SILABUS
Kelas IV
Tema 1 : Indahnya Kebersamaan
Sekolah Dasar dan
Madrasah Ibtidaiyah
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
TAHUN 2012
SILABUS
PEMBELAJARAN TEMATIK
Kelas :
IV
Tema 1 :
Indahnya Kebersamaan
Alokasi Waktu :
3 Minggu
Mata Pelajaran dan
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Kegiatan
Pembelajaran dan Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
|
MINGGU KE-1
|
|
|
PPKn
Menghargai kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa
(pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat),
sosial ekonomi di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar.
(KI 1)
|
· Memberikan
contoh keberagaman di lingkungannya dengan rasa percaya diri
· Mengagumi
keragaman suku, etnis, dan bahasa sebagai keunggulan di wilayah negara Indonesia
|
· Membuat daftar keberagaman agama,
bahasa, suku bangsa, dan sosial ekonomi yang ada di lingkungan sekitar
· Menceritakan keberagaman budaya yang ada
di lingkungan sekitar sebagai bentuk keberagaman dalam kebersamaan
Penilaian
·
Tes tertulis: Penguasaan konsep tentang keberagaman agama, bahasa,
suku bangsa, dan sosial ekonomi
·
Unjuk
kerja: Menceritakan
keberagaman budaya
·
Produk: Hasil catatan partisipasi dalam kegiatan
kultural
|
6 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
|
Bahasa Indonesia
Mendengarkan penggunaan bahasa Indonesia
yang baik untuk berdoa (sesuai agama yang dianutnya) di sekolah dan di rumah.
|
·
Bersikap
tertib (menjaga
keheningan) dalam mendengarkan doa
·
Mengambil
sikap duduk atau berdiri dengan berdiam diri
|
· Mendengarkan
pembacaan doa dengan sikap tertib (menjaga keheningan), seperti doa akan
belajar, makan, melakukan suatu pekerjaan, dan lain-lain
· Mencontoh
kata-kata dalam doa yang didengar pada saat berdoa sendiri
Penilaian
Skala sikap: Sikap tertib dalam mendengarkan doa
|
1 jp
(Setiap saat)
|
Buku Kumpulan Doa
|
Mengucapkan doa dengan bahasa yang
baik sesuai dengan agama yang dianutnya
|
·
Melafalkan kata-kata teks
doa dengan jelas
·
Melafalkan kata-kata teks
doa dengan intonasi yang sesuai
|
· Membaca
teks doa dengan jelas dan intonasi yang sesuai
· Mengucapkan
doa (tanpa teks) dengan jelas dan intonasi yang sesuai
· Memberikan
saran perbaikan terhadap pengucapan doa yang dilakukan teman
Penilaian
Unjuk kerja: Mengucapkan doa
dengan jelas dan intonasi yang sesuai
|
1 jp (Setiap saat)
|
Buku Kumpulan Doa
|
Menyapa dan menyampaikan ucapan selamat,
terima kasih atau permohonan maaf sesuai dengan konteksnya
|
· Menyapa
dengan kata atau kalimat sapaan yang sesuai
· Menyapa
dan mengucapkan selamat dengat kalimat yang sesuai
· Menyapa
dan menyampaikan ucapan terima kasih dengan kalimat yang sesuai
· Menyapa dan menyampaikn permohonan
maaf dengan kalimat yang sesuai
|
· Mengidentifikasi
kata-kata dan kalimat-kalimat sapaan
· Menyapa
dengan kata atau kalimat sapaan yang sesuai
· Mengidentifikasi
kata-kata dan kalimat-kalimat ucapan
· Mengucapkan
selamat dengat kalimat yang sesuai
· Mengidentifikasi
kata-kata dan kalimat-kalimat terima kasih
· Menyampaikan
ucapan terima kasih dengan kalimat yang sesuai
· Mengidentifikasi
kata-kata dan kalimat-kalimat permohonan maaf
· Menyampaikn
permohonan maaf dengan kalimat yang sesuai
Penilaian
Unjuk kerja: Menyapa dan mengucapkan selamat, terima kasih, dan
permohonan maaf dengan kata dan kalimat yang sesuai
|
8 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
|
Matematika
Menaksir jumlah uang untuk berbelanja atau jumlah
dan jenis benda yang diperlukan untuk suatu kegiatan amal sehingga sesuai
kebutuhan (k2)
|
· Menyebutkan besarnya uang saku yang diterima stiap hari atau minggu
· Menyebutkan sumber perolehan uang saku
· Menghitung besarnya penggunaan uang saku untuk konsumsi, uang tabungan,
dan sosial
· Membandingkan nilai uang yang berbeda
· Menyelesaikan operasi hitung yang melibatkan uang
· Menentukan hasil operasi hitung melalui transaksi
jual beli yang melibatkan uang
|
·
Membuat perencanaan
penggunaan uang dalam satu hari
·
Bermain jual beli
barang seperti kondisi di pasar dengan uang mainan
·
Melakukan kegiatan
tawar-menawar antara pemeran penjual dan pembeli barang
·
Membandingkan nilai
nominal jenis uang bersama dengan
jenis uang mainan temannya
·
Transaksi
pembayaran tentang jumlah uang yang diberikan dengan nilai barang yang
harus dibayar
Penilaian
·
Produk: Membuat
perencanaan penggunaan uang
·
Tertulis:
Menyelesaikan operasi hitung
|
6 jp
|
· Buku Tematik Kelas IV
· Uang Mainan
|
Seni Budaya dan Prakarya
·
Mengagumi ciri khas keindahan karya seni dan karya
kreatif masing-masing daerah sebagai anugrah tuhan (KI 1)
|
·
Menjelaskan
keunikan karya seni dan karya kreatif
berbagai daerah
·
Memuji karya seni
dan karya kreatif teman
·
Merawat karya seni
dan karya kreatif yang ada di sekolah
·
Menunjukkan
kebanggaan terhadap karya sendiri
|
·
Mencari tahu karya
seni melalui membaca buku, majalah atau media lain yang ada di sekolah
·
Mengamati berbagai
karya seni dari berbagai daerah
·
Mengidentifikasi keunikan karya seni daerah lain melalui pengamatan
·
Membandingkan ciri
khas karya seni dari berbagai daerah
·
Menjelaskan
perbedaan ciri khas karya seni dari berbagai daerah
·
Membuat karya seni
dan karya kreatif serta merawatnya
·
Mempresentasikan
hasil karya sendiri di depan kelas
·
Penilaian
Pengamatan: Sikap dalam
menghargai karya seni (menyimpan dengan baik, tidak merusak, dll.)
|
6 jp
|
·
Karya seni
·
CD seni
|
PENJASORKES
Menghargai tubuh sebagai anugrah Tuhan yang
tidak ternilai
Memiliki perilaku hidup sehat
Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar untuk
membentuk gerakan dasar atletik jalan dan lari
yang dilandasi konsep gerak melalui permainan dan
atau tradisional
Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar untuk
membentuk gerakan dasar atletik
jalan dan lari yang dilandasi konsep gerak melalui permainan dan
atau tradisional
|
Melakukan aktivitas fisik secara teratur
Menerapkan perilaku
hidup sehat di sekolah
Memperagakan kombinasi gerak dasar jalan
Memperagakan kombinasi gerak dasar lari
|
Melakukan aktivitas fisik setiap hari
Mencuci tangan sebelum dan setelah belajar
Berjalan jinjit ke berbagai arah mengikuti
aba-aba menunjukkan disiplin
Berlari membawa benda yang diletakkan di
kepala
Berlari langkah kuda/hop bergandengan
tangan secara berpasangan dengan menunjukkan nilai kerjasama, toleransi
Penilaian:
Unjuk kerja:
berjalan jinjit ke
berbagai arah mengikuti aba-aba dan berlari membawa benda yang diletakkan di
kepala
Pengamtan perilaku
|
4 JP
|
Pluit
Buku Pegangan siswa
|
|
|
MINGGU KE-2
|
|
|
PPKn
Menghargai kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa
(pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat),
sosial ekonomi di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar.
(KI 1)
|
· Mengagumi
keragaman suku, etnis, dan bahasa sebagai keunggulan di wilayah negara Indonesia
|
· Melakukan
partisipasi kewarganegaraan dimana setiap peserta didik ditugasi untuk ikut
serta dalam suatu kegiatan kultural
(upacara adat atau keagamaan, pesta rakyat, pentas seni, dll.) di
lingkungannya sebagai bentuk
kebersamaan
· Membuat catatan apa kegiatan itu
dan apa sumbangannya dalam kegiatan tersebut
Penilaian
·
Tes tertulis
Penguasaan konsep tentang keberagaman agama, bahasa,
suku bangsa, dan sosial ekonomi
·
Unjuk
kerja
Menceritakan keberagaman budaya
·
Produk
Hasil catatan partisipasi dalam kegiatan
kultural
|
6 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
|
Bahasa Indonesia
·
Membaca teks tentang berbagai topik, membuat pertanyaan, dan menuliskan gagasan pokok
|
·
Menyusun
pertanyaan-pertanyaan dengan benar mengenai isi teks bacaan
·
Menentukan dengan
tepat gagasan pokok paragraf yang ada dalam teks bacaan
|
·
Membaca di dalam
hati teks bacaan tentang “Indahnya Kebersamaan”
·
Membuat
pertanyaan-pertanyaan tentang isi teks bacaan
·
Menukarkan
pertanyaan-pertanyaan dengan teman untuk saling menjawab
·
Menentukan dan
menulis gagasan pokok paragraf-paragraf yang ada di dalam teks bacaan
Penilaian
Tes tertulis
·
Ketepatan
pertanyaan dengan isi teks bacaan
·
Ketepatan dalam
menentukan gagasan pokok paragraf
|
6 jp
|
Buku teks tematik kelas IV
|
· Membaca dan menemukan makna kata dalam kamus /ensiklopedia
|
·
Membuka kamus dengan
benar
untuk menemukan makna kata-kata sulit
·
Menyusun kalimat
dengan menggunakan kata-kata sulit yang telah ditemukan artinya di dalam
kamus/ensiklopedia
|
·
Membaca kembali teks bacaan “Indahnya Kebersamaan”
·
Mencatat kata-kata yang
dianggap sulit artinya yang ada dalam teks bacaan
·
Membuka kamus/ensiklopedia, lalu menemukan arti dan makna
kata-kata tersebut sesuai dengan konteksnya
·
Menyusun kalimat
dengan menggunakan kata-kata sulit yang telah ditemukan artinya di dalam
kamus/ensiklopedia
Penilaian
Tes Tertulis:
·
Menemukan kata-kata
sulit di dalam teks bacaan
·
Menyusun kalimat
dengan menggunakan kata-kata sulit
Unjuk kerja: Membuka kamus/ensiklopedia dengan benar
|
4jp
|
Kamus atau ensiklopedia
|
Matematika
· Menaksir jumlah uang untuk berbelanja atau jumlah
dan jenis benda yang diperlukan untuk suatu kegiatan amal sehingga sesuai
kebutuhan (k2)
|
· Menyelesaikan soal cerita sederhana melalui permainan jual beli yang
melibatkan uang
· Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan
menaksir jumlah uang yang diperlukan dengan barang yang dibeli untuk kegiatan
amal
|
·
Menyelesaikan soal
cerita yang berhubungan jual-beli
·
Menaksir harga
barang yang akan dibeli dengan uang hasil sumbangan di kelas yang akan
disumbangkan dalam kegiatan
Penilaian
·
Produk: Membuat
perencanaan penggunaan uang
·
Tertulis:
Menyelesaikan operasi hitung
|
4 jp
|
· Buku Tematik Kelas IV
· Uang Mainan
|
· Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri ,
menyatakan kalimat matematika dan memecahkan masalah dengan efektif
permasalahan yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan kuantitas, decimal dan persen terkait dengan aktivitas
sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya (K4)
|
· Menyamakan penyebut dua pecahan dalam operasi penjumlahan dan pengurangan
dengan menggunakan KPK
|
·
Mengidentifikasi
pecahan dengan mencari KPK dari
penyebutnya kemudian menyamakan penyebutnya pada operasi penjumlahan dan
pengurangan
|
2 jp
|
Buku tematik kelas IV
|
Seni Budaya dan Prakarya
Menggambar alam
berdasarkan pengamatan keindahan alam (KI 4)
|
·
Membuat
gambar dengan motif tumbuhan ( bunga dan buah).
·
Membuat
gambar pemandangan alam
·
Membuat
gambar dengan motif binatang.
|
·
Mengidentifikasi keindahan alam melalui pengamatan
·
Menggambar alam berdasarkan hasil pengamatan
Penilaian
·
Proses : Mengamati proses menggambar
·
Hasil karya : gambar sesuai dengan tema,komposisi warna, keseimbangan
|
6 jp
|
·
Karya
seni
·
CD seni
|
PENJASORKES
Memahami jenis cidera selama melakukan
aktivitas fisik dan mampu melakukan pertolongan pertama
Memahami cara pengukuran tinggi dan berat
badan ideal
Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar
lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola kecil yang
dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional
bola kecil
|
Menyebutkan
penyebab cidera
Mengukur berat
badan mengunakan ukuran kg
Menerapkan variasi
dan kombinasi pola gerak lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam permainan kasti
|
Mendiskusikan cara menghindari cidera pada
aktivitas fisik yang akan dilakukan
Mengukur berat
badan menggunakan “neraca kamar mandi” dan mencatat hasilnya dilakukan secara
berpasangan dengan menunjukkan perilaku kejujuran
Menangkap bola melambung dengan satu /dua
tangan secara berpasangan atau berkelompok dengan menunjukkan prilaku kerjasama, percaya diri, disiplin,
toleransi, menjaga keselamatan diri dan orang lain, dan menghargai perbedaan
Penilaian:
Unjuk kerja : mengukur berat badan, dan menangkap bola
Tertulis: cara menghindari cidera selama aktivitas fiisik
Pengamtan perilaku
|
4 JP
|
Timbangan
Bola
Buku Pegangan siswa
|
|
|
MINGGU KE-3
|
|
|
PPKn
Menghargai kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa
(pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat),
sosial ekonomi di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar.
(KI 1)
|
· Membiasakan
sikap positif terhadap kebhinenkatunggalikaan di lingkungan sosial.
|
· Melaporkan hasil catatan partisipasi
dalam kegiatan kultural yang diikuti di lingkungannya
· Memberikan komentar terhadap catatan
yang dibuat dan dibacakan teman
Penilaian
· Tes tertulis: Penguasaan
konsep tentang keberagaman agama, bahasa, suku bangsa, dan sosial ekonomi
· Unjuk kerja: Menceritakan keberagaman budaya
· Produk: Hasil catatan partisipasi dalam kegiatan
kultural
|
6 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
|
Bahasa Indonesia
·
Menunjukkan kepedulian
terhadap makhluk hidup dalam kehidupan sehari-hari
|
· Membuat cerita tentang hewan kesukaannya
· Menguraikan hal-hal yang harus diperhatikan dalam
memelihara hewan agar hidup sehat dan tumbuhan agar tumbuh subur
|
·
Kegiatan kecil (7
siswa): menceritakan hewan peliharaannya/hewan atau tanaman yang disukai yang
memperlihatkan kebersamaan antara manusia dengan makluk yang ada di
sekitarnya
·
Projek besar:
memelihara tanaman atau hewan di rumah atau di sekolah, dan menjelaskan
hal-hal yang harus dilakukan agar tumbuhan dan hewan dapat hidup sehat
(tumbuhan: disiram dan memperoleh sinar matahari yang cukup; hewan: diberi
makan dan tempat hidup yang layak dan kasih sayang) dan menuliskannya dalam
jurnal mingguan siswa
Penilaian:
Skala sikap tentang kepedulian terhadap makhluk
hidup
|
6 jp
|
Buku Tematik Kelas 4
|
Bahasa Indonesia
· Melengkapi bagian cerita rumpang dengan kalimat
yang tepat
|
· Melengkapi bagian
cerita yang hilang dengan kalimat pada akhir
paragraf.
|
· Membaca cerita yang rumpang pada bagian akhir
paragraf yang berhubungan dengan indahnya kebersamaan
· Mendiskusikan kalimat yang sesuai untuk melengkapi
bagian cerita yang hilang pada akhir
· Melengkapi bagian cerita yang hilang dengan kata/kalimat
pada akhir paragraf.
Penilaian:
Tes Tertulis: Melengkapi cerita rumpang menjadi lengkap berdasarkan hasil diskusi dengan menggunakan
EYD yang tepat
|
4 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
|
Matematika
Mengemukakan
kembali dengan kalimat sendiri , menyatakan kalimat matematika dan memecahkan
masalah dengan efektif permasalahan yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan
kuantitas, decimal dan persen terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah,
sekolah, atau tempat bermain serta
memeriksa kebenarannya (K4)
|
·
Menuliskan kalimat matematika dari soal cerita yang
berhubungan dengan KPK dan FPB
·
Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan KPK
·
Menyederhanakan pecahan dengan menggunakan FPB
·
Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan FPB
·
Memecahkan masalah yang berhubungan dengan satuan
kuantitas
·
Memecahkan masalah matematika yang berhubungan
dengan desimal
·
Memecahkan masalah yang berhubungan dengan persen
dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Mengidentifikasi pecahan
dengan mencari KPK dari penyebutnya
kemudian menyamakan penyebutnya pada operasi penjumlahan dan pengurangan
·
Mengidentifikasi soal cerita
kemudian menuliskan kalimat matematika
yang berhubungan dengan KPK
·
Mengidentifikasi soal cerita
kemudian menuliskan kalimat matematika
yang berhubungan dengan FPB
·
Secara kelompok menyelesaikan
soal cerita yang berhubungan dengan KPK
·
Secara kelompok menyelesaikan
soal cerita yang berhubungan dengan FPB
·
Secara kelompok memecahkan
masalah yang berhubungan dengan satuan kuantitas
·
Secara kelompok memecahkan
masalah yang berhubungan dengan desimal
·
Secara kelompok memecahkan
masalah yang berhubungan dengan persen
Penilaian
Unjuk kerja: ketika berdiskusi kelompok
Tertulis: Penguasaan konsep KPK dan FPB, satuan kuantitas,
decimal dan persen
|
6 JP
|
Buku tematik kelas
IV
|
Seni
Budaya dan Prakarya
Menyanyikan lagu
dengan gerak tangan dan badan sesuai dengan tinggi rendah nada. (KI 4)
|
·
Menyanyikan lagu anak-anak
·
Menggerakkan tangan dan badan sesuai tinggi rendah
nada
|
·
Mendengarkan lagu anak-anak dari kaset
·
Menghafal atau membaca syair lagu anak-anak
·
Menyanyikan lagu anak-anak dengan
senandung
·
Menyanyikan lagu anak-anak dengan gerak
tangan dan badan sesuai dengan tinggi rendah nada.
Penilaian
Unjuk kerja menyanyikan lagu anak-anak sesuai dengan gerak tangan dan
badan sesuai dengan tinggi rendah nada
|
6 jp
|
· Kaset/cd lagu anak-anak dan media lainnya
|
PENJASORKES
Mempraktikkan kombinasi pola gerak dominan
untuk membentuk keterampilan/ teknik dasar senam (seperti: hand stand,
kayang, dsb) dan kombinasi pola
gerak dominan posisi statis dan dinamis,
tumpuan dan gantungan (misalnya: gerak hand stand berpasangan) secara
berpasangan
Mempraktikkan pola gerak dasar berirama bertema budaya daerah yang sudah dikenal
yang dilandasi konsep gerak mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik
|
Memperagakan teknik dasar senam
Menyebutkan komponen
yang di kembangkan dalam gerak berirama
|
Memperagakan sikap kayang
berpasangan/bertiga
Mendiskusikan komponen gerak yang dikembangkan dalam gerak berirama
Penilaian:
Unjuk kerja : posisi kayang
Tertulis: menyebutkan
komponen gerak yang dikembangkan dalam gerak
berirama
|
4 JP
|
Matras
Buku Penjas
Pluit
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar