KESIMPULAN DAN SARAN
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Kesimpulan
1.
Kemampuan guru dalam merancang
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan menerapkan melalui metode kerja
kelompok tentang perilaku masyarakat dan peristiwa alam pada siklus 1 dengan presentase 85,00%, pada siklus 2 sebesar 96,00%. Ini menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam
merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) telah meningkat dan telah
mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70%.
2.
Kemampuan mengajar guru dalam
proses belajar mengajar melalui metode kerja kelompok berdampak positif, dengan demikian menunjukkan
siswa dapat merasakan pembelajaran yang lebih nyata, bermakna, mandir, serta daya pikir yang
ikut berkembang. Kemampuan penampilan mengajar guru pada proses belajar
mengajar melalui metode kerja kelompok tentang perilaku masyarakat dan peristiwa alam
pada siklus 1 dengan presentase 82,00%, pada siklus 2 menjadi 97,00%. Ini menunjukkan bahwa kemampuan penampilan mengajar guru pada proses
belajar mengajar dengan menerapkan melalui metode kerja kelompok tentang perilaku
masyarakat dan peristiwa alam telah meningkat dan telah mencapai KKM yaitu 70% .
3.
Aktifitas siswa menerapkan melalui
metode kerja kelompok tentang perilaku masyarakat dan peristiwa alam secara keseluruhan
menunjukkan peningkatan dan telah mencapai KKM yaitu 70%, bisa dilihat dari
hasil tiap siklus, yaitu siklus 1 dengan presentase 56,00%, pada siklus 2
dengan presentase 91,25%. Hal ini berarti aktifitas siswa pun meningkat.
4.
Hasil belajar siswa juga meningkat
dilihat dari hasil post test siklus
ke-1 sebesar
68,00 %, siklus ke-2 menjadi 77,78 %. Ini adalah bukti
keberhasilan pembelajaran IPS melalui metode kerja kelompok tentang perilaku
masyarakat dan peristiwa alam pada pembelajaran IPS di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Jodang Kec. Karangnunggal
Kabupaten Tasikmalaya, sudah mencapai KKM yang ditetapkan sebesar 70. Dengan kata lain penerapan melalui metode kerja kelompok tentang perilaku
masyarakat dan peristiwa alam pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil
belajar siswa.
Saran
Penerapan melalui metode kerja kelompok tentang perilaku
masyarakat dan peristiwa alam pada pembelajaran IPS memberikan peluang kepada
siswa untuk beraktivitas secara optimal. Di samping itu penerapan melalui
metode kerja kelompok memberikan pengalaman baru baik bagi siswa maupun bagi guru.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan,
berikut ini saran-saran yang penulis sampaikan kepada guru, kepala sekolah, dan
pengawas.
1.
Saran untuk Guru
Guru senantiasa mengembangkan kemampuan diri untuk menambah wawasan dan
pengetahuan, dan kreatifitas dalam
penentuan metode pembelajaran yang paling tepat dan sesuai, baik melalui jalur pendidikan maupun dengan cara membaca buku atau
referensi yang dapat menunjang terhadap peningkatan kompetensi dan profesional
dalam rangka melaksanakan tugas dan tanggung jawab membentuk masyarakat
Indonesia yang berkualitas.
2.
Saran untuk Kepala Sekolah
Kepala sekolah diharapkan dapat memberikan dukungan dan motivasi kepada
guru dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran.
3.
Saran untuk Sekolah
Sekolah diharapkan dapat menyediakan sarana dan prasarana pembelajaran
yang diperlukan, sehingga pembelajaran dapat berlangsung secara optimal.
DAFTAR PUSTAKA
BSNP, 2006, Panduan Penyusunan KTSP
Jenjang Pendidikan Dasar. Badan Standar Nasional Pendidikan, Jakarta.
Depdiknas. (2003). Kurikulum Pendidikan Dasar: GBPP Sekolah Dasar. Jakarta :
Depdiknas.
Kasbolah K (1998). Penelitian Tindakan
Kelas. Jakarta : Proyek Pengembangan Guru Sekolah Dasar.
[
Mulyono. (1980). Pengertian dan Karakteristik Ilmu Pengetahuan Sosial. Yogyakarta:
Departemen P dan K, P3G.
Nuniek (2007) Buku Pertamaku Tentang Alam Semesta :Gejala Alam. Jakarta : Elex Media Komputindo
Prasetyo (2002) Strategi Belajar Mengajar. Widyasari Press, Salatiga.
Soetomo. 1993. Dasar-dasar Interaksi Belajar
Mengajar. Surabaya : Usaha Nasional
Tidak ada komentar:
Posting Komentar