopedia, lalu menemukan arti dan makna kata-kata  tersebut sesuai dengan konteksnya
·      Menyusun kalimat dengan menggunakan kata-kata sulit yang telah ditemukan artinya di dalam kamus/ensiklopedia
Penilaian
Tes Tertulis:  
·    Menemukan kata-kata sulit di dalam teks bacaan
·    Membuka kamus dengan benar
·    Menyusun kata-kata sulit

Unjuk kerja cara membuka kamus/ensiklopedia
4jp
Kamus atau ensiklopedia
Matematika
Menentukan faktor persekutuan dua buah bilangan dan faktor persekutuan terbesar (FPB) (K3)

·      Menyajikan masalah yang berkaitan dengan FPB ke dalam bentuk diagram, gambar, simbol, tabel atau bentuk lainnya
·      Menulis model/kalimat matematika dari masalah yang berkaitan dengan FPB
·      Menentukan penyelesaian dari masalah yang berkaitan dengan FPB


·         Mendiskusikan cara menyajikan masalah yang berkaitan dengan FPB ke dalam bentuk diagram, gambar, simbol, tabel atau bentuk lainnya
·         Mengidentifikasi  masalah sehari-hari yang dapat diselesaikan dengan menggunakan prinsip FPB melalui diskusi kelompok
·         Menemukan cara menyelesaikan masalah sehari-hari yang menggunakan prinsip FPB melalui diskusi kelompok

Penilaian
·         Tes Tertulis: meneyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari menggunakan KPK


6 jp

Buku Tematik Kelas IV

PENJASORKES
Memahami tinggi dan berat badan ideal dan pengaruhnya terhadap pertumbuhan dan perkembangan

Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar untuk membentuk gerakan dasar  atletik jalan  dan lari  yang dilandasi konsep gerak melalui permainan dan atau tradisional

Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar untuk membentuk gerakan dasar  atletik jalan  dan lari  yang dilandasi konsep gerak melalui permainan dan atau tradisional


Memahami penyebab kelebihan berat badan



Memperagakan kombinasi gerak dasar jalan





Memperagakan kombinasi gerak dasar lari


Mengidentifkasi pola makan yang dapat menyebabkan kelebihan berat badan



Berjalan langkah langkah kuda/hop menunjukkan disiplin





Berlari ke mengikuti lintasan berbelok-belok

Penilaian:
Tertulis: menyebutkan pola makan yang dapat menyebabkan kelebihan berat badan
Unjuk kerja:  berjalan langkah langkah kuda/hop dan berlari ke mengikuti lintasan berbelok-belok
Pengamatan Perilaku

4 JP

Buku pegangan siswa
Kapur
Pluit
simpai
Seni Budaya dan Prakarya Menggambar model berdasarkan pengamatan langsung  (KI 4)

·     Membuat gambar dengan model manusia.
·     Membuat gambar dengan model binatang.
·     Membuat gambar dengan model tumbuhan (bunga dan buah).

·      Memilih dan menyiapkan model hewan dan tumbuhan serta alat gambar
·      Menggambar hewan dan tumbuhan dengan melihat model/objek langsung
Penilaian
·         Produk: Gambar model



6 jp

Buku Tematik Kelas IV



MINGGU 3 


PPKn
Menunjukkan keteladanan tokoh  proklamator kemerdekaan RI dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan setempat (KI 2)

Membiasakan berperilaku meneladani para tokoh proklamator dalam kehidupan sehari-hari di rumah, di sekolah dan di lingkungan masyarakat dengan rasa percaya diri dan kreatif


·      Bermain peran (role playing) tentang sikap teladan para tokoh proklamator (seperti cinta tanah air, mementingkan kepentingan umum, bertanggung jawab, dan sederhana)
·      Membahas penampilan role playing dengan menggunakan format penilaian yang telah disiapkan
·      Menyimpulkan hasil diskusi kelompok dengan rasa tanggungjawab
Penilaian
Unjuk kerja: proses pada saat peserta didik memerankan tokoh proklamator dengan memperhatikan aspek-aspek : keterampilan dalam memerankan tokoh, bahasa, kesopanan/sikap.


6 jp

Buku Tematik Kelas IV

Bahasa Indonesia
·    Membaca cerita rakyat dan menjelaskan isinya (tokoh, tempat, amanat)
·      Mengidentifikasi tokoh-tokoh dalam cerita rakyat
·      Mengidentifikasi hal-hal penting dalam cerita rakyat
·      Menceritakan kembali isi cerita  rakyat (tokoh, tempat, amanat) dengan kalimat yang runtut
·      Menyimak  pembacaan cerita rakyat yang bertema kepahlawanan
·      Mengidentifikasi tokoh-tokoh yang ada dalam cerita rakyat yang didengar
·      Mengidentifikasi tempat-tempat  yang ada dalam cerita rakyat yang didengar
·      Mengidentifikasi amanat dari cerita yang didengar
·      Menjelaskan kembali tokoh, tempat, dan amant cerita rakyat

Penilaian:
Unjuk kerja: Menceritakan kembali cerita rakyat di depan kelas. Kriteria penilaian menggunakan skala Likert: (3) runtut, (2) kurang runtut, (1) tidak runtut
6 jp
Buku Tematik Kelas IV

·   Melengkapi bagian cerita rumpang dengan kalimat yang tepat
·    Melengkapi bagian cerita yang hilang dengan kalimat pada awal paragraf.
·    Melengkapi bagian cerita yang hilang pada akhir paragraf.
·      Membaca cerita yang rumpang pada bagian awal
·      Mendiskusikan kata/kalimat yang tepat untuk mengisi bagian cerita yang hilang.
·      Melengkapi bagian cerita yang hilang dengan kata/kalimat pada awal paragraf.
·      Membacakan cerita yang telah dilengkapi dan mendiskusikan ketepatan isinya
Penilaian:
Tes Tertulis: Melengkapi cerita rumpang menjadi lengkap  berdasarkan hasil diskusi dengan menggunakan EYD yang tepat
4 jp
Buku Tematik Kelas IV

Matematika
Melakukan operasi hitung campuran dengan menggunakan prosedur/aturan yang benar (k2)
·         Menulis model/kalimat matematika dari kegiatan/kejadian sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung campuran
·         Menghitung hasil operasi hitung campuran sesuai dengan level atau tingkat operasi hitungnya, yaitu: operasi dalam kurung selalu dilaksanakan lebih dulu, perkalian dan pembagian adalah setara, perkalian atau pembagian dilaksanakan lebih dulu dari penjumlahan atau pengurangan, serta penjumlahan dan pengurangan adalah setara
·         Menentukan operasi hitung campuran dengan hasil terbesar atau terkecil dari angka-angka dan simbol operasi yang diberikan
·         Menentukan unsur/apa yang diketahui dari masalah yang berkaitan dengan operasi hitung campuran
·         Menentukan penyelesaian dari masalah yang berkaitan dengan operasi hitung campuran


§ Mendiskusikan model/kalimat matematika dari kegiatan/kejadian sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung campuran
§ Melakukan penghitungan hasil operasi hitung campuran sesuai dengan level atau tingkat operasi hitungnya, yaitu: operasi dalam kurung selalu dilaksanakan lebih dulu, perkalian dan pembagian adalah setara, perkalian atau pembagian dilaksanakan lebih dulu dari penjumlahan atau pengurangan, serta penjumlahan dan pengurangan adalah setara
§ Melakukan operasi hitung campuran dengan hasil terbesar atau terkecil dari angka-angka dan simbol operasi yang diberikan
§ Menentukan penyelesaian dari masalah yang berkaitan dengan operasi hitung

Penilaian
§ Unjuk Kerja : menemukan urutan  operasi hitung campuran yang sesuai prosedur menggunakan  lembar kerja yang dikerjakan dalam diskusi kelompok
§ Tes Tertulis: melakukan  operasi hitung campuran

6 jp

Buku Tematik Kelas IV

PENJASORKES

Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar untuk membentuk gerakan dasar  atletik jalan  dan lari  yang dilandasi konsep gerak melalui permainan dan atau tradisional

Mempraktikkan variasi dan  kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola kecil yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil


Memperagakan kombinasi gerak dasar lari





Menerapkan variasi dan kombinasi pola gerak lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam  permainan kasti




Mendiskusikan posisi tubuh yang benar saat berlari






Bermain kasti dengan menunjukkan prilaku kerjasama, percaya  diri, disiplin, toleransi, menjaga keselamatan diri dan orang lain, dan menghargai perbedaan

Penilaian:
Tertulis: menyebutkan posisi tubuh yang benar saat berlari
Unjuk Kerja:bermain kasti
Pengamatan perilaku



4 JP


Buku pegangan siswa
Pluit
Bola kasti
Seni Budaya dan Prakarya Menyanyikan solmisasi lagu wajib dan lagu daerah yang dikenal  (KI 4)

·        Menyanyikan solmisasi lagu wajib
·        Menyanyikan solmisasi lagu  lagu daerah

·        Mendengarkan lagu wajib dan lagu daerah
·        Mempraktikkan bernyanyi  solmisasi lagu wajib dan lagu daerah yang dikenal di depan kelas
Penilaian
Unjuk kerja: menyanyi lagu wajib dan lagu daerah dengan solmisasinya

6 jp

Buku Tematik Kelas IV








Tidak ada komentar:

Posting Komentar