Pages - Menu

Sabtu, 08 Februari 2014

CONTOH LANGKAH-LANGKAH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA

CONTOH
LANGKAH-LANGKAH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MENGGUNAKAN ALAT PERAGA

1.      Kegiatan Pendahuluan  (± 10 menit)
a.       Membuka pembelajaran dengan ucapan salam.
b.    Mengecek kesiapan dan mengkondisikan siswa agar mengikuti pembelajaran matematika dengan baik.
c.    Mengungkap kembali materi yang sudah dipelajari sebelumnya mengenai bangun datar.
d.   Memotivasi siswa dengan tepuk semangat dilanjutkan dengan mengajukan beberapa pertanyaan sebagai berikut;
1.   Apakah ……….?
2.   Apakah  ……………………………….?
e.       Siswa menyimak tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
f.        Guru menyampaikan garis besar pembelajaran.
2.      Kegiatan Inti (± 45 menit)
Ekplorasi
a.    Guru menyiapkan sebuah ……. dan perlengkapan lain untuk pembelajaran.
b.   Guru menyampaikan materi pokok yang akan dipelajari.
c.     Siswa menyimak penjelasan guru mengenai mengenal bangun ruang polihedron (balok dan kubus ) dengan menggunakan alat peraga ……,
d.    Guru memberikan contoh berbagai masalah sehari-hari yang berhubungan dengan bangun ruang polihedron
e.    Tiap siswa diberi lebar soal
Elaborasi
a.     Siswa diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang kurang dipahaminya.
b.     Guru merespon pertanyaan siswa.
c.     Siswa dibimbing untuk mengerjakan soal dengan baik dan benar
d.    Siswa membuat dan menguji hipotesis dengan melakukan memperegakan dengan menggunakan……… pada bangun ruang polihedron yang sudah disediakan.
e.     Perwakilan siswa dari menyampaikan hasil pekerjaannya.
f.      Guru memberi motivasi kepada siswa yang kurang berpartisipasi aktif.
Konfermasi
a.       Guru bersama siswa melakukan koreksi terhadap jawaban yang kurang tepat.
b.      Guru menberikan umpan balik dan penguatan terhadap siswa yang nilainya baik dan memberikan motivasi pada siswa yang kurang atau belum berpartisipasi
c.       Guru melakukan penilaian terhadap hasil pekerjaan siswa dan Siswa diberi penguatan terhadap hasil jawabannya.
3.      Kegiatan Penutup ( ± 15 menit )
a.     Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran mengenai mengenal bangun ruang polihedron
b.   Siswa melakukan evaluasi
c.    Siswa ditugaskan untuk mempelajari materi mengenai mengenal bangun ruang polihedron
d.   Guru mengkondisikan siswa dan suasana kelas agar tertib kembali untuk mengikuti pembelajaran berikutnya.
e.    Pembelajaran ditutup dengan bacaan hamdallah dan diakhiri dengan ucapan salam.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar