Pages - Menu

Sabtu, 08 Februari 2014

ABSTRAK UNDANGAN

ABSTRAK

MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG KOPERASI MELALUI PENGGUNAAN TEKNIK SIMULASI

UNDANG SOFYUDIN
NIM 0905423


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman siswa pada pembelajaran IPS tentang materi mengenal koperas. Hal ini sebagai dampak dari kurangnya kreatifitas guru dalam menyajikan bahan ajar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan pemahaman siswa melalui penggunaan teknik simulasi di kelas IV SDN 1 Bojongmalang?, dengan tujuan  dari penelitian adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang materi mengenal koperas melalui penggunaan teknik simulasi di kelas IV SD Negeri 1 Bojongmalang. Model Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek dalam penelitian ini siswa sebanyak 13 dan seorang guru. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan kemampuan guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan criteria sangat baik, proses pembelajaran dan hasil belajar siswa sudah menunjukan adanya peningkatan atau sudah mencapai KKM 70. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik simulasi dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial tentang materi materi mengenal koperas dapat meningkatkan pemahaman siswa di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Bojongmalang.
Kata Kunci: Mengenal koperasi, teknik simulasi



Tidak ada komentar:

Posting Komentar