CONTOH
LANGKAH-LANGKAH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MENGGUNAKAN ALAT PERAGA
1. Kegiatan Pendahuluan (± 10 menit)
a. Membuka pembelajaran dengan ucapan salam.
b. Mengecek kesiapan dan mengkondisikan siswa
agar mengikuti pembelajaran matematika dengan baik.
c. Mengungkap kembali materi yang sudah
dipelajari sebelumnya mengenai bangun datar.
d. Memotivasi siswa dengan tepuk
semangat dilanjutkan dengan mengajukan
beberapa pertanyaan sebagai berikut;
1. Apakah ……….?
2. Apakah ……………………………….?
e. Siswa menyimak tujuan pembelajaran yang
akan dicapai.
f.
Guru
menyampaikan garis besar pembelajaran.
2. Kegiatan Inti (± 45 menit)
Ekplorasi
a. Guru
menyiapkan sebuah ……. dan perlengkapan lain untuk pembelajaran.
b. Guru
menyampaikan materi pokok yang akan dipelajari.
c.
Siswa menyimak penjelasan guru
mengenai mengenal bangun ruang polihedron (balok dan kubus ) dengan menggunakan
alat peraga ……,
d.
Guru memberikan
contoh berbagai masalah sehari-hari yang berhubungan dengan bangun ruang
polihedron
e. Tiap
siswa diberi lebar soal
Elaborasi
a. Siswa diberi kesempatan untuk menanyakan
hal-hal yang kurang dipahaminya.
b. Guru merespon pertanyaan siswa.
c. Siswa dibimbing untuk mengerjakan
soal dengan baik dan benar
d. Siswa membuat dan
menguji hipotesis dengan melakukan memperegakan dengan menggunakan……… pada bangun ruang polihedron yang sudah disediakan.
e. Perwakilan
siswa dari menyampaikan hasil
pekerjaannya.
f. Guru memberi motivasi kepada siswa yang
kurang berpartisipasi aktif.
Konfermasi
a.
Guru bersama siswa
melakukan koreksi terhadap jawaban yang kurang tepat.
b.
Guru menberikan umpan
balik dan penguatan terhadap siswa yang nilainya baik dan memberikan motivasi
pada siswa yang kurang atau belum berpartisipasi
c.
Guru melakukan penilaian terhadap hasil pekerjaan
siswa dan Siswa diberi
penguatan terhadap hasil jawabannya.
3.
Kegiatan Penutup ( ± 15 menit )
a. Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran
mengenai mengenal bangun ruang polihedron
b. Siswa melakukan evaluasi
c. Siswa ditugaskan untuk mempelajari materi
mengenai mengenal bangun ruang polihedron
d. Guru mengkondisikan siswa dan suasana
kelas agar tertib kembali untuk mengikuti pembelajaran berikutnya.
e. Pembelajaran ditutup dengan bacaan
hamdallah dan diakhiri dengan ucapan salam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar