Pages - Menu

Sabtu, 08 Februari 2014

ABSTRAK

PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA
TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN SISWA
TENTANG KONSEP BANGUN RUANG POLIHEDRON

Oleh :
Tina Lisdianti

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar  belakangi oleh kurangnya memanfaatkan  alat peraga oleh guru dalam pembelajaran matematika, oleh sebab itu siswa kurang aktif di dalam pembelajaran sehingga pemahaman siswa menjadi kurang baik dan tidak sesuai yang diharapkan.  Alat peraga merupakan alat bantu untuk memperjelas suatu konsep supaya siswa memahamani konsep tersebut. Metode Penelitian yang digunakan adalah pre eksperimen dengan populasi siswa kelas IV SDN Kondangwangi di Kecamatan Padakembang Kabupaten Tasikmalaya yang berjumlah 18 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu pretes dan postes pada materi sifat-sifat bangun ruang kubus dan balok. Adapun tujuan dilakukan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa pada materi konsep bangun ruang polihedron dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan alat peraga, (2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga terhadap tingkat pemahaman siswa pada materi bangun ruang polihedron.   Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rata-rata pemahaman siswa tentang konsep bangun ruang polihedron pada pembelajaran sifat-sifat bangun ruang kubus dan balok dilihat dari skor pretes termasuk ke dalam kategori sedang dengan persentase sebesar 5,56%; (2) rata-rata pemahaman siswa tentang konsep bangun ruang polihedron pada pembelajaran sifat-sifat bangun ruang kubus dan balok dilihat dari skor postes termesuk ke dalam kategori tinggi dengan persentase mencapai 61,11%; (3) Penggunaan Alat Peraga mempengaruhi tingkat pemahaman siswa pada pembelajaran matematika tentang konsep bangun ruang polyhedron. Hal ini dibuktikan dengan perolehan persentasi rata-rata nilai postes lebih besar dari pretes. Mengenai perolehan uji t hitung < sig 0,000. Dengan berdasarkan nilai probabilitas ( Sig < 0,05), maka dapat disimpulkan Ho ditolak Hi diterima. Hal tersebut dibuktikan dengan interprestasi koefisien korelasi yang kuat. Dengan demikian maka pengaruh  penggunaan alat peraga terhadap tingkat pemahaman  siswa termasuk pada kriteria kuat.      

Kata Kunci : Alat peraga, tingkat pemahaman siswa.




EFFECT OF THE USE OF TOOLS FIGURE
UNDERSTANDING THE LEVEL STUDENTS
BUILD CONCEPT OF SPACE POLYHEDRON

By:
Tina Lisdianti

ABSTRACT

The research was motivated by the lack of utilizing props by the teacher in the learning of mathematics, and therefore less active in student learning so that students become less understanding of good and not as expected. Props is a tool to clarify a concept that students memahamani the concept. The research method used is pre experiment with a population of fourth grade students at SDN Kondangwangi Padakembang Tasikmalaya District, amounting to 18 students. The instrument used is the pretest and posttest on the material properties of the cube space and beams up. The objectives of this research are: (1) To determine the level of student understanding on the concept of material up polyhedron space in the learning of mathematics by using props, (2) To determine the effect of the use of props to the students' level of understanding of the material up space polyhedron. The results showed that: (1) an average of the students' understanding of the concept of polyhedron space in the wake of learning geometrical properties of cubes and blocks views of the pretest scores fall into the medium category with a percentage of 5.56%, (2) average average student understanding of geometrical concepts polyhedron in learning geometrical properties of cubes and blocks views from termesuk posttest score high in a category with the percentage reached 61.11%, (3) Usage Viewer tool affect students' level of comprehension in the learning of mathematics concepts up space polyhedron. This is evidenced by the percentage of average acquisition value greater than pretest posttest. Concerning the acquisition test t <0.000 sig. With the value based on probability (Sig <0.05), it can be concluded rejected Hi Ho received. This is evidenced by the strong correlation coefficient interpretation. Thus, the effect of the use of props to the students' level of understanding, including the strong criteria.

Keywords: Props, the level of student understanding.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar