Pages - Menu

Jumat, 24 Oktober 2014

SILABUS Indahnya Kebersamaan




SILABUS
Kelas IV
Tema 1 : Indahnya Kebersamaan
Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah



KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
TAHUN 2012

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
Kelas                : IV
Tema 1             : Indahnya Kebersamaan
Alokasi Waktu  : 3 Minggu

Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar
Indikator
Kegiatan Pembelajaran dan Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar


MINGGU KE-1


PPKn
Menghargai kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa (pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat), sosial ekonomi di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar.
 (KI 1)

·      Memberikan contoh keberagaman di lingkungannya dengan rasa percaya diri
·      Mengagumi keragaman suku, etnis, dan bahasa sebagai keunggulan di wilayah negara Indonesia


·   Membuat daftar keberagaman agama, bahasa, suku bangsa, dan sosial ekonomi yang ada di lingkungan sekitar
·   Menceritakan keberagaman budaya yang ada di lingkungan sekitar sebagai bentuk keberagaman dalam kebersamaan
Penilaian
·      Tes tertulis: Penguasaan konsep tentang keberagaman agama, bahasa, suku bangsa, dan sosial ekonomi
·      Unjuk kerja: Menceritakan keberagaman budaya
·      Produk: Hasil catatan partisipasi dalam kegiatan kultural

6 jp

Buku Tematik Kelas IV
Bahasa Indonesia
Mendengarkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik untuk berdoa (sesuai agama yang dianutnya) di sekolah dan di rumah.

·      Bersikap tertib (menjaga keheningan) dalam mendengarkan doa
·      Mengambil sikap duduk atau berdiri dengan berdiam diri


·   Mendengarkan pembacaan doa dengan sikap tertib (menjaga keheningan), seperti doa akan belajar, makan, melakukan suatu pekerjaan, dan lain-lain
·   Mencontoh kata-kata dalam doa yang didengar pada saat berdoa sendiri
Penilaian
Skala sikap: Sikap tertib dalam mendengarkan doa

1 jp
(Setiap saat)

Buku Kumpulan Doa
Mengucapkan doa dengan bahasa yang baik sesuai dengan agama yang dianutnya

·      Melafalkan kata-kata teks doa dengan jelas
·      Melafalkan kata-kata teks doa dengan intonasi yang sesuai


·   Membaca teks doa dengan jelas dan intonasi yang sesuai
·   Mengucapkan doa (tanpa teks) dengan jelas dan intonasi yang sesuai
·   Memberikan saran perbaikan terhadap pengucapan doa yang dilakukan teman

Penilaian
Unjuk kerja: Mengucapkan doa dengan jelas dan intonasi yang sesuai

1 jp (Setiap saat)
Buku Kumpulan Doa
Menyapa dan menyampaikan ucapan selamat, terima kasih atau permohonan maaf sesuai dengan konteksnya
·   Menyapa dengan kata atau kalimat sapaan yang sesuai
·   Menyapa dan mengucapkan selamat dengat kalimat yang sesuai
·   Menyapa dan menyampaikan ucapan terima kasih dengan kalimat yang sesuai
·   Menyapa dan menyampaikn permohonan maaf dengan kalimat yang sesuai
·   Mengidentifikasi kata-kata dan kalimat-kalimat sapaan
·   Menyapa dengan kata atau kalimat sapaan yang sesuai
·   Mengidentifikasi kata-kata dan kalimat-kalimat ucapan
·   Mengucapkan selamat dengat kalimat yang sesuai
·   Mengidentifikasi kata-kata dan kalimat-kalimat terima kasih
·   Menyampaikan ucapan terima kasih dengan kalimat yang sesuai
·   Mengidentifikasi kata-kata dan kalimat-kalimat permohonan maaf
·   Menyampaikn permohonan maaf dengan kalimat yang sesuai

Penilaian
Unjuk kerja: Menyapa dan mengucapkan selamat, terima kasih, dan permohonan maaf dengan kata dan kalimat yang sesuai

8 jp
Buku Tematik Kelas IV
Matematika
Menaksir jumlah uang untuk berbelanja atau jumlah dan jenis benda yang diperlukan untuk suatu kegiatan amal sehingga sesuai kebutuhan  (k2)



·  Menyebutkan besarnya uang saku yang diterima stiap hari atau minggu
·  Menyebutkan sumber perolehan uang saku
·  Menghitung besarnya penggunaan uang saku untuk konsumsi, uang tabungan, dan sosial
·  Membandingkan nilai uang yang berbeda
·  Menyelesaikan operasi hitung yang melibatkan uang
·  Menentukan hasil operasi hitung melalui transaksi jual beli yang melibatkan uang

·         Membuat perencanaan penggunaan uang dalam satu hari
·         Bermain jual beli barang seperti kondisi di pasar dengan uang mainan
·         Melakukan kegiatan tawar-menawar antara pemeran penjual dan pembeli barang
·         Membandingkan nilai nominal jenis  uang bersama dengan jenis uang mainan temannya
·         Transaksi pembayaran tentang jumlah uang yang diberikan dengan nilai barang yang harus  dibayar
Penilaian
·         Produk: Membuat perencanaan penggunaan uang
·         Tertulis: Menyelesaikan operasi hitung

6  jp
·   Buku Tematik Kelas IV
·   Uang Mainan
Seni Budaya dan Prakarya
·   Mengagumi ciri khas keindahan karya seni dan karya kreatif masing-masing daerah sebagai anugrah tuhan  (KI 1)

·        Menjelaskan keunikan karya seni  dan karya kreatif berbagai daerah
·        Memuji karya seni dan karya kreatif  teman
·        Merawat karya seni dan karya kreatif  yang ada di sekolah
·        Menunjukkan kebanggaan terhadap karya sendiri


·        Mencari tahu karya seni melalui membaca buku, majalah atau media lain yang ada di sekolah
·        Mengamati berbagai karya seni dari berbagai daerah
·        Mengidentifikasi keunikan karya seni daerah lain melalui pengamatan
·        Membandingkan ciri khas karya seni dari berbagai daerah
·        Menjelaskan perbedaan ciri khas karya seni dari berbagai daerah
·        Membuat karya seni dan karya kreatif serta merawatnya
·        Mempresentasikan hasil karya sendiri di depan kelas
·        Penilaian
Pengamatan: Sikap dalam menghargai karya seni (menyimpan dengan baik, tidak merusak, dll.)

6 jp
·        Karya seni
·        CD seni
PENJASORKES
Menghargai tubuh sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai

Memiliki perilaku hidup sehat



Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar untuk membentuk gerakan dasar  atletik jalan  dan lari  yang dilandasi konsep gerak melalui permainan dan atau tradisional

Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar untuk membentuk gerakan dasar  atletik jalan  dan lari  yang dilandasi konsep gerak melalui permainan dan atau tradisional




Melakukan aktivitas fisik secara teratur


Menerapkan perilaku hidup sehat di sekolah



Memperagakan kombinasi gerak dasar jalan





Memperagakan kombinasi gerak dasar lari












Melakukan aktivitas fisik setiap hari


Mencuci tangan sebelum dan setelah belajar



Berjalan jinjit ke berbagai arah mengikuti aba-aba menunjukkan disiplin





Berlari membawa benda yang diletakkan di kepala


Berlari langkah kuda/hop bergandengan tangan secara berpasangan dengan menunjukkan nilai kerjasama, toleransi



Penilaian:
Unjuk kerja:  berjalan jinjit ke berbagai arah mengikuti aba-aba dan berlari membawa benda yang diletakkan di kepala

Pengamtan perilaku




4 JP

Pluit
Buku Pegangan siswa


MINGGU KE-2


PPKn
Menghargai kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa (pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat), sosial ekonomi di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar.
 (KI 1)

·      Mengagumi keragaman suku, etnis, dan bahasa sebagai keunggulan di wilayah negara Indonesia


·   Melakukan partisipasi kewarganegaraan dimana setiap peserta didik ditugasi untuk ikut serta dalam suatu kegiatan kultural (upacara adat atau keagamaan, pesta rakyat, pentas seni, dll.) di lingkungannya sebagai bentuk kebersamaan
·   Membuat catatan apa kegiatan itu dan apa sumbangannya dalam kegiatan tersebut
Penilaian
·      Tes tertulis
Penguasaan konsep tentang keberagaman agama, bahasa, suku bangsa, dan sosial ekonomi
·      Unjuk kerja
Menceritakan keberagaman budaya
·      Produk
Hasil catatan partisipasi dalam kegiatan kultural


6 jp

Buku Tematik Kelas IV
Bahasa Indonesia
·      Membaca teks tentang berbagai topik, membuat pertanyaan, dan menuliskan gagasan pokok

·      Menyusun pertanyaan-pertanyaan dengan benar mengenai isi teks bacaan
·      Menentukan dengan tepat gagasan pokok paragraf yang ada dalam teks bacaan

·      Membaca di dalam hati teks bacaan tentang “Indahnya Kebersamaan”
·      Membuat pertanyaan-pertanyaan tentang isi teks bacaan
·      Menukarkan pertanyaan-pertanyaan dengan teman untuk saling menjawab
·      Menentukan dan menulis gagasan pokok paragraf-paragraf yang ada di dalam teks bacaan
Penilaian
Tes tertulis
·      Ketepatan pertanyaan dengan isi teks bacaan
·      Ketepatan dalam menentukan gagasan pokok paragraf


6 jp

Buku teks tematik kelas IV
·   Membaca dan menemukan makna kata dalam kamus /ensiklopedia
·    Membuka kamus dengan benar
untuk menemukan makna kata-kata sulit
·    Menyusun kalimat dengan menggunakan kata-kata sulit yang telah ditemukan artinya di dalam kamus/ensiklopedia
·      Membaca kembali teks bacaan “Indahnya Kebersamaan”
·      Mencatat kata-kata  yang dianggap sulit artinya yang ada dalam teks bacaan
·      Membuka kamus/ensiklopedia, lalu menemukan arti dan makna kata-kata  tersebut sesuai dengan konteksnya
·      Menyusun kalimat dengan menggunakan kata-kata sulit yang telah ditemukan artinya di dalam kamus/ensiklopedia
Penilaian
Tes Tertulis:  
·    Menemukan kata-kata sulit di dalam teks bacaan
·    Menyusun kalimat dengan menggunakan kata-kata sulit

Unjuk kerja: Membuka kamus/ensiklopedia dengan benar

4jp
Kamus atau ensiklopedia
Matematika
·  Menaksir jumlah uang untuk berbelanja atau jumlah dan jenis benda yang diperlukan untuk suatu kegiatan amal sehingga sesuai kebutuhan  (k2)


·  Menyelesaikan soal cerita sederhana melalui permainan jual beli yang melibatkan uang
·  Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan menaksir jumlah uang yang diperlukan dengan barang yang dibeli untuk kegiatan amal



·         Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan jual-beli
·         Menaksir harga barang yang akan dibeli dengan uang hasil sumbangan di kelas yang akan disumbangkan dalam kegiatan
Penilaian
·         Produk: Membuat perencanaan penggunaan uang
·         Tertulis: Menyelesaikan operasi hitung


4 jp

·   Buku Tematik Kelas IV
·   Uang Mainan
·  Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri , menyatakan kalimat matematika dan memecahkan masalah dengan efektif permasalahan yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan kuantitas, decimal dan persen terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain  serta memeriksa kebenarannya (K4)
·  Menyamakan penyebut dua pecahan dalam operasi penjumlahan dan pengurangan dengan menggunakan KPK

·         Mengidentifikasi pecahan dengan  mencari KPK dari penyebutnya kemudian menyamakan penyebutnya pada operasi penjumlahan dan pengurangan

2 jp
Buku tematik kelas IV
Seni Budaya dan Prakarya
Menggambar alam berdasarkan pengamatan keindahan alam (KI 4)

·     Membuat gambar dengan motif tumbuhan ( bunga dan buah).
·     Membuat gambar pemandangan alam
·     Membuat gambar dengan motif binatang.

·         Mengidentifikasi keindahan alam melalui pengamatan
·         Menggambar alam berdasarkan hasil pengamatan
Penilaian
·        Proses : Mengamati proses  menggambar
·        Hasil karya : gambar sesuai dengan tema,komposisi warna, keseimbangan


6 jp

·        Karya seni
·        CD seni
PENJASORKES
Memahami jenis cidera selama melakukan aktivitas fisik dan mampu melakukan pertolongan pertama

Memahami cara pengukuran tinggi dan berat badan ideal


Mempraktikkan variasi dan  kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola kecil yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil


Menyebutkan penyebab cidera



Mengukur berat badan mengunakan ukuran kg



Menerapkan variasi dan kombinasi pola gerak lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam  permainan kasti


Mendiskusikan cara menghindari cidera pada aktivitas fisik yang akan dilakukan



Mengukur berat badan menggunakan “neraca kamar mandi” dan mencatat hasilnya dilakukan secara berpasangan dengan menunjukkan perilaku kejujuran

Menangkap bola melambung dengan satu /dua tangan secara berpasangan atau berkelompok dengan menunjukkan prilaku kerjasama, percaya  diri, disiplin, toleransi, menjaga keselamatan diri dan orang lain, dan menghargai perbedaan

Penilaian:
Unjuk kerja : mengukur berat badan, dan menangkap bola
Tertulis: cara menghindari cidera selama aktivitas fiisik
Pengamtan perilaku


4 JP

Timbangan
Bola
Buku Pegangan siswa


MINGGU KE-3


PPKn
Menghargai kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa (pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat), sosial ekonomi di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar.
 (KI 1)

·      Membiasakan sikap positif terhadap kebhinenkatunggalikaan di lingkungan sosial.


·   Melaporkan hasil catatan partisipasi dalam kegiatan kultural yang diikuti di lingkungannya
·   Memberikan komentar terhadap catatan yang dibuat dan dibacakan teman

Penilaian
·  Tes tertulis: Penguasaan konsep tentang keberagaman agama, bahasa, suku bangsa, dan sosial ekonomi
·  Unjuk kerja: Menceritakan keberagaman budaya
·  Produk: Hasil catatan partisipasi dalam kegiatan kultural


6 jp

Buku Tematik Kelas IV
Bahasa Indonesia
·      Menunjukkan kepedulian terhadap makhluk hidup dalam kehidupan sehari-hari

·   Membuat cerita tentang hewan kesukaannya
·   Menguraikan hal-hal yang harus diperhatikan dalam memelihara hewan agar hidup sehat dan tumbuhan agar tumbuh subur

·      Kegiatan kecil (7 siswa): menceritakan hewan peliharaannya/hewan atau tanaman yang disukai yang memperlihatkan kebersamaan antara manusia dengan makluk yang ada di sekitarnya
·      Projek besar: memelihara tanaman atau hewan di rumah atau di sekolah, dan menjelaskan hal-hal yang harus dilakukan agar tumbuhan dan hewan dapat hidup sehat (tumbuhan: disiram dan memperoleh sinar matahari yang cukup; hewan: diberi makan dan tempat hidup yang layak dan kasih sayang) dan menuliskannya dalam jurnal mingguan siswa


Penilaian:
Skala sikap tentang kepedulian terhadap makhluk hidup


6 jp

Buku Tematik Kelas 4
Bahasa Indonesia
·   Melengkapi bagian cerita rumpang dengan kalimat yang tepat

·    Melengkapi bagian cerita yang hilang dengan kalimat pada akhir paragraf.

·      Membaca cerita yang rumpang pada bagian akhir paragraf yang berhubungan dengan indahnya kebersamaan
·      Mendiskusikan kalimat yang sesuai untuk melengkapi bagian cerita yang hilang pada akhir
·      Melengkapi bagian cerita yang hilang dengan kata/kalimat pada akhir paragraf.

Penilaian:
Tes Tertulis: Melengkapi cerita rumpang menjadi lengkap  berdasarkan hasil diskusi dengan menggunakan EYD yang tepat

4 jp

Buku Tematik Kelas IV

Matematika
Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri , menyatakan kalimat matematika dan memecahkan masalah dengan efektif permasalahan yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan kuantitas, decimal dan persen terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain  serta memeriksa kebenarannya (K4)

·  Menuliskan kalimat matematika dari soal cerita yang berhubungan dengan KPK dan FPB
·  Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan KPK
·  Menyederhanakan pecahan dengan menggunakan FPB
·  Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan FPB
·  Memecahkan masalah yang berhubungan dengan satuan kuantitas
·  Memecahkan masalah matematika yang berhubungan dengan desimal
·  Memecahkan masalah yang berhubungan dengan persen dalam kehidupan sehari-hari


·         Mengidentifikasi pecahan dengan  mencari KPK dari penyebutnya kemudian menyamakan penyebutnya pada operasi penjumlahan dan pengurangan
·         Mengidentifikasi soal cerita kemudian menuliskan kalimat matematika  yang berhubungan dengan KPK
·         Mengidentifikasi soal cerita kemudian menuliskan kalimat matematika  yang berhubungan dengan FPB
·         Secara kelompok menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan KPK
·         Secara kelompok menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan FPB
·         Secara kelompok memecahkan masalah yang berhubungan dengan satuan kuantitas
·         Secara kelompok memecahkan masalah yang berhubungan dengan desimal
·         Secara kelompok memecahkan masalah yang berhubungan dengan persen
Penilaian
Unjuk kerja: ketika berdiskusi kelompok
Tertulis: Penguasaan konsep KPK dan FPB, satuan kuantitas, decimal dan persen

6 JP
Buku tematik kelas IV
Seni Budaya dan Prakarya
Menyanyikan lagu dengan gerak tangan dan badan sesuai dengan tinggi rendah nada. (KI 4)

·        Menyanyikan lagu anak-anak
·        Menggerakkan tangan dan badan sesuai tinggi rendah nada


·         Mendengarkan lagu anak-anak dari kaset
·         Menghafal atau membaca syair lagu anak-anak
·         Menyanyikan lagu anak-anak dengan senandung
·         Menyanyikan lagu anak-anak dengan gerak tangan dan badan sesuai dengan tinggi rendah nada.

Penilaian
Unjuk kerja menyanyikan lagu anak-anak sesuai dengan gerak tangan dan badan sesuai dengan tinggi rendah nada

6 jp

·   Kaset/cd lagu anak-anak dan media lainnya

PENJASORKES
Mempraktikkan kombinasi pola gerak dominan untuk membentuk keterampilan/ teknik dasar senam (seperti: hand stand, kayang, dsb) dan  kombinasi pola gerak dominan posisi statis dan dinamis,  tumpuan dan gantungan (misalnya: gerak hand stand berpasangan) secara berpasangan

Mempraktikkan  pola gerak dasar berirama  bertema budaya daerah yang sudah dikenal yang dilandasi konsep gerak mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik

Memperagakan teknik dasar senam










Menyebutkan komponen yang di kembangkan dalam gerak berirama

Memperagakan sikap kayang berpasangan/bertiga











Mendiskusikan komponen gerak yang dikembangkan dalam gerak berirama

Penilaian:
Unjuk kerja : posisi kayang
Tertulis: menyebutkan komponen gerak yang dikembangkan dalam gerak berirama

4 JP


Matras
Buku Penjas
Pluit


Tidak ada komentar:

Posting Komentar