SILABUS
Kelas IV
Tema 5 : Menghargai Jasa
Pahlawan
Sekolah Dasar dan
Madrasah Ibtidaiyah
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
TAHUN:....
Kelas :
IV
Tema 5 :
Menghargai Jasa Pahlawan
Alokasi Waktu :
3 Minggu
Mata Pelajaran dan
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Kegiatan
Pembelajaran dan Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
|
|
MINGGU 1
|
|
|
|
PPKn
Mengetahui
keteladanan tokoh proklamator
kemerdekaan RI melalui pengamatan
|
· Menyebutkan keteladanan tokoh proklamator
(kreatif, mandiri, rasa ingin tahu)
|
·
Menuliskan tokoh-tokoh proklamator Republik Indonesia
melalui gambar tokoh-tokoh.
·
Melalui permainan siswa mencari tokoh-tokoh proklamator
RI
·
Mencari dari
berbagai sumber keteladanan tokoh proklamator RI
·
Mendiskusikan
sikap/perilaku dari tokoh proklamator yang bisa diteladani
·
Mencari informasi tentang kehidupan tokoh
proklamator melalui berbagai literatur atau sumber-sumber lain yang dapat
memberikan jawaban rasa ingin tahu peserta didik
Penilaian
Unjuk
kerja
|
6 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
|
|
Menunjukkan keteladanan tokoh
proklamator kemerdekaan RI dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan
setempat (KI 2)
|
· Membiasakan
berperilaku meneladani para tokoh proklamator dalam kehidupan sehari-hari di
rumah, di sekolah dan di lingkungan masyarakat dengan rasa percaya diri dan
kreatif
|
·
Bermain
peran (role playing) tentang sikap teladan para tokoh proklamator (seperti
cinta tanah air, mementingkan kepentingan umum, bertanggung jawab, dan
sederhana)
· Membahas penampilan
role playing dengan menggunakan format penilaian yang telah disiapkan
· Menyimpulkan
hasil diskusi kelompok dengan rasa tanggungjawab
Penilaian
· Unjuk kerja: proses pada
saat peserta didik memerankan tokoh proklamator dengan memperhatikan
aspek-aspek : keterampilan dalam memerankan tokoh, bahasa, kesopanan/sikap.
|
4 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
|
|
Bahasa Indonesia
Membaca naskah drama anak-anak (tentang berbagai
topik) dan memerankannya dengan ekspresi yang sesuai
|
· Menyebutkan tokoh, tema, dan latar dalam teks drama anak
·
Mencatat tokoh, tema, dan latar
dalam drama anak.
·
Menjawab pertanyaan
berdasarkan isi teks drama anak.
·
Menjelaskan isi teks
drama anak (tokoh, watak, latar, alur) dalam drama di hadapan teman sekelas
·
Memerankan drama anak
|
· Membaca teks drama anak yang berhubungan dengan kepahlawanan
· Mengidentifikasi nama tokoh, watak, latar, dan alur
dalam teks drama anak.
· Mencatat nama tokoh, watak, latar, dan alur teks drama
anak.
· Menjawab pertanyaan berdasarkan isi teks drama anak.
· Menjelaskan isi teks drama anak (nama tokoh, watak,
latar, dan alur)
· Memerankan drama anak sesuai dengan watak tokoh,
latar, dan alur
Penilaian
Tes tertulis:
Menjawab pertanyaan sesuai isi teks drama dengan benar
Unjuk kerja: Memerankan drama anak sesuaidengan watak tokoh, latar,
dan alur
|
10 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
|
|
Matematika
Menentukan faktor persekutuan dua buah bilangan dan
faktor persekutuan terbesar (FPB) (K3)
|
· Menentukan faktor persekutuan dua bilangan
· Menentukan faktor persekutuan terbesar (FPB) dari dua bilangan dengan menggunakan factor persekutuan
· Menentukan FPB dari dua bilangan dengan
faktorisasi prima atau tabel pemfaktoran
|
· Mendiskusikan cara menentukan faktor persekutuan dua bilangan
· Menemukan cara menentukan faktor persekutuan terbesar (FPB) dari
dua bilangan dengan menggunakan prinsip
faaktor persekutuan melalui diskusi kelompok
·
Menemukan
cara menentukan faktor persekutuan terbesar (FPB) dari dua bilangan dengan
menggunakan prinsip faktorisasi prima atau
menggunakan tabel pemfaktoran melalui diskusi kelompok
·
Menentukan
kelipatan faktor persekutuan terbesar (FPB) dari dua bilangan dengan
cara yang dianggap paling mudah oleh peserta didik
Penilaian :
·
Unjuk kerja :
menyebutkan factor bilangan dari bilangan yang diberikan
·
Tes Tertulis :
menentukan FPB dari dua bilangan yang diberikan dengan cara yang dianggap
paling mudah oleh peserta didik
|
6 JP
|
Buku Tematik Kelas IV
|
|
Seni Budaya dan Prakarya Menunjukkan tanggung jawab dan peduli terhadap alam lingkungan
sekitar melalui berkarya (KI 2)
|
·
Memanfaatkan alam dengan baik untuk berkarya
·
Membuang sampah pada tempatnya
·
Menyelesaikan tugas tepat waktu
·
Menggunakan bahan yang mudah didaur ulang
·
Bersama- sama tidak merusak lingkungan
|
·
Menggambar, bernyanyi, menari dan berkarya sesuai minat
masing-masing yang tidak merusak lingkungan
Penilaian
·
Pengamatan: sikap tanggung jawab dan peduli
terhadap lingkungan
|
3 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
|
|
Menggambar model berdasarkan pengamatan
langsung (KI 4)
|
·
Membuat
gambar dengan model manusia.
|
·
Memilih dan menyiapkan model manusia serta alat gambar
·
Menggambar manusia dengan melihat model/objek
langsung
Penilaian
·
Produk: Gambar model
|
3 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
|
|
PENJASORKES
Memahami gizi dan menu seimbang
dalam menjaga kesehatan tubuh
Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan
manipulatif dalam permainan bola kecil yang dilandasi konsep gerak dalam
berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil
Mempraktikkan kombinasi pola gerak
dominan untuk membentuk keterampilan/ teknik dasar senam (seperti: hand
stand, kayang, dsb) dan kombinasi pola gerak dominan posisi
statis dan dinamis, tumpuan dan
gantungan (misalnya: gerak hand stand berpasangan) secara berpasangan
|
Menyebutkan macam makanan yang
mengandung (Karboidrat, Protein, Lemak, Vitamin, Mineral )
Menerapkan
variasi dan kombinasi pola gerak lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif
dalam permainan kasti
Memperagakan
kombinasi pola gerak dominan posisi statis dan dinamis
|
Mendiskusikan
menu seimbang
Melemparkan
bola melambung secara berpasangan atau berkelompok dengan menunjukkan prilaku
kerjasama, percaya diri, disiplin, toleransi, menjaga
keselamatan diri dan orang lain, dan menghargai perbedaan
Berdiri diatas batu bata/balok dalam
beberapa hitungan
Penilaian:
Tertulis:
menyebutkan menu
seimbang
Unjuk kerja: Melemparkan bola
melambung, dan menjaga keseimbangan berdiri di atas batu bata
Pengamatan Perilaku
|
4 JP
|
Buku Pegangan siswa
Bola kasti
Batu bata
kapur
|
|
|
|
MINGGU 2
|
|
|
|
PPKn
Mengetahui
keteladanan tokoh proklamator
kemerdekaan RI melalui pengamatan
|
· Menceritakan
kehidupan Tokoh Proklamator (rasa percaya diri, kreatif, mandiri)
|
·
Menuliskan kehidupan tokoh proklamator
berdasarkan hasil studi literatur atau sumber yang dapat dipercaya dengan
bahasa baik dan benar
·
Tanya jawab tentang kehidupan tokoh-tokoh proklamator
RI
·
Menggambar salah satu tokoh proklamasi
Penilaian
Tertulis ( hasil menuliskan
kehidupan tokoh proklamator)
Produk ( Hasil
gambar salah satu tokoh proklamator RI
)
|
6 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
|
|
Bahasa Indonesia
Berbicara spontan tentang diri sendiri, keluarga,
dan sekolah
|
·
Mengungkapkan
dengan tepat pikiran, gagasan, dan perasaan melalui isi pembicaraan
·
Menggunakan
bahasa yang santun
|
·
Mendengarkan
dengan seksama pembicaraan orang lain (dialog atau diskusi)
·
Mengungkapkan
pikiran, gagasan, dan perasaan secara spontan terhadap pembicaraan orang lain
dengan menggunakan bahasa yang sopan
Penilaian
Unjuk kerja:
·
Ketepatan
pikiran, gagasan, dan perasaan yang diungkan dengan isi pembicaraan
·
Menggunakan
Bahasa yang sopan
|
3 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
|
|
Bahasa Indonesia
Membaca teks tentang berbagai topik, membuat pertanyaan, dan menuliskan gagasan pokok
|
·
Menyusun
pertanyaan-pertanyaan dengan benar mengenai isi teks bacaan
·
Menentukan
dengan tepat gagasan pokok paragraf yang ada dalam teks bacaan
|
·
Membaca
di dalam hati teks bacaan tentang “Menghargai Jasa Pahlawan”
·
Membuat
pertanyaan-pertanyaan tentang isi teks bacaan
·
Menukarkan
pertanyaan-pertanyaan dengan teman untuk saling menjawab
·
Menentukan
dan menulis gagasan pokok paragraf-paragraf yang ada di dalam teks bacaan
·
Membandingkan
gagasan pokok yang ditentukan sendiri dengan gagasan pokok yang ditulis teman
Penilaian
Tes tertulis
·
Ketepatan
pertanyaan dengan isi teks bacaan
·
Ketepatan
dalam menentukan gagasan pokok paragraf
|
4 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
|
|
· Membaca dan menemukan makna kata dalam kamus /ensiklopedia
|
·
Membuka kamus dengan
benar
untuk menemukan makna kata-kata sulit
·
Menyusun kalimat
dengan menggunakan kata-kata sulit yang telah ditemukan artinya di dalam
kamus/ensiklopedia
|
·
Membaca kembali teks bacaan “Menghargai Jasa Pahlawan”.
·
Mencatat
kata-kata yang dianggap sulit artinya yang ada dalam teks bacaan
·
Membuka kamus/ensiklopedia, lalu menemukan arti dan makna
kata-kata tersebut sesuai dengan konteksnya
·
Menyusun kalimat
dengan menggunakan kata-kata sulit yang telah ditemukan artinya di dalam
kamus/ensiklopedia
Penilaian
Tes Tertulis:
·
Menemukan kata-kata
sulit di dalam teks bacaan
·
Membuka kamus
dengan benar
·
Menyusun kata-kata
sulit
Unjuk kerja cara membuka kamus/ensiklopedia
|
4jp
|
Kamus atau ensiklopedia
|
|
Matematika
Menentukan faktor persekutuan dua buah bilangan dan
faktor persekutuan terbesar (FPB) (K3)
|
· Menyajikan masalah yang berkaitan dengan FPB ke dalam bentuk diagram, gambar, simbol, tabel atau
bentuk lainnya
· Menulis model/kalimat matematika dari masalah yang berkaitan dengan FPB
·
Menentukan
penyelesaian dari masalah yang berkaitan dengan FPB
|
·
Mendiskusikan cara
menyajikan
masalah yang berkaitan dengan FPB ke dalam bentuk
diagram, gambar, simbol, tabel atau bentuk lainnya
·
Mengidentifikasi masalah sehari-hari yang dapat diselesaikan
dengan menggunakan prinsip FPB melalui diskusi kelompok
·
Menemukan cara
menyelesaikan masalah sehari-hari yang menggunakan prinsip FPB melalui
diskusi kelompok
Penilaian
·
Tes
Tertulis: meneyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari menggunakan KPK
|
6 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
|
|
PENJASORKES
Memahami tinggi dan berat badan
ideal dan pengaruhnya terhadap pertumbuhan dan perkembangan
Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak
dasar untuk membentuk
gerakan dasar atletik jalan dan lari
yang dilandasi konsep gerak melalui permainan dan atau tradisional
Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak
dasar untuk membentuk
gerakan dasar atletik jalan dan lari
yang dilandasi konsep gerak melalui permainan dan atau tradisional
|
Memahami
penyebab kelebihan berat badan
Memperagakan
kombinasi gerak dasar jalan
Memperagakan kombinasi gerak
dasar lari
|
Mengidentifkasi
pola makan yang dapat menyebabkan kelebihan berat badan
Berjalan
langkah langkah kuda/hop menunjukkan disiplin
Berlari ke
mengikuti lintasan berbelok-belok
Penilaian:
Tertulis:
menyebutkan pola makan yang dapat menyebabkan kelebihan berat badan
Unjuk
kerja: berjalan langkah langkah
kuda/hop dan berlari ke mengikuti lintasan berbelok-belok
Pengamatan
Perilaku
|
4 JP
|
Buku pegangan siswa
Kapur
Pluit
simpai
|
|
Seni Budaya dan Prakarya Menggambar model berdasarkan pengamatan langsung (KI 4)
|
·
Membuat
gambar dengan model manusia.
·
Membuat
gambar dengan model binatang.
·
Membuat
gambar dengan model tumbuhan (bunga dan buah).
|
·
Memilih dan menyiapkan model hewan dan tumbuhan serta alat gambar
·
Menggambar hewan dan tumbuhan dengan melihat model/objek langsung
Penilaian
·
Produk: Gambar model
|
6 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
|
|
|
|
MINGGU 3
|
|
|
|
PPKn
Menunjukkan keteladanan tokoh
proklamator kemerdekaan RI dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan
setempat (KI 2)
|
Membiasakan berperilaku
meneladani para tokoh proklamator dalam kehidupan sehari-hari di rumah, di
sekolah dan di lingkungan masyarakat dengan rasa percaya diri dan kreatif
|
·
Bermain
peran (role playing) tentang sikap teladan para tokoh proklamator (seperti
cinta tanah air, mementingkan kepentingan umum, bertanggung jawab, dan
sederhana)
· Membahas penampilan
role playing dengan menggunakan format penilaian yang telah disiapkan
· Menyimpulkan
hasil diskusi kelompok dengan rasa tanggungjawab
Penilaian
Unjuk kerja: proses pada saat peserta didik
memerankan tokoh proklamator dengan memperhatikan aspek-aspek : keterampilan
dalam memerankan tokoh, bahasa, kesopanan/sikap.
|
6 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
|
|
Bahasa Indonesia
·
Membaca cerita rakyat dan menjelaskan isinya
(tokoh, tempat, amanat)
|
·
Mengidentifikasi
tokoh-tokoh dalam cerita rakyat
·
Mengidentifikasi
hal-hal penting dalam cerita rakyat
· Menceritakan kembali isi cerita
rakyat (tokoh, tempat, amanat) dengan kalimat yang runtut
|
· Menyimak pembacaan cerita rakyat
yang bertema kepahlawanan
· Mengidentifikasi tokoh-tokoh yang ada dalam cerita rakyat yang didengar
· Mengidentifikasi tempat-tempat
yang ada dalam cerita rakyat yang didengar
· Mengidentifikasi amanat dari cerita yang didengar
· Menjelaskan kembali tokoh, tempat, dan amant cerita rakyat
Penilaian:
Unjuk kerja:
Menceritakan kembali cerita rakyat di depan kelas. Kriteria penilaian
menggunakan skala Likert: (3) runtut, (2) kurang runtut, (1) tidak runtut
|
6 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
|
|
· Melengkapi bagian cerita rumpang dengan kalimat
yang tepat
|
· Melengkapi bagian
cerita yang hilang dengan kalimat pada awal paragraf.
· Melengkapi bagian
cerita yang hilang pada akhir paragraf.
|
· Membaca cerita yang rumpang pada bagian awal
· Mendiskusikan kata/kalimat yang tepat untuk mengisi
bagian cerita yang hilang.
· Melengkapi bagian cerita yang hilang dengan kata/kalimat
pada awal paragraf.
· Membacakan cerita yang telah dilengkapi dan
mendiskusikan ketepatan isinya
Penilaian:
Tes Tertulis: Melengkapi cerita rumpang menjadi lengkap berdasarkan hasil diskusi dengan menggunakan
EYD yang tepat
|
4 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
|
|
Matematika
Melakukan operasi hitung campuran dengan
menggunakan prosedur/aturan yang benar (k2)
|
·
Menulis model/kalimat
matematika dari kegiatan/kejadian sehari-hari yang berkaitan dengan operasi
hitung campuran
·
Menghitung hasil
operasi hitung campuran sesuai dengan level atau tingkat operasi hitungnya,
yaitu: operasi dalam kurung selalu dilaksanakan lebih dulu, perkalian dan
pembagian adalah setara, perkalian atau pembagian dilaksanakan lebih dulu
dari penjumlahan atau pengurangan, serta penjumlahan dan pengurangan adalah
setara
·
Menentukan operasi
hitung campuran dengan hasil terbesar atau terkecil dari angka-angka dan
simbol operasi yang diberikan
·
Menentukan unsur/apa
yang diketahui dari masalah yang berkaitan dengan operasi hitung campuran
·
Menentukan penyelesaian dari masalah yang berkaitan dengan
operasi hitung campuran
|
§ Mendiskusikan model/kalimat matematika
dari kegiatan/kejadian sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung
campuran
§ Melakukan penghitungan hasil operasi hitung campuran sesuai dengan level atau
tingkat operasi hitungnya, yaitu: operasi dalam kurung selalu dilaksanakan
lebih dulu, perkalian dan pembagian adalah setara, perkalian atau pembagian
dilaksanakan lebih dulu dari penjumlahan atau pengurangan, serta penjumlahan
dan pengurangan adalah setara
§ Melakukan operasi
hitung campuran dengan hasil terbesar atau terkecil dari angka-angka dan
simbol operasi yang diberikan
§ Menentukan penyelesaian dari masalah yang berkaitan dengan
operasi hitung
Penilaian
§ Unjuk Kerja : menemukan urutan operasi hitung campuran yang sesuai
prosedur menggunakan lembar kerja yang
dikerjakan dalam diskusi kelompok
§ Tes Tertulis: melakukan operasi hitung campuran
|
6 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
|
|
PENJASORKES
Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak
dasar untuk membentuk
gerakan dasar atletik jalan dan lari
yang dilandasi konsep gerak melalui permainan dan atau tradisional
Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan
manipulatif dalam permainan bola kecil yang dilandasi konsep gerak dalam
berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil
|
Memperagakan kombinasi gerak
dasar lari
Menerapkan
variasi dan kombinasi pola gerak lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif
dalam permainan kasti
|
Mendiskusikan
posisi tubuh yang benar saat berlari
Bermain
kasti dengan menunjukkan prilaku kerjasama,
percaya diri, disiplin, toleransi, menjaga
keselamatan diri dan orang lain, dan menghargai perbedaan
Penilaian:
Tertulis:
menyebutkan posisi tubuh yang benar saat berlari
Unjuk
Kerja:bermain kasti
Pengamatan
perilaku
|
4 JP
|
Buku pegangan siswa
Pluit
Bola kasti
|
|
Seni Budaya dan Prakarya
Menyanyikan solmisasi lagu wajib dan lagu daerah yang dikenal (KI 4)
|
·
Menyanyikan
solmisasi lagu wajib
·
Menyanyikan
solmisasi lagu lagu daerah
|
·
Mendengarkan lagu wajib dan lagu daerah
·
Mempraktikkan bernyanyi solmisasi lagu wajib dan lagu daerah yang
dikenal di depan kelas
Penilaian
Unjuk kerja: menyanyi lagu wajib dan lagu daerah
dengan solmisasinya
|
6 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar