ABSTRAK
MENINGKATKAN
PEMAHAMAN SISWA TENTANG KOPERASI MELALUI PENGGUNAAN TEKNIK SIMULASI
UNDANG SOFYUDIN
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh
rendahnya pemahaman siswa pada pembelajaran IPS tentang materi mengenal
koperas. Hal ini sebagai dampak dari kurangnya kreatifitas guru dalam
menyajikan bahan ajar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
bagaimana meningkatkan pemahaman siswa melalui penggunaan teknik simulasi di
kelas IV SDN 1 Bojongmalang?, dengan tujuan dari penelitian adalah untuk meningkatkan
pemahaman siswa tentang materi mengenal koperas melalui penggunaan teknik
simulasi di kelas IV SD Negeri 1 Bojongmalang. Model Penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini adalah model penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek dalam penelitian ini siswa sebanyak 13 dan seorang guru.
Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan kemampuan guru dalam
menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan criteria sangat baik, proses pembelajaran dan hasil belajar
siswa sudah menunjukan adanya peningkatan atau sudah mencapai KKM 70. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik simulasi dalam pembelajaran Ilmu
Pengetahuan Sosial tentang materi materi mengenal koperas dapat meningkatkan pemahaman siswa di kelas IV
Sekolah Dasar Negeri 1 Bojongmalang.
Kata Kunci: Mengenal koperasi,
teknik simulasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar