SILABUS
Kelas IV
Tema 9 : Makanan Sehat dan
Bergizi
Sekolah Dasar dan
Madrasah Ibtidaiyah
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
TAHUN 2012
Kelas :
IV
Tema 9 :
Makanan Sehat dan Bergizi
Alokasi Waktu :
3 Minggu
Mata Pelajaran dan
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Kegiatan
Pembelajaran dan Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
|
MINGGU 1
|
|
|
PPKn
Mengelompokkan
identitas suku bangsa (pakaian
tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat), sosial
ekonomi (jenis pekerjaan orang tua) di lingkungan rumah, sekolah dan
masyarakat sekitar
|
·
Mengidentifikasi jenis-jenis makanan khas daerah di
lingkungan sekitar.
·
Menyebutkan makanan khas daerah yang menjadi
kesukaannya
|
·
Mencari informasi
jenis-jenis makanan khas daerah di lingkungan sekitar melalui berbagai media,
dan membuat daftarnya.
·
Tanya jawab tentang
makanan khas daerah yang menjadi kesukaannya
·
Membuat kliping
tentang makanan khas daerah di lingkungan sekitar.
Penilaian:
Tertulis dan lisan :
jenis-jenis makanan khas daerah di lingkungan sekitar.
Produk : membuat kliping
|
6 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
|
Bahasa Indonesia
Gemar menggali informasi melalui
membaca dan mendengarkan dari sumber lain berdasarkan rasa ingin tahu
|
·
Menulis informasi
yang diperoleh dengan tepat
|
·
Mencari informasi
tentang makanan sehat dan bergizi dari berbagai sumber informasi melalui
membaca ke perpustakaan atau tempat lain dan atau mendengarkan radio atau
menonton televisi yang berhubungan dengan makanan sehat dan bergizi
·
Menuliskan
ringkasan berbagai informasi mengenai makanan sehat dan bergizi
·
Membacakan dan
mendiskusikan informasi yang diperoleh
Penilaian
Tes tertulis:
Menulis informasi yang diperoleh dengan
memperhatikan ketepatan informasi
|
10 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
Perpustakaan, n radio, televisi
|
Matematika
Bersikap teliti dan cermat dalam mengambil keputusan memilih jenis
barang yang ditawarkan dengan diskon yang menarik dari toko atau pada saat memilih jenis tabungan
dengan bunga yang menarik dari Bank (k2)
|
·
Menentukan penyelesaian dari masalah yang berkaitan
dengan penggunaan uang.
·
Menghitung diskon dari penawaran harga suatu barang
·
Menentukan pilihan jenis barang yang ditawarkan
berdasarkan besarnya diskon
·
Menghitung banyak uang yang diperlukan untuk
membayar barang setelah mendapat discon
·
|
·
Menyelesaikan
masalah yang disuguhkan berkaitan dengan penggunaan uang dalam kehidupan
sehari-hari
·
Menghitung diskon
barang yang ditawarkan dari harga suatu barang
·
Menentukan pilihan
yang tepat tentang jenis barang berdasarkan besarnya diskon yang ditawarkan
·
Menghitung banyak
uang yang diperlukan untuk membayar barang setelah mendapat diskon
Penilaian
·
Tes Tertulis :
menentukan harga suatu barang setelah mendapat diskon
|
6JP
|
Buku Tematik Kelas IV
|
Penjasorkes
Memahami tinggi dan berat badan ideal dan pengaruhnya terhadap
pertumbuhan dan perkembangan
|
·
Menyebutkan konsep Body Mass Index (BMI)
·
Menyebutkan
rumus Body Mass Index
·
Menyebutkan
pengaruh Nilai BMI
|
·
Menyebutkan konsep Body Mass Index (BMI) merupakan pengukuran yang
membandingkan berat dan tinggi badan seseorang
·
Menyebutkan rumus Body Mass Index BMI = Berat (dalam kg) / Tinggi2 (dalam meter)
·
Menyebutkan
pengaruh Nilai
BMI dapat menentukan besarnya risiko terkena penyakit
akibat berat badan seperti jantung
dan diabetes
·
Mempraktikkan mengukur
BMI
Penilaian :
Unjuk Kerja: mempraktikkan mengukur BMI
Tes tertulis: menjelaskan tinggi dan berat
badan ideal dan pengaruhnya terhadap pertumbuhan dan perkembangan
|
4 Jp
|
Buku Tematik Kelas IV
|
Memahami pengaruh aktivitas fisik dan istirahat terhadap pertumbuhan
dan perkembangan tubuh
|
·
Menyebutkan
ciri-ciri pertumbuhan dan perkembangan pada masa sekolah
·
Menyebutkan
pengaruh aktivitas fisik dan istirahat terhadap pertumbuhan dan perkembangan
tubuh
|
·
Mendiskusikan
ciri-ciri pertumbuhan dan perkembangan pada anak masa sekolah (ukuran fisik tubuh: berat badan, tinggi badan, lingkar kepala,
lingkar lengan, perubahan suara, menstruasi,
mulai tertarik dengan lawan jenis dan lain- lain, perubahan proporsi tubuh, lepasnya gigi susu)
·
Mendiskusikan
pengaruh aktivitas fisik dan istirahat terhadap pertumbuhan dan perkembangan,
dan kesehatan tubuh
Penilaian :
·
Tes tertulis:
menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan dan perkembangan pada anak masa sekolah dan
pengaruh aktivitas fisik dan istirahat terhadap pertumbuhan dan perkembangan
tubuh
|
2 Jp
|
Buku Tematik Kelas IV
|
· Memahami gizi dan menu seimbang dalam menjaga
kesehatan tubuh
|
·
Menyebutkan fungsi makanan bagi pertumbuhan dan kesehatan tubuh
|
· Mendiskusikan mengapa kita perlu makan
· Mengidentifikasi dan mengelompokkan jenis-jenis
makanan (makanan pokok dan makanan tambahan)
· Menyebutkan fungsi
makanan bagi manusia adalah untuk: sumber
energi, membangun tubuh, perlindungan tubuh
Penilaian :
·
Tes tertulis:
menyebutkan fungsi makanan bagi pertumbuhan dan kesehatan tubuh
|
4 J
|
Buku Tematik Kelas IV
|
Seni Budaya dan Prakarya
·
Mengenal tari-tari daerah dan keunikan geraknya
(KI
3)
|
·
Menunjukkan tari
daerah
·
Membedakan tari
daerah
·
Membedakan keunikan
tari daerah
·
Membedakan ciri
khas tari daerah
|
·
Mencari tahu tari-tari daerah
dan keunikan geraknya melalui membaca
buku, majalah atau media lain yang ada disekolah dll.
·
Mencatat informasi
yang diperoleh tentang tari-tari
daerah dan keunikan geraknya
·
Menjelaskan
jenis-jenis tari daerah dan keunikan geraknya
Penilaian :
·
Tertulis:
menjelaskan jenis-jenis tari daerah dan keunikannya
|
6 jp
|
Buku Tematik Kelas IV, majalah, media lainnya
|
PENJASORKES
Mempraktikkan
salah satu gaya renang dalam jarak tertentu*
Mempraktikkan
salah satu gaya renang dalam jarak tertentu*
Mempraktikkan
salah satu gaya renang dalam jarak tertentu*
|
Menyebutkan gerak dasar renang gaya
dada (posisi
badan, gerakan tungkai, gerakan
lengan, pernafasan)
Memperagakan gerak dasar renang
gaya dada (posisi badan, gerakan
tungkai, gerakan lengan, pernafasan)
Memperagakan gerak dasar renang
gaya dada (posisi badan, gerakan
tungkai, gerakan lengan, pernafasan)
|
Menyebutkan gerak dasar renang
gaya dada (posisi badan, gerakan tungkai, gerakan lengan,
pernafasan)
Bermain
terapung pada permukaan air dengan
posisi telungkup kedua lengan lurus ke depan dan kedua kaki lurus ke belakang
dengan sedikit tolakan kedua kaki pada dinding kolam badan
meluncur ke depan menempuh jarak ±4-6 m, dilakukan perorangan, berpasangan,
dan kelompok.
Bermain
gerak dasar tungkai renang gaya dada
pada permukaan air dengan posisi telungkup kedua lengan berpegangan
parit/pelampung/teman di depannya dan kedua
tungkai lurus ke belakang, tekuk kedua lutut mendekati pinggul lalu
tendangkan tungkai ke belakang hungga rapat dan lurus menempuh jarak ± 4-6 m,
dilakukan perorangan, berpasangan, dan kelompok.
Penilaian:
Tertulis: menyebutkan gerak dasar renang
gaya dada
Unjuk kerja; keterampilan mengapung,
dan gerakan tungkai renang gaya dada
Pengamatan perilaku
|
4 JP
|
Pelampung
|
|
|
MINGGU 2
|
|
|
PPKn
Mengelompokkan
identitas suku bangsa (pakaian
tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat), sosial
ekonomi (jenis pekerjaan orang tua) di lingkungan rumah, sekolah dan
masyarakat sekitar
|
·
Mengidentifikasi jenis-jenis makanan khas daerah di
lingkungan sekitar.
·
Menyebutkan makanan khas daerah yang menjadi
kesukaannya
|
· Menuliskan berbagai
makanan khas daerah nusantara
· Mencari
gambar-gambar makanan khas nusantara
· Menuliskan beberapa
resep makanan khas daerah nusantara
Penilaian
Unjuk kerja (
mencari gambar-gambar)
Tertulis (
menuliskan resep)
|
6 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
|
Bahasa Indonesia
· Membaca isi petunjuk pemakaian suatu alat
dan melakukannya
|
· Menjelaskan urutan
petunjuk penggunaan sesuatu (obat, pupuk, alat rumah tangga, mainan/game, alat elektronik, dan sebagainya)
berdasarkan teks yang dibaca
· Melakukan kegiatan
sesuai petunjuk penggunaan sesuatu (obat, pupuk, alat rumah tangga, mainan/game, alat elektronik, dan sebagainya)
|
· Membaca petunjuk pemakaian sesuatu alat yang berhubungan dengan makanan atau kesehatan
· Melakukan kegiatan sesuai petunjuk penggunaan alat yang dibaca
· Memberikan tanggapan dan saran terhadap ketepatan
kegiatan yang dilakukan teman
Penilaian :
Unjuk kerja:
Melakukan sesuatu berdasarkan petunjuk pemakaian sesuai
dengan urutannya dengan kriteria kesesuaian melakukan sesuatu dengan petunjuk
|
6 jp
|
Buku tematik Kelas IV, buku petunjuk penggunaan
peralatan
|
· Menjelaskan secara lisan
petunjuk penggunaan suatu alat dengan bahasa yang mudah dipahami dan kalimat yang runtut
|
·
Mencatat pokok-pokok
petunjuk pemakaian suatu alat
·
Menjelaskan petunjuk
penggunaan suatu alat dengan bahasa yang mudah dipahami dan kalimat yang
runtut
|
· Mencatat pokok-pokok
isi petunjuk penggunaan suatu alat
·
Menjelaskan petunjuk
penggunaan suatu alat tersebut
dengan bahasa yang mudah dipahami dan kalimat yang runtut
Penilaian :
Unjuk kerja: Menjelaskan
penggunaan suatu alat di depan kelas dengan tepat. Kriteria penilaian
meliputi keruntutan kalimat dan bahasa yang komunikatif
|
4 jp
|
Buku tematik Kelas IV
|
Matematika
Bersikap teliti dan cermat dalam mengambil keputusan memilih jenis
barang yang ditawarkan dengan diskon yang menarik dari toko atau pada saat memilih jenis tabungan
dengan bunga yang menarik dari Bank (k2)
|
·
Menentukan pilihan tabungan berdasarkan bunga yang
menarik dari Bank
|
·
Menghitung bunga
yang ditawarkan dari suatu Bank
·
Menentukan pilihan
yang tepat berhubungan dengan harga barang dan bunga Bank
Penilaian
·
Tes Tertulis :
menentukan jumlah tabungan setelah mendapat bunga dari Bank dalam jangka
waktu tertentu
|
6 jp
|
Buku tematik Kelas IV
|
Penjasorkes
Mempraktikkan
salah satu gaya renang dalam jarak tertentu*
|
Memperagakan gerak dasar renang
gaya dada (posisi badan, gerakan
tungkai, gerakan lengan, pernafasan)
Menyebutkan bentuk pertolongan
untuk menolong dari bahaya tenggelam
|
Bermain
gerak dasar lengan renang gaya dada
pada permukaan air dengan posisi telungkup kedua lengan lurus ke depan dan
kedua tungkai lurus ke belakang,
dipegang teman/menggepit papan pelampung, buka kedua lengan ke samping lalu
tekan permukaan air hingga kedua sikut tertekuk depan dada lanjutkan gerakan
dengan meluruskan kedua lengan ke depan ± 4-6 m, dilakukan perorangan,
berpasangan, dan kelompok.
Bermain
gerak dasar pernafasan renang gaya dada, kedua lengan lurus di depan badan
memegangparit , badan terapung di dalam permukaan air, kedua tungkai lurus ke
belakang badan dipegang teman, hit.1
hirup udara melalui hidung dan mulut, hit.
2 masukan kapala ke dalam air bersamaan menghembuskan udara dari mulut
dan hidung, hit. 3 angkat kembali
kepala ke atas permukaan air dan hirup lagi udara melalui mulut dan hidung,
dst. dilakukan perorangan, berpasangan, dan kelompok
Menyebutkan bentuk
pertolongan yang dapat dilakukan untuk menolong dari bahaya tenggelam
(melempar benda yang dapat terapung pada korban, menjulurkan benda/galah pada
korban, melemparkan tambang pada korban, menjulurkan lengan pada korban)
Penilaian:
Tertulis: menyebutkan cara menolong
korban tenggelam
Unjuk kerja; gerakan lengan renang
gaya dada, gerak dasar pernapasan renang gaya dada
Pengamatan perilaku
|
4 JP
|
Pelampung
Buku pegangan siswa
|
Seni Budaya dan Prakarya Mengetahui berbagai alur cara dan
pengolahan karya kreatif yang pengolahan bahan yang mengikuti alur
(KI 3)
|
·
Memanfaatkan
alam dengan baik untuk berkarya
·
Mengolah
bahan untuk berkarya
·
Menggunakan
bahan yang mudah didaur ulang
·
mengikuti
alur dalam berkarya
|
·
Mencari
tahu alur cara dan
pengolahan karya kreatif yang pengolahan bahan yang mengikuti alur melalui membaca
buku, majalah atau
media lain yang ada di sekolah dll.
·
Mencatat informasi
yang diperoleh tentang alur
cara dan pengolahan karya kreatif
·
Menjelaskan alur cara dan
pengolahan karya kreatif
Penilaian :
·
Tertulis:
menjelaskan alur cara
dan pengolahan karya kreatif
|
6 jp
|
Buku tematik Kelas IV, majalah, media lainnya
|
|
|
MINGGU 3
|
|
|
PPKn
Mengelompokkan
identitas suku bangsa (pakaian
tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat), sosial
ekonomi (jenis pekerjaan orang tua) di lingkungan rumah, sekolah dan
masyarakat sekitar
|
·
Mengidentifikasi jenis-jenis makanan khas daerah di
lingkungan sekitar.
·
Menyebutkan makanan khas daerah yang menjadi
kesukaannya
|
· Membuat salah satu
makanan khas daerah nusantara daerahnya masing-masing
· Menyajikan hasilnya
masakan
· Menikmati hasil
makanan yang disajikan.
Penilaian
Produk ( hasil
masakan )
|
6 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
|
Bahasa Indonesia
Mendengarkan pengumuman yang dibacakan, dialog yang mengandung tawaran, larangan,
teguran, pemberitahuan dan menuliskan kembali intinya dalam satu atau dua kalimat
|
·
Menyebutkan isi
kalimat pengumuman, tawaran, larangan, dan teguran
·
Menjelaskan perbedaan
jenis kalimat tawaran, larangan, dan teguran
|
·
Menyimak pembacaan
teks yang berisi pengumuman dan mencatat isinya
·
Mengungkapkan kembali
isi pengumuman
·
Menyimak pembacaan kalimat tawaran dan mencatat
isinya
·
Mengungkapkan kembali
isi kalimat tawaran
·
Menyimak pembacaan kalimat larangan dan mencatat
isinya
·
Mengungkapkan kembali
isi kalimat larangan
·
Menyimak pembacaan kalimat teguran dan mencatat
isinya
·
Mengungkapkan kembali
isi kalimat teguran
·
Menjelaskan perbedaan
kalimat pengumuman, tawaran, teguran, dan larangan
·
Berdasarkan
gambar siswa berdiskusi tentang komponen menu seimbang (karbohidrat, lemak,
protein, vitamin, dan mineral)
·
Menyusun
menu seimbang bagi dirinya untuk sarapan, makan siang, dan makan malam)
·
Mensurvey/mendata
komposisi /kandungan gizi dan zat makanan tambahan lainnya dari jajanan yang
dikonsumsi di sekolah
·
Menganalisis
apakah jajanan yang disajikan di sekolah termasuk jajanan yang sehat atau
tidak sehat
Penilaian :
Unjuk kerja:
Menyampaikan kalimat pengumuman, tawaran, larangan, dan teguran di depan
kelas, kriteria penilaian meliputi ketepatan menggunakan kalimat pengumuman, tawaran, larangan dan teguran
|
6 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
Contoh pengumuman, kalimat tawaran, kalimat larangan dan teguran
|
·
Bermain peran sebagai figur tertentu
(dokter, guru, pedagang sayur, polisi, dsb.) yang sedang berbicara.
|
·
Memerankan
figur sesuai dengan kebiasaan, cara bicara, dan tingkah laku figur yang
diperankan
|
·
Menentukan
figur tertentu yang akan diperankan
·
Mengidentifikasi
kebiasaan, cara bicara, dan tingkah laku figur yang telah ditentukan
·
Memerankan
figur sesuai dengan kebiasaan, cara bicara, dan tingkah lakunya
·
Mengomentari
pemeranan yang dilakukan teman
Penilaian
Unjuk kerja:
Kesesuaian pemeranan dengan kebiasaan, cara bicara,
dan tingkah laku figur yang diperankan
|
4 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
|
Matematika
Menggunakan pembulatan dalam membaca hasil
pengukuran dengan alat ukur (k3)
|
§ Menyebutkan contoh alat ukur waktu, jarak dan berat
§ Melakukan pengukuran dengan alat ukur yang sesuai
(waktu,jarak/panjang, berat)
§ Mengukur dan menuliskan hasil pengukuran yang
ditunjukkan oleh alat ukur waktu dengan
pembulatan terdekat
§ Mengukur dan menuliskan hasil pengukuran yang
ditunjukkan oleh alat ukur panjang dengan
pembulatan terdekat
§ Mengukur dan
menuliskan hasil pengukuran yang ditunjukkan oleh alat ukur berat dengan pembulatan terdekat
|
·
Menyebutkan alat
ukur yang ditampilkan guru
·
Mendiskusikan
masing-masing kegunaan alat ukur waktu, jarak dan berat
·
Melakukan
pengukuran dengan alat ukur yang sesuai seperti untuk menentukan waktu dengan
menggunakan jam, ukuran panjang menggunakan meteran, dan menentukan berat
dengan menggunakan timbangan
·
Melakukan
pengukuran dan menuliskan
hasil pengukuran yang ditunjukkan oleh alat ukur waktu dengan pembulatan terdekat
·
Mengukur dan menuliskan hasil pengukuran
yang ditunjukkan oleh alat ukur panjang
dengan pembulatan terdekat Mengukur dan menuliskan hasil pengukuran yang
ditunjukkan oleh alat ukur berat dengan
pembulatan terdekat
§ Melakukan pengukuran dan menuliskan hasil pengukuran yang
ditunjukkan oleh alat ukur berat dengan
pembulatan terdekat
Penilaian
§ Unjuk kerja : melakukan pengukuran dengan ketepatan
dan pendekatan tertentu
§ Tertulis: Melakukan pembulatan terhadap hasil
pengukuran
|
6 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
|
Penjasorkes
Mempraktikkan dasar penyelamatan di
air *
|
Memperagakan simulasi
pertolongan dari bahaya tenggelam dengan melempar benda yang dapat terapung
pada korban
Memperagakan Simulasi
pertolongan dari bahaya tenggelam dengan menjulurkan galah pada korban
Memperagakan Simulasi
pertolongan dari bahaya tenggelam dengan melemparkan tambang pada korban
Memperagakan Simulasi pertolongan dari bahaya tenggelam dengan
menjulurkan lengan pada korban (saling berpegangan dengan teman)
|
Simulasi
pertolongan dari bahaya tenggelam dengan melempar benda yang dapat terapung
pada korban (pelampung dari ban, kayu yang dapat mengambang, dilakukan
perorangan, berpasangan, dan kelompok.
Simulasi
pertolongan dari bahaya tenggelam dengan menjulurkan galah pada korban ,
dilakukan perorangan, berpasangan, dan
Simulasi
pertolongan dari bahaya tenggelam dengan melemparkan tambang pada korban,
dilakukan perorangan, berpasangan, dan kelompok.
Simulasi pertolongan dari bahaya tenggelam dengan menjulurkan lengan
pada korban (saling berpegangan dengan teman), dilakukan perorangan,
berpasangan, dan kelompok.
Penilaian:
Unjuk kerja; simulasi pertolongan pada
korban tenggelam
|
4 JP
|
Pelampung
Galah
Tambang
|
Seni Budaya dan Prakarya Menggambar model
berdasarkan pengamatan langsung (KI 4)
|
·
Membuat
gambar dengan model makanan
|
·
Memilih dan menyiapkan model makanan serta alat gambar
·
Menggambar makanan dengan melihat model/objek
langsung
Penilaian
·
Produk: Gambar model
|
6 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar