KISI-KISI INSTRUMEN SOAL
Standar
Kompetensi : Memahami sifat bangun ruang sederhana dan hubungan antar bangun datar.
Kompetensi
Dasar : Menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana
Materi
Pokok : konsef bangun ruang
polihedron (kubus dan balok)
No
|
Indikator
|
Nomor Pertanyaan
|
1
|
Menyebutkan konsef bangun ruang kubus dan balok
|
1, 2, 3
|
2
|
Menyebutkan sifat-sifat
bangun ruang kubus dan balok
|
3 ,4, 5
|
INSTRUMEN SOAL
NAMA : ....................... KELAS
:........... NO ABS :................
1.
Perhatikan gambar bangun ruang disamping !
a.
Apa
nama bangun ruang tersebut ?
…………………………………
b.
Sisi
bangun ruang tersebut berbentuk
Bangun
datar. Apa nama bangun datar
tersebut
?
……………………………………
c.
Berapa
banyak rusuk ada pada bangun ruang
disamping
?
..........................................................
d.
Berapa banyak sisi yang ada pada bangun ruang disamping ?
........................................................
2.
Perhatikan
gambar disamping !
a.
Apa nama bangun ruang diatas disamping ?
.........................................................
b. Sisi bangun
ruang disamping berbentuk
Bangun
datar. Apa saja nama bangun
Datar
tersebut ?
.........................................................
c. Berapa banyak rusuk ada
pada bangunruang
disamping ?
..........................................................
d.
Berapa banyak sisi ada pada bangun ruang
disamping ?
........................................................
3.
Berdasarkan gambar pada
soal nomber 1, tentukan
!
a.
Berapa
banyak sisi yang terdapat pada kubus ABCDEFGH!
........................................................................................
b.
Sebutkan
sisi-sisi bangun ruang tersebut !
........................................................................................
c.
Sebutkan rusuk yang terdapat
pada kubus tersebut !
........................................................................................
d.
Sebutkan rusuk pada
kubus tersebut yang membentuk bujur sangkar EFGH dan ADHE!
......................................................................................
4. Jika
bangun ruang dengan
6 sisi sama besar (kongruen)
a. Bentuk
bangun ruang adalah ...........................................................
b. Banyak
titik sudutnya
ada ...............................................................
c. Banyak
sisinya ada
.........................................................................
d. Besar Sudut ……………………………………………………
5. Bangun ruang yang dibatasi 6
persegi panjang dimana
3 persegi panjang kongruen
a. Bentuk
bangun ruang adalah ...........................................................
b. Banyak
titik sudutnya ada ...............................................................
c. Banyak rusuk yang sejajr sama panjang ...........................................
d. Berapa jumlah bidang sisi
berhadapan yang kongruen ………………
KUNCI JAWABAN DAN PENSKORAN INSTRUMEN
Butir soal
|
Kunci jawaban
|
Kriteria
Jawaban Siswa
|
Skor
|
Jumlah skor
jawaban
|
Skor Total
|
(a)
|
(b)
|
(c)
|
(d)
|
(e)
|
(f)
|
1
|
1a. Kubus
|
- jawaban Benar
- jawaban Salah
|
2,5
0
|
10
|
(10 x 2) = 20
|
1.b bujur sangkar
|
- jawaban Benar
- jawaban Salah
|
2,5
0
|
|||
1c. 12 rusuk
|
- jawaban Benar
- jawaban Salah
|
2,5
0
|
|||
1.d 6 sisi
|
- jawaban Benar
- jawaban Salah
|
2,5
0
|
|||
2
|
2a. Balok
|
- jawaban Benar
- jawaban Salah
|
2,5
0
|
10
|
(10 x 2) = 20
|
2.b bujur sangkar
dan persegi
panjang
|
- jawaban Benar
- jawaban Salah
|
2,5
0
|
|||
2c. 12 rusuk
|
- jawaban Benar
- jawaban Salah
|
2,5
0
|
|||
2.d 6 sisi
|
- jawaban Benar
- jawaban Salah
|
2,5
0
|
|||
3
|
3a. Kubus
|
- jawaban Benar
- jawaban Salah
|
1
0
|
10
|
(10 x 2) = 20
|
3b. ABCD, EFGH, ABFE, CDHG, BCGF, ADHE
(Peletakan
huruf bisa tidak sesuai,
Contoh : CDHG
bisa GFBC atau CDHG bisa GHDC)
|
-
Jawaban benar dan lengkap
-
Jawaban kurang lengkap, siswa hanya menjawab 5
atau 4.
Contoh
: ABCD, EFGH, ABFE, CDHG, BCGF atau ABCD, EFGH, ABFE, CDHG.
-
Jawaban kurang lengkap, siswa hanya menjawab 3
atau 2.
Contoh
:
ABCD,
EFGH, ABFE atau ABCD, EFGH
-
Jawaban salah
|
3
2
1
0
|
|||
3c. AB, BC, CD, DA, EF, FG, GH, HE, AE, DH,
BF, CG
( Peletakan
huruf bisa tidak sesuai)
|
-
Jawaban benar dan lengkap
-
Jawaban kurang lengkap, siswa hanya menjawab 11
atau 10 atau 9 atau 8, atau 7 atau 6
Contoh
: AB, BC, CD, DA, EF, FG, GH, HE, AE, DH, BF, atau AB, BC, CD, DA, EF, FG,
GH, HE, AE, DH atau AB, BC, CD, DA, EF, FG, GH, HE, AE atau AB, BC, CD, DA,
EF, FG, GH.
-
Jawaban kurang lengkap, siswa hanya menjawab
5,4,3,2 atau 1
Contoh
: AB, BC, CD, DA, EF, atau AB, BC, CD, DA atau AB, BC, CD, atau AB, BC dan AB
-
Jawaban salah
|
3
2
1
0
|
|||
(a)
|
(b)
|
(c)
|
(d)
|
(e)
|
(f)
|
3d.
EF, FG, GH, HE,
AD, DH, HE, EA
(Peletakan huruf bisa tidak sesuai)
|
-
Jawaban benar dan lengkap
-
Jawaban kurang lengkap, siswa hanya 7, atau 6.
atau 5 atau 4
Contoh
:
EF,
FG, GH, HE, AD, DH, HE atau EF, FG, GH, HE, AD, DH, atau EF, FG, GH, HE, AD,
atau EF, FG, GH, HE,
-
Jawaban kurang lengkap, siswa hanya menjawab 3
atau 2 atau 1.
Contoh
:
EF,
FG, GH, atau EF, FG, atau EF,
-
Jawaban salah
|
3
2
1
0
|
|||
4
|
4a.
Kubus
|
-
Jawaban benar
-
Jawaban salah
|
2,5
0
|
10
|
(10 x 2) = 20
|
4b.
8
|
-
Jawaban benar
-
Jawaban salah
|
2,5
0
|
|||
4c.
6
|
-
Jawaban benar
-
Jawaban salah
|
2,5
0
|
|||
4d.
|
-
Jawaban benar
-
Jawaban salah
|
2,5
0
|
|||
5
|
5a.
Balok
|
-
Jawaban benar
-
Jawaban salah
|
2,5
0
|
10
|
(10 x 2) = 20
|
5b.
8
|
-
Jawaban benar
-
Jawaban salah
|
2,5
0
|
|||
5c.
4
|
-
Jawaban benar
-
Jawaban salah
|
2,5
0
|
|||
5d.
3 pasang
|
-
Jawaban benar
-
Jawaban salah
|
2,5
0
|
|||
100
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 1
Nama Sekolah : SD Negeri
Kondangwangi
Mata Pelajara : Matematika
Kelas /Semester : IV/II
Alokasi Waktu : 2×35 menit
A. Standar
Kompetensi
8. Memahami sifat bangun ruang sederhana
dan hubungan antar bangun datar.
B. Kompetensi
Dasar
8.1.Menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.
Menyebutkan
sifat-sifat bangun ruang kubus dan balok
D. Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan menggunakan alat peraga, siswa mampu menyebutkan bangun ruang dengan tepat.
2. Dengan menggunakan alat peraga, siswa mampu menyebutkan sifat-sifat bangun ruang (
kubus dan Balok ) dengan benar.
E. Karakter yang diharapkan
1.
Tekun
2.
Teliti
3.
Mandiri
4.
Kerjasama
5.
Tanggung
Jawab
6.
Disiplin
F. Materi Pembelajaran
Sifat-sifat pada bangun ruang
G. Metode
Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Tanya
jawab
3.
Diskusi
4.
Penugasan
H.
Langkah-langkah pembelajaran
1. Kegiatan
awal (± 5 menit )
Guru
mengucapkan salam
a. Berdoa
bersama dipimpin oleh ketua kelas
b. Guru
mengabsen siswa
c. Guru
mengkondisikan siswa untuk menciptakan dalam suasana yang kondusif dengan
mengajukan pertanyaan :
“
Anak-anak apakah kalian sudah siap untuk belajar? Apabila sudah siap, siapkan
alat tulisnya!”
d. Guru
melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan:
“
Anak-anak kalian tau bangun ruang tu apa?”
e. Guru
menyampaikan tujuan dan materi pembelajaran yaitu sifat-sifat bangun ruang.
2.
Kegiatan
inti (± 55 menit )
Eksplorasi
a. Siswa mengungkapkan pengetahuan awalnya
mengenai sifat-sifat bangun ruang .
b. Guru
menjelaskan sifat-sifat bangun ruang.
Elaborasi
a. Siswa
melakukan tanya jawab untuk penugasan dan pendalaman materi pembelajaran
mengenai sifat-sifat bangun ruang.
b. Dibawah
bimbingan guru siswa membentuk kelompok menjadi 5 kelompok
c. Setiap
kelompok mendapat LKS (Lembar Kerja Siswa)
d. Siswa
mengerjakan LKS yang diberikan oleh guru mengenai sifat-sifat bangun ruang
e. Guru
menyuruh perwakilan dari masing-masing
kelompok untuk membahas hasil pekerjaanya
f. Siswa memberikan komentar terhadap hasil
pekerjaan kelompok lain
g. Guru
memberikan reward kepada kelompok yang dapat mengerjakan pekerjaannya dengan
baik
h. Siswa
diberi soal evaluasi untuk dikerjakan secara individu
Konfirmasi
a. Guru
bersama siswa bertanya jawab mengenai hal-hal yang belum dipahami siswa
b. Guru
bersama siswa meluruskan mengenai hal-hal yang belum dipahami siswa
3.
Kegiatan
akhir (± 10 menit )
a. Guru
memberikan penilaian terhadap hasil pekerjaan siswa (lembar evaluasi)
b. Guru
dan siswa menyimpulkan materi pembelajaran
c. Guru
membeikan tindak lanjut pembelajaran berupa pekerjaan rumah (PR)
I.
Alat,
Media, dan Sumber Pembelajaran
1.
Alat pembelajaran
Alat
peraga kubus dan balok
2.
Media Pembelajaran
LKS
( Lembar Kerja Siswa)
3.
Sumber Pembelajaran
Matematika
Buku :
Matematika
Karangan
: M. Khafid Kasri
Penerbit :
Erlangga
Tahun :
2006
Halaman :
24-26
J.
Penilaian
Teknik Tes : Tes Tertulis
Bentuk Instrumen : Isian
Instrument (terlampir)
Ringkasan
Materi
Konsep bangun ruang adalah bangun tiga dimensi yang
terbentuk dari unsur panjang, lebar, dan tinggi. Dalam geometri bangun ruang
mempunyai definisi sebagai kumpulan titik-titik. Model bangun ruang banyak
dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, baik berupa benda-benda konkrit yang
percis sama dengan model-model bangun ruang seperti kubus, balok, silinder,
limas, kerucut dan bola. Maupun bangun ruang bentuknya hasil gabungan dari
bentuk-bentuk di atas atau dengan bentuk yang tidak seperti bentuk-bentuk
tersebut. Sehingga untuk mempelajari konsep bangun ruang sangatlah mungkin
untuk menghadirkan model-model konkritnya.
Bangun ruang disebut juga bangun tiga dimensi.
Bangun ruang merupakan sebuah bangun yang memiliki ruang yang dibatasi oleh
beberapa sisi. Jumlah dan model sisi yang membatasi bangun tersebut menentukan
nama dan bentuk bangun tersebut. Misalnya:
1. Bangun yang
dibatasi oleh 6 sisi yang sama ukuran dan bentuknya, disebut bangun kubus.
2. Bangun yang
dibatasi oleh 6 sisi yang mempunyai ukuran panjang dan lebar (persegi panjang)
disebut bangun balok.
3. Bangun yang
dibatasi oleh sisi lengkung dan dua buah lingkaran, disebut bangun tabung.
Jumlah serta model sisi yang dimiliki oleh sebuah bangun tertentu merupakan
salah satu sifat bangun ruang tersebut. Jadi, sifat suatu bangun ruang ditentukan
oleh jumlah sisi, model sisi, dan lain-lain.
1.
|
Sifat-Sifat Kubus
|
||
Bangun
ruang ini memiliki sifat-sifat sebagai berikut.
a.
Memiliki 6 sisi yang ukuran dan modelnya sama.
b.
Memiliki 12 rusuk yang ukurannya sama.
c.
Memiliki 8 buah sudut yang sama besar (90o).
d.
Memiliki ukuran s x s x s
|
Kubus
|
||
2.
|
Sifat-Sifat
Balok
|
||
Bangun
ruang ini memiliki sifat-sifat sebagai berikut.
a.
Memiliki 4 sisi berbentuk persegi
panjang.
b.
Memiliki 2
sisi yang bentuknya sama.
c.
Memiliki 4 rusuk yang ukurannya sama
d.
Memiliki ukuran p x l x t.
|
Balok
|
||
Lembar
Kerja Siswa (LKS)
1.
Macam-macam benda
……………………………………………..
2.
Sebutkan sifat-sifat bangun ruang
balok!
3.
Sebutkan sifat-sifat bangun ruang
kubus!
4. Macam-macam
benda………………………………………..
Kunci Jawaban LKS
(Lembar Kerja Siswa)
1. Balok
2. Terdapat
3 pasang sisi yang sama luas
Terdapat 3 pasang sisi yang sejajar
Terdapat 3 pasang rusuk yang sama
panjang
Terdapat 3 pasang rusuk yang sejajar
3. Terdapat
6 sisi yang sama luasnya
Terdapat 3 pasang sisi yang sejajar
Terdapat 3 pasang rusuk yang sejajar
Keduabelas rusuknya sama panjang.
4. Kubus
Tidak ada komentar:
Posting Komentar