Pages - Menu

Sabtu, 08 Februari 2014

CONTOH INSTRUMEN

KISI-KISI INSTRUMEN SOAL

Standar Kompetensi      : Memahami sifat bangun ruang sederhana dan hubungan  antar bangun datar.
Kompetensi Dasar       : Menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana
Materi Pokok                 :  konsef  bangun ruang polihedron (kubus dan balok)

No
Indikator
Nomor Pertanyaan
1
Menyebutkan konsef bangun ruang kubus dan balok
1, 2, 3
2
Menyebutkan sifat-sifat bangun ruang kubus dan balok
3 ,4, 5














INSTRUMEN SOAL
NAMA : .......................                  KELAS   :...........           NO ABS :................
1.      Perhatikan  gambar bangun ruang disamping  !
a.       Apa nama bangun ruang tersebut ?
…………………………………
b.      Sisi bangun ruang tersebut berbentuk
Bangun datar. Apa nama bangun datar
tersebut ?
……………………………………
c.       Berapa banyak rusuk ada pada bangun ruang
disamping ?
..........................................................
d.      Berapa banyak sisi yang ada pada bangun ruang disamping ?
 ........................................................
2.      Perhatikan gambar disamping !
a.       Apa nama bangun ruang diatas disamping ?
.........................................................
b.      Sisi bangun ruang disamping berbentuk
Bangun datar. Apa  saja nama bangun
Datar tersebut ?
 .........................................................
c.       Berapa banyak rusuk ada
pada bangunruang disamping ?
..........................................................
d.      Berapa banyak sisi ada pada bangun ruang disamping ?
 ........................................................
3.      Berdasarkan gambar pada soal nomber 1, tentukan !
a.       Berapa banyak sisi yang terdapat pada kubus ABCDEFGH!
........................................................................................
b.      Sebutkan sisi-sisi bangun ruang tersebut !
........................................................................................
c.       Sebutkan  rusuk yang terdapat pada kubus tersebut !
........................................................................................
d.      Sebutkan rusuk pada kubus  tersebut  yang membentuk bujur sangkar EFGH dan ADHE!
......................................................................................
4.      Jika bangun ruang dengan 6 sisi sama besar (kongruen)
a.       Bentuk bangun ruang adalah ...........................................................
b.      Banyak titik sudutnya ada ...............................................................
c.       Banyak sisinya ada .........................................................................
d.      Besar Sudut ……………………………………………………

5.      Bangun ruang yang dibatasi 6 persegi panjang dimana 3 persegi panjang kongruen
a.       Bentuk bangun ruang adalah ...........................................................
b.      Banyak titik sudutnya ada ...............................................................
c.       Banyak rusuk yang sejajr sama panjang ...........................................
d.      Berapa jumlah bidang sisi berhadapan yang kongruen  ………………






KUNCI JAWABAN DAN PENSKORAN INSTRUMEN
Butir soal
Kunci jawaban
Kriteria Jawaban Siswa
Skor
Jumlah skor jawaban
Skor Total
(a)
(b)
(c)
(d)
(e)
(f)
1
1a.  Kubus
- jawaban Benar
- jawaban Salah
2,5
0
10
(10 x 2) = 20
1.b bujur sangkar
- jawaban Benar
- jawaban Salah
2,5
0
1c. 12 rusuk
- jawaban Benar
- jawaban Salah
2,5
0
1.d  6 sisi
- jawaban Benar
- jawaban Salah
2,5
0
2
2a.  Balok
- jawaban Benar
- jawaban Salah
2,5
0
10
(10 x 2) = 20
2.b bujur sangkar
      dan persegi  
      panjang  
- jawaban Benar

- jawaban Salah
2,5

0
2c. 12 rusuk
- jawaban Benar
- jawaban Salah
2,5
0
2.d  6 sisi
- jawaban Benar
- jawaban Salah
2,5
0
3
3a.  Kubus
- jawaban Benar
- jawaban Salah
1
0
10
(10 x 2) = 20
3b.   ABCD, EFGH, ABFE, CDHG, BCGF, ADHE
(Peletakan huruf bisa tidak sesuai,
Contoh : CDHG bisa GFBC atau CDHG bisa GHDC)
-  Jawaban benar dan lengkap
-  Jawaban kurang lengkap, siswa hanya menjawab 5 atau 4.
Contoh : ABCD, EFGH, ABFE, CDHG, BCGF atau ABCD, EFGH, ABFE, CDHG.
-  Jawaban kurang lengkap, siswa hanya menjawab 3 atau 2.
Contoh :
ABCD, EFGH, ABFE atau ABCD, EFGH
-  Jawaban salah
3
2







1


0
3c.    AB, BC, CD, DA, EF, FG, GH, HE, AE, DH, BF, CG
( Peletakan huruf bisa tidak sesuai)
-  Jawaban benar dan lengkap
-  Jawaban kurang lengkap, siswa hanya menjawab 11 atau 10 atau 9 atau 8, atau 7 atau 6
Contoh : AB, BC, CD, DA, EF, FG, GH, HE, AE, DH, BF, atau AB, BC, CD, DA, EF, FG, GH, HE, AE, DH atau AB, BC, CD, DA, EF, FG, GH, HE, AE atau AB, BC, CD, DA, EF, FG, GH.
-  Jawaban kurang lengkap, siswa hanya menjawab 5,4,3,2  atau  1
Contoh : AB, BC, CD, DA, EF, atau AB, BC, CD, DA atau AB, BC, CD, atau AB, BC dan AB
-          Jawaban salah
3
2








1




0
(a)
(b)
(c)
(d)
(e)
(f)

3d.  EF, FG, GH, HE,  
       AD, DH, HE, EA
(Peletakan huruf bisa tidak sesuai)
-          Jawaban benar dan lengkap
-          Jawaban kurang lengkap, siswa hanya 7, atau 6. atau 5 atau 4
Contoh :
EF, FG, GH, HE, AD, DH, HE atau EF, FG, GH, HE, AD, DH, atau EF, FG, GH, HE, AD, atau EF, FG, GH, HE,
-          Jawaban kurang lengkap, siswa hanya menjawab 3 atau 2 atau 1.
Contoh :
EF, FG, GH, atau EF, FG, atau EF,
-          Jawaban salah
3
2






1




0


4
4a. Kubus
-          Jawaban benar
-          Jawaban salah
2,5
0
10
(10 x 2) = 20
4b. 8
-          Jawaban benar
-          Jawaban salah
2,5
0
4c. 6
-          Jawaban benar
-          Jawaban salah
2,5
0
4d.
-          Jawaban benar
-          Jawaban salah
2,5
0
5
5a. Balok
-          Jawaban benar
-          Jawaban salah
2,5
0
10
(10 x 2) = 20
5b. 8
-          Jawaban benar
-          Jawaban salah
2,5
0
5c. 4
-          Jawaban benar
-          Jawaban salah
2,5
0
5d. 3 pasang
-          Jawaban benar
-          Jawaban salah
2,5
0





100










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 1
Nama Sekolah      : SD Negeri Kondangwangi
Mata Pelajara        : Matematika
Kelas /Semester    : IV/II
Alokasi Waktu      : 2×35 menit

A.    Standar Kompetensi
8. Memahami sifat bangun ruang sederhana dan hubungan antar bangun datar.

B.     Kompetensi Dasar
     8.1.Menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana

C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
1.      Menyebutkan sifat-sifat bangun ruang kubus dan balok

D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Dengan menggunakan alat peraga, siswa mampu menyebutkan bangun ruang dengan tepat.
2.      Dengan menggunakan alat peraga, siswa mampu menyebutkan sifat-sifat bangun ruang ( kubus dan Balok ) dengan benar.

E.      Karakter yang diharapkan
1.      Tekun
2.      Teliti
3.      Mandiri
4.      Kerjasama
5.      Tanggung Jawab
6.      Disiplin
F.      Materi Pembelajaran
Sifat-sifat pada bangun ruang
G.    Metode Pembelajaran
1.      Ceramah
2.      Tanya jawab
3.      Diskusi
4.      Penugasan
H.    Langkah-langkah pembelajaran
1.      Kegiatan awal (± 5 menit )
Guru mengucapkan salam
a.       Berdoa bersama dipimpin oleh ketua kelas
b.      Guru mengabsen siswa
c.       Guru mengkondisikan siswa untuk menciptakan dalam suasana yang kondusif dengan mengajukan pertanyaan :
“ Anak-anak apakah kalian sudah siap untuk belajar? Apabila sudah siap, siapkan alat tulisnya!”
d.      Guru melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan:
“ Anak-anak kalian tau bangun ruang tu apa?”
e.       Guru menyampaikan tujuan dan materi pembelajaran yaitu sifat-sifat bangun ruang.
2.      Kegiatan inti (± 55 menit )
Eksplorasi
a.        Siswa mengungkapkan pengetahuan awalnya mengenai sifat-sifat bangun ruang .
b.      Guru menjelaskan sifat-sifat bangun ruang.
Elaborasi
a.       Siswa melakukan tanya jawab untuk penugasan dan pendalaman materi pembelajaran mengenai sifat-sifat bangun ruang.
b.      Dibawah bimbingan guru siswa membentuk kelompok menjadi 5 kelompok
c.       Setiap kelompok mendapat LKS (Lembar Kerja Siswa)
d.      Siswa mengerjakan LKS yang diberikan oleh guru mengenai sifat-sifat bangun ruang
e.       Guru menyuruh  perwakilan dari masing-masing kelompok untuk membahas hasil pekerjaanya
f.        Siswa memberikan komentar terhadap hasil pekerjaan kelompok lain
g.      Guru memberikan reward kepada kelompok yang dapat mengerjakan pekerjaannya dengan baik
h.      Siswa diberi soal evaluasi untuk dikerjakan secara individu
Konfirmasi
a.       Guru bersama siswa bertanya jawab mengenai hal-hal yang belum dipahami siswa
b.      Guru bersama siswa meluruskan mengenai hal-hal yang belum dipahami siswa
3.      Kegiatan akhir (± 10 menit )
a.       Guru memberikan penilaian terhadap hasil pekerjaan siswa (lembar evaluasi)
b.      Guru dan siswa menyimpulkan materi pembelajaran
c.       Guru membeikan tindak lanjut pembelajaran berupa pekerjaan rumah (PR)

I.       Alat, Media,  dan  Sumber Pembelajaran 
1.      Alat pembelajaran
Alat peraga kubus dan balok
2.      Media Pembelajaran
LKS ( Lembar Kerja Siswa)
3.      Sumber Pembelajaran
Matematika
Buku               : Matematika
Karangan         : M. Khafid Kasri
Penerbit           : Erlangga
Tahun              : 2006
Halaman          : 24-26

J.      Penilaian
Teknik Tes                        : Tes Tertulis
Bentuk Instrumen                        : Isian
Instrument (terlampir)








           





Ringkasan Materi
Konsep bangun ruang adalah bangun tiga dimensi yang terbentuk dari unsur panjang, lebar, dan tinggi. Dalam geometri bangun ruang mempunyai definisi sebagai kumpulan titik-titik. Model bangun ruang banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, baik berupa benda-benda konkrit yang percis sama dengan model-model bangun ruang seperti kubus, balok, silinder, limas, kerucut dan bola. Maupun bangun ruang bentuknya hasil gabungan dari bentuk-bentuk di atas atau dengan bentuk yang tidak seperti bentuk-bentuk tersebut. Sehingga untuk mempelajari konsep bangun ruang sangatlah mungkin untuk menghadirkan model-model konkritnya.
Bangun ruang disebut juga bangun tiga dimensi. Bangun ruang merupakan sebuah bangun yang memiliki ruang yang dibatasi oleh beberapa sisi. Jumlah dan model sisi yang membatasi bangun tersebut menentukan nama dan bentuk bangun tersebut. Misalnya: 
1.      Bangun yang dibatasi oleh 6 sisi yang sama ukuran dan bentuknya, disebut bangun kubus.
2.      Bangun yang dibatasi oleh 6 sisi yang mempunyai ukuran panjang dan lebar (persegi panjang) disebut bangun balok.
3.      Bangun yang dibatasi oleh sisi lengkung dan dua buah lingkaran, disebut bangun tabung.
Jumlah serta model sisi yang dimiliki oleh sebuah bangun tertentu merupakan salah satu sifat bangun ruang tersebut. Jadi, sifat suatu bangun ruang ditentukan oleh jumlah sisi, model sisi, dan lain-lain. 
1.
Sifat-Sifat Kubus
Bangun ruang  ini memiliki sifat-sifat sebagai berikut. 
a.       Memiliki 6 sisi yang ukuran dan modelnya sama. 
b.      Memiliki 12 rusuk yang ukurannya sama. 
c.       Memiliki 8 buah sudut yang sama besar (90o). 
d.      Memiliki ukuran s x s x s





Kubus
2.
Sifat-Sifat Balok
Bangun ruang  ini memiliki sifat-sifat sebagai berikut. 
a.       Memiliki 4 sisi  berbentuk persegi panjang. 
b.       Memiliki 2 sisi yang bentuknya sama. 
c.       Memiliki 4 rusuk yang ukurannya sama 
d.      Memiliki ukuran p x l x t.
Balok























Lembar Kerja Siswa (LKS)
Rectangular Callout: Nama kelompokku   :………………
Anggota                      : 1……………………..
		           2……………………… 
		           3……………………… 
	                         4………………………
		           5……………………...
 


http://t3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQZnWq8aVjg48USPcW5GeXlH0B7hlw4-7RTpEudMG2Zi78t55GK6w






1.      Macam-macam benda ……………………………………………..
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh2a1BO_QvcnyhSOacETHi12QjJapAMUVTcXCyOHyts4ViwpgXxcFxYgwP1a_dcWLy8dpSKmtd2BWRRGcmXW_pM-cMsbiPWBgqLdg1Nr_wEr9MfXaWhP7sHFOA2Fkg2pBAypjmlLtraBfeI/s320/lemari.png








2.      Sebutkan sifat-sifat bangun ruang balok!
       
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjYkbvzA3qhV_9zkvYGx9RbJUlB8XRFhVvqNZHzYhpQMnH-dfnoerEQnoTNLPuZ89zT9tJAl2AmhuSIKxfxqGOObccd2RSITYnwvXIcr3joHwTIeIS66CsmcptlAGSFTKdIErar9rwWRhyphenhyphenB/s320/balok+3.png

3.      Sebutkan sifat-sifat bangun ruang kubus!
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgY0DDzVNKdqiWyhcDOgURcoxxc3My_5X0z1luELDMXMBs7OAlGambQ4L5XVZxNs3xCJ2vqkcV3CWi158KHtw9Z9H5jLBYMyx39oLU_HejHF0Bon1gTqMeUAlon-9Hp9co6fvk-UcuxZU8k/s320/balok+2.png
4.      Macam-macam benda………………………………………..

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj8Y4YYq-zCXIPJvs6ISlchnoCINyIa2NFqKy2cwcSj4ut-cb7TOWJNM7OtEqDS3yvyQD49_6qe7ZThPJfk-nSAzCFV_BfCn87ONqQGxfBGjWVFHTZk2yowpORL_p5aPxiAW-Y8cl_BWYqF/s320/dadu.png




Kunci Jawaban LKS (Lembar Kerja Siswa)

1.      Balok
2.      Terdapat 3 pasang sisi yang sama luas
Terdapat 3 pasang sisi yang sejajar
Terdapat 3 pasang rusuk yang sama panjang
Terdapat 3 pasang rusuk yang sejajar
3.      Terdapat 6 sisi yang sama luasnya
Terdapat 3 pasang sisi yang sejajar
Terdapat 3 pasang rusuk yang sejajar
Keduabelas rusuknya sama panjang.
4.      Kubus












Tidak ada komentar:

Posting Komentar