Pages - Menu

Jumat, 07 Februari 2014

KESIMPULAN DAN SARAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA



KESIMPULAN DAN SARAN

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA


Kesimpulan
1.    Kemampuan guru dalam merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan menerapkan melalui metode kerja kelompok tentang perilaku masyarakat dan peristiwa alam pada siklus 1 dengan presentase 85,00%, pada siklus 2 sebesar 96,00%. Ini menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) telah meningkat dan telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70%.
2.    Kemampuan mengajar guru dalam proses belajar mengajar melalui metode kerja kelompok berdampak positif, dengan demikian menunjukkan siswa dapat merasakan pembelajaran yang lebih nyata, bermakna, mandir, serta daya pikir yang ikut berkembang. Kemampuan penampilan mengajar guru pada proses belajar mengajar melalui metode kerja kelompok tentang perilaku masyarakat dan peristiwa alam pada siklus 1 dengan presentase 82,00%, pada siklus 2 menjadi 97,00%. Ini menunjukkan bahwa kemampuan penampilan mengajar guru pada proses belajar mengajar dengan menerapkan melalui metode kerja kelompok tentang perilaku masyarakat dan peristiwa alam telah meningkat dan telah mencapai KKM yaitu 70% .
3.    Aktifitas siswa menerapkan melalui metode kerja kelompok tentang perilaku masyarakat dan peristiwa alam secara keseluruhan menunjukkan peningkatan dan telah mencapai KKM yaitu 70%, bisa dilihat dari hasil tiap siklus, yaitu siklus 1 dengan presentase 56,00%, pada siklus 2 dengan presentase 91,25%. Hal ini berarti aktifitas siswa pun meningkat.
4.    Hasil belajar siswa juga meningkat dilihat dari hasil post test siklus ke-1 sebesar 68,00 %, siklus ke-2 menjadi 77,78 %. Ini adalah bukti keberhasilan pembelajaran IPS  melalui metode kerja kelompok tentang perilaku masyarakat dan peristiwa alam pada pembelajaran IPS di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Jodang Kec. Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya, sudah mencapai KKM yang ditetapkan sebesar 70. Dengan kata lain penerapan melalui metode kerja kelompok tentang perilaku masyarakat dan peristiwa alam pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Saran
Penerapan melalui metode kerja kelompok tentang perilaku masyarakat dan peristiwa alam pada pembelajaran IPS memberikan peluang kepada siswa untuk beraktivitas secara optimal. Di samping itu penerapan melalui metode kerja kelompok memberikan pengalaman baru baik bagi siswa maupun bagi guru.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, berikut ini saran-saran yang penulis sampaikan kepada guru, kepala sekolah, dan pengawas.
1.    Saran untuk Guru
Guru senantiasa mengembangkan kemampuan diri untuk menambah wawasan dan pengetahuan, dan kreatifitas dalam penentuan metode pembelajaran yang paling tepat dan sesuai, baik melalui jalur pendidikan maupun dengan cara membaca buku atau referensi yang dapat menunjang terhadap peningkatan kompetensi dan profesional dalam rangka melaksanakan tugas dan tanggung jawab membentuk masyarakat Indonesia yang berkualitas.
2.    Saran untuk Kepala Sekolah
Kepala sekolah diharapkan dapat memberikan dukungan dan motivasi kepada guru dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran.

3.    Saran untuk Sekolah
Sekolah diharapkan dapat menyediakan sarana dan prasarana pembelajaran yang diperlukan, sehingga pembelajaran dapat berlangsung secara optimal.

DAFTAR PUSTAKA

BSNP, 2006, Panduan Penyusunan KTSP Jenjang Pendidikan Dasar. Badan Standar Nasional Pendidikan, Jakarta.


Depdiknas. (2003). Kurikulum Pendidikan Dasar: GBPP Sekolah Dasar. Jakarta : Depdiknas.



Kasbolah K (1998). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Proyek Pengembangan Guru Sekolah Dasar.


[
Mulyono. (1980). Pengertian dan Karakteristik Ilmu Pengetahuan Sosial. Yogyakarta: Departemen P dan K, P3G.



Nuniek (2007) Buku Pertamaku Tentang Alam Semesta :Gejala Alam. Jakarta : Elex Media Komputindo 



Prasetyo (2002) Strategi Belajar Mengajar. Widyasari Press, Salatiga.


Soetomo. 1993. Dasar-dasar Interaksi Belajar Mengajar. Surabaya : Usaha Nasional


Tidak ada komentar:

Posting Komentar