PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA
TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN SISWA
TENTANG KONSEP BANGUN RUANG POLIHEDRON
Oleh :
Tina Lisdianti
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar
belakangi oleh kurangnya
memanfaatkan alat peraga oleh guru dalam
pembelajaran matematika, oleh sebab itu siswa kurang aktif di dalam
pembelajaran sehingga pemahaman siswa menjadi kurang baik dan tidak sesuai yang
diharapkan. Alat peraga merupakan alat
bantu untuk memperjelas suatu konsep supaya siswa memahamani konsep tersebut. Metode
Penelitian yang digunakan adalah pre eksperimen dengan populasi siswa kelas IV
SDN Kondangwangi di Kecamatan Padakembang Kabupaten Tasikmalaya yang berjumlah
18 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu pretes dan postes pada materi sifat-sifat
bangun ruang kubus dan balok. Adapun tujuan dilakukan penelitian ini adalah:
(1) Untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa pada materi konsep bangun ruang
polihedron dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan alat peraga, (2)
Untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga terhadap tingkat pemahaman
siswa pada materi bangun ruang polihedron.
Hasil penelitian menunjukkan
bahwa: (1) rata-rata pemahaman siswa tentang konsep bangun ruang polihedron
pada pembelajaran sifat-sifat bangun ruang kubus dan balok dilihat dari skor
pretes termasuk ke dalam kategori sedang dengan persentase sebesar 5,56%; (2)
rata-rata pemahaman siswa tentang konsep bangun ruang polihedron pada
pembelajaran sifat-sifat bangun ruang kubus dan balok dilihat dari skor postes
termesuk ke dalam kategori tinggi dengan persentase mencapai 61,11%; (3) Penggunaan
Alat Peraga mempengaruhi tingkat pemahaman siswa pada pembelajaran matematika
tentang konsep bangun ruang polyhedron. Hal ini dibuktikan dengan perolehan
persentasi rata-rata nilai postes lebih besar dari pretes. Mengenai perolehan
uji t hitung < sig 0,000. Dengan berdasarkan nilai probabilitas ( Sig <
0,05), maka dapat disimpulkan Ho ditolak Hi diterima. Hal
tersebut dibuktikan dengan interprestasi koefisien korelasi yang kuat. Dengan
demikian maka pengaruh penggunaan alat
peraga terhadap tingkat pemahaman siswa
termasuk pada kriteria kuat.
Kata Kunci : Alat peraga, tingkat pemahaman siswa.
EFFECT OF THE USE OF TOOLS FIGURE
UNDERSTANDING THE LEVEL STUDENTS
BUILD CONCEPT OF SPACE POLYHEDRON
UNDERSTANDING THE LEVEL STUDENTS
BUILD CONCEPT OF SPACE POLYHEDRON
By:
Tina Lisdianti
Tina Lisdianti
ABSTRACT
The research was
motivated by the lack of utilizing props by the teacher in the learning of
mathematics, and therefore less active in student learning so that students
become less understanding of good and not as expected. Props is a tool to
clarify a concept that students memahamani the concept. The research method
used is pre experiment with a population of fourth grade students at SDN
Kondangwangi Padakembang Tasikmalaya District, amounting to 18 students. The
instrument used is the pretest and posttest on the material properties of the
cube space and beams up. The objectives of this research are: (1) To determine
the level of student understanding on the concept of material up polyhedron
space in the learning of mathematics by using props, (2) To determine the
effect of the use of props to the students' level of understanding of the
material up space polyhedron. The results showed that: (1) an average of the
students' understanding of the concept of polyhedron space in the wake of
learning geometrical properties of cubes and blocks views of the pretest scores
fall into the medium category with a percentage of 5.56%, (2) average average
student understanding of geometrical concepts polyhedron in learning
geometrical properties of cubes and blocks views from termesuk posttest score
high in a category with the percentage reached 61.11%, (3) Usage Viewer tool
affect students' level of comprehension in the learning of mathematics concepts
up space polyhedron. This is evidenced by the percentage of average acquisition
value greater than pretest posttest. Concerning the acquisition test t
<0.000 sig. With the value based on probability (Sig <0.05), it can be
concluded rejected Hi Ho received. This is evidenced by the strong correlation
coefficient interpretation. Thus, the effect of the use of props to the
students' level of understanding, including the strong criteria.
Keywords: Props,
the level of student understanding.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar