Pages - Menu

Jumat, 24 Oktober 2014

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Satuan Pendidikan                        :           SDN CIBANGBAY
Kelas/Semester                  :           IV/1
Tema                                     :           Indahnya kebersamaan
Subtema                              :           Bersyukur atas Keberagaman
Pembelajaran Ke                :           1
Alokasi Waktu                     :           6 x 35 Menit


A.     Kompetensi Inti
KI 1
:
Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menunjukan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri dalam interaksinya dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya serta cinta tanah air
KI 3
:
Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, mahluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
KI 4
:
Menyajikan pengtahuan faktual dalam bahasa yang jelas sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berahlak mulia.

B.    Kompetensi Dasar dan Indikator
SBdP
1.1    Mengagumi ciri khas keindahan karya seni dan karya kreatif masing-masing daerah daerah sebagai anugerh Tuhan         .
2.1    Menunjukan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni.
2.2    Menujukan rasa ingin tahu dalam mengamati alamdilingkungan sekitar untuk endapatkan ide daam berkaryaseni
2.3    menunjukan prilaku mengenal sikap diiplin, tanggung jawab dan kpedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni
3.2    membedakan panjang pendek bunyi,dan tinggi-rendah nada dengan gerak tangan
4.5    Menyampaikan lagu dengan gerak tangan dan badan sesuai dengan tinggi-rendah nada.
.Indikator
·         lagu “yamke Rambe Yamko”dengan gerakan tangan dan menunjukan panjang-pendek dan tinggi-rendah nada/bunyi.
Matematika                                                                                                
1.1     






1.2      si hitung campuran.
2.2    Menunjukan  perilaku cermat dan teliti dala melakukan tabulasi pengukuran panjang daun-daun atau benda-benda lain menggunakan pembulatan (dinyatakan dalam cm terdekat).
3.11  Menemukan bangun segi banyak beraturan maupun tak beraturan yang membentuk pola pengubinan melalui pengamatan.
4.4    Melakukan pengubinan menggunakan segi banyak beraturan tertentu.
Indikator:
·         Menemukan perbedaan antar bangun segi banyak berdasarkan cirri-cirinya.
·         Membedakan rangkaian bangun yang merupakan pengubinan dn bukan pengubinan.
·         Merancang pengubinan menggunakan bangun segi banyak..

C.    Tujuan Pembelajaran
1.    Setelah mengamati gambar, membaca teks, dan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan makna bersatu, dalam keberagaman dengan rinci.
2.    Dengan diskusi, siswa apu enceritakan pengalaan bermain dengan teman yang berbeda-beda dengan bahasa yang runtut.
3.    Setelah bereksplorasi dengan gabar, siswa mampu membedakan antar bangun segi banyak berdasarkan cirri-cirinya dengan benar.
4.    Setelah mengamati contoh, siswa mampu merancang pengubinan dengan teknik yang benar.

D.    Materi Pembelajaran
2.    Bentuk geometri dan pengubinan.

E.     Metode dan Model Pembelajaran
Pendekatan       : scientific
Metode               : ceramah, Diskusi kelompok, Praktik/Latihan dan Penugasan
Model                  : Project Based Learning (PJBL),

F.     Media, Alat/bahan dan Sumber Belajar
  1. Media
-       Gambar
-       Berbagai jenis bangun datar
  1. Alat/Bahan
-       Kertas berpetak
-       Pensil warna
  1. Sumber belajar
-       Buku Guru kelas 4
-       Buku siswa kelas 4
-       Benda-benda di Lingkungan sekitar
G.    Langkah-langkah Pembelajaran
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
1.    Membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama dipimpin oleh Ketua siswa
2.    Melakukan pembiasaan dengan membaca ayat suci Al-Quran bersama-sama guru dan siswa
3.    Mengkondisikan diri sendiri dan siswa supaya siap belajar dengan memeriksa kehadiran siswa, memeriksa kerapihan siswa, dan mengatur tempat duduk sesuai dengan model pembelajaran yang akan diterapkan
4.    Menyampaikan apersepsi yang berhubungan dengan materi pembelajaran akan dibahas sekarang melalui kegiatan tanya jawab, sebagai berikut :
·      Apa yang sedang mereka mainkan dallaam gambar tadi ?
·      Apakah perbedaan menghalangi kita untuk berteman dan bermain bersama-sama?
·      Bagaimana sikap kalian jika bermainn dengn teman yang berlainan suku?
5.  Menyampaikan kompetensi yang harus dikuasai siswa yaitu menceritakan pengalaman bermain, mengetahui berbagai jenis bentuk geometri, serta mampu membuat dan membedakan pengubinan.
6.  Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilaksanakan.
15 menit

















Kegiatan inti
PPKn
·         Guru meminta siswa untuk mengamati gambar dan membaca teks padabuku siswa. (mengamati)
·          Siswa menjawab pertanyaan-pertayaan yang ada pada buku siswa.
·         Siswa menceritakan pengalaman dan menuliskannya pada buku.(mengkomunikasikan)
 Matematika
·         Guru meminta siswa untuk mengamati gambar tentang bentuk-bentuk geometri yang terdapat pada buku siswa. Mengamati)
·         Guru meminta siswa untuk emngelompokan mana yang termasuk pengubinan mana yg bukan termasuk pengubinan.(mengumpulkan informasi)
·          Guru meminta siswa untuk berdiskusi dengan kelompoknya untuk membuat bentuk pengubinan baru dari gambar-gambar bangun datar yang guru siapkan.
·         Guru meminta siswa untuk menanyakan hal-hal yang belu mereka pahami.(menanya)
165
Menit










Penutup
REFLEKSI
·         Guru bersama siswa membuat kesimpulan tentang materi yang baru dipelajari
·         Bertanya jawab tentang materi yanmg telah dipelajariMelakukan refleksi terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan dengan cara mengajak siswa untuk merenungkan kembali, bertanya, selanjutnya meminta saran dan masukkan siswa berkaitan dengan pembelajaran yang telah dilakukan
·         Guru melakukan penilaian
·         Guru menyampaikan pesan moral untuk senantiasa bersikap kritis, mandiri, cermat, kreatif.
·         Guru mengucapkan salam dan doa penutup
      menit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar