Pages - Menu

Jumat, 24 Oktober 2014

RPP PEMBELAJARAN 5



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Satuan Pendidikan             :           SDN CIBANGBAY
Kelas/Semester                  :           IV/1
Tema                                  :           Indahnya kebersamaan
Subtema                             :           Kebersamaan Budaya Bangsaku
Pembelajaran Ke                :           5hifg
Alokasi Waktu                     :           6 x 35 Menit


A.     Kompetensi Inti
KI 1
:
Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menunjukan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri dalam interaksinya dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya serta cinta tanah air
KI 3
:
Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, mahluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
KI 4
:
Menyajikan pengtahuan faktual dalam bahasa yang jelas sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berahlak mulia.

B.    Kompetensi Dasar dan Indikator
IPA
1.1      Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan komplekitas alam dan jagad raya terhadap keesaran Tuhan yn menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajara agama yang dianutnya.
2.1    Menunjukan perilaku ilmih (memiikirasaingn tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;tekun; hati-hati; bertanggung jawab;terbuka dan peduli likungan) dalam aktifitas
3.5    Memahami sifat-sifat bunyi melalui pengamatan dan keterkaitannya dengan indra pendengaran
4.4    Menyajikan hasil percobaan atau observasi tentang bunyi
Indikator:
     Menjelaskan perambatan sumber bunyi
     Membandingkan hasil percobaan perambatan bunyi melalui padat,
cair, dan gas
Matematika
2.1   menunjukan perilaku patuh, tertib dan mengikuti prosedur dalam melakukan operasi hitung capuran
3.6  Mengenal sudut siku-siku melalui pengamatan dan membandingkannya dengan sudut yang berbeda.
4.16  Merepresentasikan sudut lancip dan sudut tumpul dalam bangun datar.
Indikator
·         Membedakan segi banyak dan bukan segi banyak
·         Mengidentifikasi sudut-sudut yang dalam bangun datar dan mengukur besar sudutnya
Bahasa Indonesia
1.1       Meresapi makna  anugerah Tuhan yang maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai bahasa persatuan yang kokoh dan sarana belajar untuk  memperoleh ilmu pengetahuan.
2.2    memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab terhadap penggunaan alat teknologi modern dan tradisional, proses pembuatannya melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
2.3    memiliki perilaku santun dan jujur tentang jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
2.5    meiliki perilaku jujur  dan santun terhadap nilai peninggalan sejarah dan perkebangan Hindu-Budha di Indonesia melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
3.4    Menggali informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.4    Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Indikator:
·         Menemukan kosakata baku untuk mengganti kosakata tak baku dalam teks cerita.
·         Menulis cerita pengalaan engunjungi suatu tepat dengan pilihan kata yang tepat dan runtut.

C.    Tujuan Pembelajaran
1.    Setelah bereksplorasi dan berdiskusi, siswa mampu membedakan segi banyak dan bukan segi banyak.
2.    Setelah bereksplorasi, siswa mampu mengidentifikasi sudut-sudut yang ada dalam bangun datar dan mengukur besar sudutnya.
3.    Setelah membaca teks cerita, siswa mampu menemukan kosakata baku dan tak baku

D.    Materi Pembelajaran

2.    Mengidentifikasi sudut dan mengukur besar sudut.
3.    Kosakata kata baku dan tidak baku


E.     Metode dan Model Pembelajaran
Pendekatan       : scientific
Metode               : Diskusi kelompok, Praktik/Latihan dan             Penugasan
Model                  : Project Based Learning (PJBL),

F.     Media, Alat/bahan dan Sumber Belajar
  1. Media
-       Teks bacaan tentang jam gadang dan indahnya kota jam
-       Gambar-gambar bangun datar
  1. Alat/Bahan
-       Busur derajat
  1. Sumber belajar
-       Buku Guru kelas 4
-       Buku siswa kelas 4
-       Benda-benda di Lingkungan sekitar

G.    Langkah-langkah Pembelajaran

KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
1.    Membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama dipimpin oleh Ketua siswa
2.    Melakukan pembiasaan dengan membaca ayat suci Al-Quran bersama-sama guru dan siswa
3.    Mengkondisikan diri sendiri dan siswa supaya siap belajar dengan memeriksa kehadiran siswa, memeriksa kerapihan siswa, dan mengatur tempat duduk sesuai dengan model pembelajaran yang akan diterapkan
4.    Menyampaikan apersepsi yang berhubungan dengan materi pembelajaran akan dibahas sekarang melalui kegiatan tanya jawab, sebagai berikut :
·      Pernahkah kalian mendengar cerita tentang sebuah jam besar di Sumatra Barat ?
·      Bangun apa saja yang kalian lihat pada sisi jam gadang ?
·      Apakah kalian pernah berkunjung ke suatu tempat?
5.  Menyampaikan kompetensi yang harus dikuasai siswa yaitu membedakan bangun segi banyak dan bukan segi banyak, mengidentifikasi sudut dan mampu mengukur besar sudut, mengenal dan memahami makna kosakata baku dan tidak baku.
6.  Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilaksanakan.
15 menit





















Penutup
REFLEKSI
·         Guru memotivasi siswa dengan memberikan pertanyaan tentang jumlah sudut pada segi banyak.
·         Guru bersama siswa membuat kesimpulan tentang bangun segi banyak dan kosakata baku dan tidak baku.
·         Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan dengan cara mengajak siswa untuk merenungkan kembali, bertanya, selanjutnya meminta saran dan masukkan siswa berkaitan dengan pembelajaran yang telah dilakukan
·         Guru melakukan penilaian
·         Guru menyampaikan pesan moral untuk senantiasa bersikap kritis, mandiri, cermat, kreatif.
·         Guru mengucapkan salam dan doa penutup

165
Menit











Tidak ada komentar:

Posting Komentar