Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Satuan Pendidikan : SDN CIBANGBAY
Kelas/Semester : IV/1
Tema :
Indahnya kebersamaan
Subtema : Kebersamaan Dalam Keberagaman
Pembelajaran Ke : 1
Alokasi Waktu
:
6 x 35 Menit
A. Kompetensi
Inti
KI
1
|
:
|
Menerima,
menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
|
KI
2
|
:
|
Menunjukan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri
dalam interaksinya dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya serta cinta
tanah air
|
KI
3
|
:
|
Memahami
pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, mahluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat
bermain
|
KI
4
|
:
|
Menyajikan
pengtahuan faktual dalam bahasa yang jelas sistematis dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berahlak mulia.
|
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator
PPKn
1.2 Menghargai kebersaaan dala keberagaan sebagai anugerah
Tuhan yang aha Esa di lingkungan ruah, sekolah dan asyarakat.
2.4 Menunjukan perilaku bersatu sebagai wujud
keyakinan bahwa tepat tinggal dan lingkungannya sebagai bagian dari
wilayahNegara Kesatuan Republik Indonesi (NKRI).
3.4 Memahami
arti bersatu dalam keberagaman di ruah, sekolah dan masyarakat.
4.3 Bekerjasama dengan teman dalam keberagaan di
lingkungan rumah, sekolah,dan masyarakat.
Indikator
·
Menjelaskan makna bersatu
dalam keberagaman.
·
Menceritakan pengalaman
bermain dengan teman yang berbeda-beda.
Matematika
2.1 Menunjukan periaku patuh, tertib dan mengkuti prosedur dalam melakukan
operasi hitung campuran.
2.2 Menunjukan perilaku cermat
dan teliti dala melakukan tabulasi pengukuran panjang daun-daun atau
benda-benda lain menggunakan pembulatan (dinyatakan dalam cm terdekat).
3.11 Menemukan bangun segi banyak beraturan maupun tak beraturan yang
membentuk pola pengubinan melalui pengamatan.
4.4 Melakukan pengubinan menggunakan segi banyak beraturan tertentu.
Indikator:
·
Menemukan perbedaan antar
bangun segi banyak berdasarkan cirri-cirinya.
·
Membedakan rangkaian bangun
yang merupakan pengubinan dn bukan pengubinan.
·
Merancang pengubinan
menggunakan bangun segi banyak..
C.
Tujuan Pembelajaran
1.
Setelah mengamati gambar, membaca teks, dan berdiskusi, siswa
mampu menjelaskan makna bersatu, dalam keberagaman dengan rinci.
2.
Dengan diskusi, siswa apu enceritakan pengalaan bermain dengan
teman yang berbeda-beda dengan bahasa yang runtut.
3.
Setelah bereksplorasi dengan gabar, siswa mampu membedakan
antar bangun segi banyak berdasarkan cirri-cirinya dengan benar.
4.
Setelah mengamati contoh, siswa mampu merancang pengubinan
dengan teknik yang benar.
D. Materi
Pembelajaran
2. Bentuk geometri dan
pengubinan.
E. Metode
dan Model Pembelajaran
Pendekatan :
scientific
Metode :
ceramah, Diskusi kelompok, Praktik/Latihan dan Penugasan
Model :
Project Based Learning (PJBL),
F.
Media, Alat/bahan dan Sumber Belajar
- Media
-
Gambar
-
Berbagai
jenis bangun datar
- Alat/Bahan
-
Kertas
berpetak
-
Pensil
warna
- Sumber belajar
-
Buku
Guru kelas 4
-
Buku
siswa kelas 4
-
Benda-benda
di Lingkungan sekitar
G. Langkah-langkah Pembelajaran
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
Pendahuluan
|
1. Membuka
pembelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama dipimpin oleh Ketua
siswa
2. Melakukan
pembiasaan dengan membaca ayat suci Al-Quran bersama-sama guru dan siswa
3. Mengkondisikan
diri sendiri dan siswa supaya siap belajar dengan memeriksa kehadiran siswa,
memeriksa kerapihan siswa, dan mengatur tempat duduk sesuai dengan model
pembelajaran yang akan diterapkan
4. Menyampaikan
apersepsi yang berhubungan dengan materi pembelajaran akan dibahas sekarang
melalui kegiatan tanya jawab, sebagai berikut :
·
Apa yang sedang mereka
mainkan dallaam gambar tadi ?
·
Apakah perbedaan
menghalangi kita untuk berteman dan bermain bersama-sama?
·
Bagaimana sikap kalian
jika bermainn dengn teman yang berlainan suku?
5. Menyampaikan kompetensi
yang harus dikuasai siswa yaitu menceritakan pengalaman bermain, mengetahui
berbagai jenis bentuk geometri, serta mampu membuat dan membedakan
pengubinan.
6. Menyampaikan rencana
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
|
15 menit
|
Kegiatan
inti
|
PPKn
·
Guru meminta siswa untuk mengamati gambar dan membaca teks padabuku
siswa. (mengamati)
·
Siswa menjawab
pertanyaan-pertayaan yang ada pada buku siswa.
·
Siswa menceritakan pengalaman dan menuliskannya pada
buku.(mengkomunikasikan)
Matematika
·
Guru meminta siswa untuk mengamati gambar tentang bentuk-bentuk geometri
yang terdapat pada buku siswa. Mengamati)
·
Guru meminta siswa untuk emngelompokan mana yang termasuk pengubinan mana
yg bukan termasuk pengubinan.(mengumpulkan informasi)
·
Guru meminta siswa untuk
berdiskusi dengan kelompoknya untuk membuat bentuk pengubinan baru dari
gambar-gambar bangun datar yang guru siapkan.
·
Guru meminta siswa untuk menanyakan hal-hal yang belu mereka pahami.(menanya)
|
165
Menit
|
Penutup
|
REFLEKSI
·
Guru bersama siswa membuat kesimpulan tentang materi yang baru dipelajari
·
Bertanya jawab tentang materi yanmg telah dipelajariMelakukan refleksi terhadap kegiatan yang telah
dilaksanakan dengan cara mengajak siswa untuk merenungkan kembali, bertanya,
selanjutnya meminta saran dan masukkan siswa berkaitan dengan pembelajaran
yang telah dilakukan
·
Guru
melakukan penilaian
·
Guru menyampaikan
pesan moral untuk senantiasa bersikap kritis, mandiri, cermat, kreatif.
·
Guru
mengucapkan salam dan doa penutup
|
menit
|
H. Penilaian
1. Tekhnik
Penilaian
a. Penilaian
Sikap :
-
Menghargai.
-
teliti.
b. Penilaian
Pengetahuan :
-
Tes Tertulis.
c. Penilaian
Ketrampilan :
-
Unjuk Kerja
2. Bentuk
instrumen penilaian
a. Penilaian
sikap (menghargai, teliti)
Berilah
tanda centang (V) pamda kolo yang sesuai dengan sikap masing-masing siswa.
no
|
Nama siswa
|
Perubahan
tingkah laku
|
|||||||
menghargai
|
teliti
|
||||||||
|
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Penilaian
Pengetahuan .
2. Pengetahuan
Tes tertulis: Skor
a. Menjawab pertanyaan berdasarkan teks buku harian/buku
siswa yang ditulis
Jumlah Soal: 3 buah
Skor maksimal: 3
Skor setiap jawaban: 1
Kunci Jawaban :
- Disesuaikan dengan teks buku harian
yang ditulis siswa.
b. Menyebutkan bentuk-bentuk geometri dan menunjukan
pengubinan.
Jumlah soal: 10 buah
Skor maksimal: 100
Skor setiap jawaban: 10
Kunci jawaban :
a. Lingkaran f. jajar genjang
b. Persegi
panjang g.
trapesium
c. Segitiga h. belah ketupat
d. Persegi i. segi enam
e. Belah
ketupat j. segi enam
3. Keterampilan
a. Menceritakan
tentang pengalaman bermain
Rubik Diskusi (PPKn)
kriteria
|
Bagus sekali
|
cukup
|
Berlatih lagi
|
mendengarkan
|
Selalu mendengarkan teman
yang sedang berbicara
(3)
|
medengarkan teman yang
berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan.
(2)
|
Masih perlu diingatkan
untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara
(1)
|
Komunikasi non verbal
(kontak mata, bahasa tubuh, ekspresi wajah, suara)
|
Merespon dan menerapkan
komunikasi non verbal dengan tepat.
(3)
|
Merespons dengan tepat
terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukan teman.
(2)
|
Membutuhkan bantuan dalam
memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukan teman.
(1)
|
Partisipasi (menyampaikan
ide, perasaan,pikiran)
|
Ide gagasan menginspirsi
teman. Selalu mendukung dan meminpin saat diskusi.
Merespon seuai dengan
topik.
(3)
|
Merespon sesuai denn
topik.
Isi gagasan kurang
menispirasi teman.
(2)
|
Jarang berbiara selama
proses diskusi berlangsung.
(1)
|
Kerunutan berbiara
|
Menyampaikan pendapatnya
secara runtut dari awal hingga akhir.
(3)
|
Menyampaian pendapat
secara runtut, tetapi belum konsisten.
(2)
|
Masih perlu berlatih untuk
berbicara secara runtut.
(1)
|
b. Merancang
pengubinan dinilai dengan daftar periksa (matematika)
Rubik Penilaian Diri
|
||
Nama siswa : Kelas
:
|
||
|
Ya
|
Tidak
|
1. Pengubinanku
emmmmmemiliki lebih dari 6 bentuk geometri.
|
|
|
2. Pengubinanku
tertata rapi dan tidak berhimpitantar bentuk dan tidak memiliki ruang kosong.
|
|
|
3. Aku
menceritakan bentuk pengubinan kepada 2 teman.
|
|
|
Mengetahui Tasikmalaya,
Kepala Sekolah, Guru Kelas
MULYAMAH, S.Pd MARYANA,
S.Pd.I
NIP : 1960 1107 1982 04 2004
Tidak ada komentar:
Posting Komentar