Pages - Menu

Sabtu, 04 Oktober 2014

silabus

SILABUS Kelas II Tema 7 : Merawat Hewan dan Tumbuhan Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN TAHUN 2012 SILABUS KELAS: 2 TEMA: MERAWAT HEWAN DAN TUMBUHAN KOMPETENSI DASAR INDIKATOR KEGIATAN PEMBELAJARAN DAN PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR PPKn
 • Memiliki sikap dan berperilaku baik (jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli/kasih sayang, dan percaya diri) di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila. (KI2 – KD2
 • Menjelaskan cara menunjukan sikap kasih sayang terhadap anggota keluarga, guru dan teman
 • Menyebutkan contoh sikap kasih sayang terhadap keluarga, guru, dan teman
 • Menunjukan sikap kasih sayang terhadap keluarga, guru, dan teman Pada Tema ini pembelajaran dilaksanakan 4 minggu Pembelajaran Minggu Pertama
 • Memulai belajar dengan berdoa dengan penuh kehusuan, sikap duduk dan menengadahkan tangan
 • Mengulangi kembali secara bersama-sama lafal doa yang dibaca
 • Melalui pengamatan gambar peserta didik menceritakan sikap kasih sayang dan menuliskan contoh sikap kasih sayang terhadap keluarga, guru dan teman dengan mengisi tabel yang disediakan
 • Peserta didik menyampaikan pikiran kepada teman atau guru tentang cara merawat binatang dibantu dengan gambar cara merawat binatang
 • Peserta didik mengamati hewan dan tumbuhan di sekitar sekolah, kemudian peserta didik melakukan berbagai sikap sesuai dengan kepekaan masing-masing
• Peserta didik berimajinasi terhadap gerakan hewan dan tumbuhan
 • Peserta didik secara bersama-sama memperagakan gerakan-gerakan binatang dan tumbuhan yang ia amati
 • Peserta didik membagikan kertas gambar binatang kepada anggota kelompok sama banyak
 • Peserta didik secara individu membagi 12 gambar binatang kepada 4 anggota kelompok sama banyak
 • Peserta didik menulis kalimat matematika berdasarkan kegiatan di atas/kejadian sehari-hari
 • Peserta didik mempraktekan membagi gambar binatang kepada anggota kelompok secara acak dan berdiskusi apa itu termasuk pembagian?
 • Peserta didik membaca teks tentang merawat hewan dan tumbuhan dengan intonasi yang tepat
 • Peserta didik membacakan kembali isi kalimat yang dibacakan guru
 • Secara individu peserta didik membuat pertanyaan berdasarkan kalimat yang dibaca
 • Peserta didik menyiram tanaman dengan air secukupnya
 • Peserta didik dengan mengamati gambar hemat energy mempraktekan menggunakan listrik seperlunya, seperti mematikan lampu
 • Peserta didik mengucapkan kalimat sapaan, terima kasih dan maaf secara tepat dengan berdemontrasi di depan kelas
 • Peserta didik Mengisi kegiatan sehari-hari pada tabel yang berhungan dengan merawat hewan dan tumbuhan
 • Peserta didik dengan pengamatan terhadap lingkungan menuliskan nama tumbuhan dan hewan di lingkungan sekitar
• Di dalam kelompok peserta didik saling bercerita tentang kebutuhan hewan dan tumbuhan Penilaian 1. Tertulis 2. Lisan 3. Unjuk kerja 4. portofolio 35 menit X 30 JP X 4 Minggu 35 menit X 30 JP
 • Buku sumber/tambahan
 • Diri Anak
 • Teks doa
 • Lingkungan
 • Media Gambar berhubungan kasih sayang
 • Lingkungan sekitar sekolah
 • Tabel kegiatan sehari-hari
 • Gambar tentang binatang dan tumbuhan
• Kalimat sapaan, terima kasih, maa
f • Kertas Karton
• Rubrik penilai Bahasa Indonesia
 • Menerima Bahasa Indonesia sebagai anugrah Tuhan yang dapat digunakan untuk mempersatukan bangsa (KI 1-KD1)
 • Mendengarkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik untuk berdoa (sesuai agama yang dianutnya) di sekolah dan di rumah.(KI 1-KD2)
 • Mengucapkan doa dengan bahasa yang baik sesuai dengan agama yang dianutnya (KI 1-KD3)
 • Menyapa dan menyampaikan ucapan selamat, terima kasih atau permohonan maaf sesuai dengan konteksnya (KI 2-KD1)
 • Gemar menggali informasi melalui membaca dan mendengarkan dari sumber lain berdasarkan rasa ingin tahu (KI 2-KD2)
 • Berperilaku hemat energi dalam kehidupan sehari-hari (KI 2-KD3)
 • Menunjukkan kepedulian terhadap makhluk hidup dalam kehidupan sehari-hari (KI 2-KD4)
 • Membacakan kalimat sederhana dan puisi anak-anak (dengan lafal dan intonasi yang tepat) dan menjelaskan isi (KI 3_KD2)
 • Mendengarkan cerita tentang kegiatan sehari-hari, gambaran tentang alam sekitar, dan memahami isinya (KI 3-KD3)
 • Bercerita tentang pengalaman yang mengesankan (KI 4-KD1)
 • Berbicara spontan tentang diri sendiri dan keluarga (KI 4-KD3)
 • Memelihara hewan dan tumbuhan yang ada di lingkungan sekitar dan menceritakan pengalamannya (KI 4-KD4)
 • Mengamati keadaan dan kenampakan alam, aktivitas makhluk hidup (pada waktu siang dan malam hari) dan menanggapinya secara lisan dengan kalimat [(Seandainya saya _____, saya akan _______.”) berdasarkan hasil pengamatan)] (KI 4-KD6)
 • Menerapkan cara membaca (permulaan) dengan cara yang benar (cara duduk, jarak mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, memilih tempat dengan cahaya yang terang) (KI 4-KD8)
 • Menerapkan cara menulis (permulaan)dengan benar (cara duduk, cara memegang pensil, cara meletakkan buku, jarak mata dan buku, dan memilih tempat dengan cahaya yang terang) (KI 4-KD9)
 • Mulai terlihat senang menggunakan bahasa Indonesia dalam mengungkapkan pikirannya kepada teman, guru, orang tua, dan anggota keluarga
 • Mulai terlihat senang menggunakan bahasa Indonesia dalam mengungkapkan perasaannya kepada teman, guru, dan orang tua
 • Bersikap khusuk (menjaga keheningan) dalam mendengarkan doa
 • Mengambil sikap duduk atau berdiri dengan berdiam diri
 • Mencontoh kata-kata dalam doa yang didengar pada saat berdoa sendiri
 • Melafalkan kata-kata teks doa dengan jelas
 • Melafalkan kata-kata teks doa dengan intonasi yang sesuai
• Mengucapkan sapaan yang sesuai
 • Mengucapkan terima kasih secara tepat
 • Mengucapkan maaf secara tepat
 • Menanya sesuatu kepada orang lain
 • Mendengarkan penjelasan tentang sesuatu
 • Mencari informasi dari berbagai media
• Menggunakan air secukupnya
• Menutup kran air setelah digunakan
 • Menggunakan listrik seperlunya
 • Mematikan lampu bila tidak diperlukan
 • Menggunakan peralatan listrik yang berdaya rendah
 • Menggunakan bahan bakar seperlunya
 • Melafalkan kalimat dengan intonasi yang tepat
 • Menyebutkan kembali isi kalimat
 • Menyebutkan hal-hal menarik dari puisi
• Mengajukan pertanyaan berdasarkan kalimat yang dibaca
 • Mengajukan pertanyaan berdasarkan puisi yang dibacakan
• Menyebutkan kegiatan sehari-hari
 • Mengungkapkan keadaan alam sekitar (manusia, benda, binatang, tumbuhan, suasana) yang diamati • Mengajukan pertanyaan berdasarkan cerita yang diperdengarkan Menjawab pertanyaan yang diajukan berdasarkan cerita yang diperdengarkan
 • Memilih peristiwa yang akan diceritakan (di rumah, di jalan, di sekolah, di tempat wisata)
 • Mencertaikan pengalaman yang menyenangkan
• Menceritakan pengalam yang tidak menyenangkan
 • Mengemukakan hal-hal yang diminta secara runut
 • Mengemukakan nkejadian yang dialami secara lancar
 • Melafalkan kata dengan artikulasi yang jelas
 • Menyebutkan nama tumbuhan dan hewan yang ada di lingkungan sekitar
 • Menceritakan kebutuhan tumbuhan dan hewan, misalnya makanan dan air
• Menyiram atau memupuk tumbuhan
 • Memberi makan hewan peliharaan
 • Menceritakan akibat bila tumbuhan tidak disiram dalam waktu lama
 • Menceritakan akibat bila hewan tidak diberi makan dalam waktu lama
 • Menggambar tumuhan atau hewan
• Membedakan keadaan alam (cahaya dan suhu) pada waktu siang dan malam hari
 • Menceritakan aktifitas siswa pada siang waktu dan malam hari
 • Membedakan aktifitas makhluk hidup pada waktu siang dan malam hari.
 • Menyebutkan nama-nama kenampakan alam seperti gunung, sungai, pantai, teluk, sawah, hutan yang ada di lingkungan tempat tinggla dan sekolah
 • Bercerita tentang kelestarian alam yang berada di lingkungan tempat tinggal dan sekolah
 • Berposisi duduk secara benar
 • Meletakkan bacaan dengan jarak mata yang benar
 • Memegang teks bacaan dengan tepat
 • Membalik halaman buku dengan benar
 • Memilih tempat membaca dengan cahaya yang terang
 • Berposisi duduk secara benar
 • Meletakkan buku dengan jarak mata yang benar
 • Memegang alat tulis dengan tepat
 • Memilih tempat menulis dengan cahaya yang terang
 • Merangkai huruf menjadi kata dan kalimat Pembelajaran minggu kedua
 • Memulai belajar dengan berdoa dengan penuh kehusuan, sikap duduk dan menengadahkan tangan
 • Mengulangi kembali secara bersama-sama lafal doa yang dibaca
 • Peserta didik di bagi dua kelompok kemudian bernyanyi tentang lagu “sedang apa, sedang apa, sedang apa sekarang, sekarang sedang apa, sedang apa sekarang?
 • Pesrrta didik dibagi kelompok dan diberi tugas untuk bertanya kepada orang di sekitar sekolah tentang hemat energy, menggunakan peralatan listrik yang berdaya rendah dan menggunakan bahan bakar seperlunya
• Setelah melakukan kegiatan bertanya kepada orang lain peserta didik memilih peristiwa yang akan diceritakan
 • Peserta didik menceritakan pengalaman yang menyenangkan saat bertanya kepada orang di sekitar sekolah
 • Peserta didik menceritakan pengalaman yang tidakmenyenangkan saat bertanya kepada orang di sekitar sekolah
 • Peserta didik mempraktekan menaksir pengukuran benda-benda yang ada di dalam kelas
 • Peserta didik secara individu mengukur benda-benda di dalam kelas dengan ukuran baku dan tidak baku
 • Peserta didik di dalam kelompok gerakan binatang atau hewan
 • Peserta didik melakukan gerakan hewan sesuai dengan urutan tertentu
 • Peserta didik melakukan kegiatan mengukur berat benda dengan alat ukur dan menuliskan hasil pada tabel
 • Peserta didik mengurutkan benda dari yang ringan ke yang berat dan menuliskannya pada tabel
 • Peserta didik melaporkan hasil dari tabel pengukuran berat secara runtut
 • Peserta didik menyampaikan kejadian yang dialami saat mengerjakan tugas tabel pengukuran berat dengan lafal dan artikulasi Penilaian 1. Tertulis 2. Lisan 3. Unjuk kerja 4. Portofolio5. 35 menit X 30 JP
 • Buku sumber/tambahan
 • Diri Anak
 • Teks doa
 • Lingkungan
 • Lingkungan sekitar sekolah
 • Tabel kegiatan penguran panjang dan berat
 • Gambar tentang binatang dan tumbuhan
 • Kalimat sapaan, terima kasih, maaf
 • Kertas Karton Rubrik penilaian
 •
 • Matematika
 • Menunjukkan perilaku adil dalam membagikan sejumlah benda kepada beberapa orang dalam menerapkan konsep pembagian (ki 2-KD3
 • Menentukan nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana (ki 3-KD7)
 • Menyatakan suatu bilangan asli sebagai hasil penjumlahan , pengurangan, perkalian atau pembagian dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban (ki 4-KD 1
 • Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri , menyatakan kalimat matematika dan memecahkan masalah dengan efektif dari masalah yang berkaitan dengan penjumlahan,pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda dan uang terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya (KI 4-KD2)  Membagi sejumlah benda kepada beberapa orang secara adil  Menulis model/kalimat matematika dari kegiatan/kejadian sehari-hari yang berkaitan dengan pembagian bilangan  Menunjukkan dengan praktek/contoh memberi sejumlah benda kepada beberapa orang secara tidak merata tidak bisa dituliskan dalam bentuk pembagian  Menyebut/membaca pembagian dua bilangan  Menghitung hasil pembagian bilangan
 • Membaca hasil pengukuran panjang atau berat benda dengan penaksiran yang tepat
. • Mengukur panjang berbagai benda dengan alat ukur baku dan tidak baku dan menuliskan hasilnya ke dalam tabel
 • Mengukur berat berbagai benda dengan alat ukur berat dan menuliskan hasilnya ke dalam tabel  Menentukan nilai terkecil atau terbesar dari pengukuran berbagai berat benda, panjang benda dan jarak berbagai tempat dari suatu tempat
 • Menentukan berbagai pasangan bilangan dengan jumlah tertentu
 • Menentukan berbagai pasangan bilangan dengan hasilkali tertentu
 • Menentukan berbagai pasangan bilangan dengan selisih tertentu
 • Menentukan berbagai pasangan bilangan dengan hasilbagi tertentu
 • Membentuk penjumlahan dengan hasil terbesar atau terkecil dari angka-angka dan simbol operasi yang diberikan
• Membentuk pengurangan dengan hasil terbesar atau terkecil dari angka-angka dan simbol operasi yang diberikan  Menceritakan kembali masalah sehari-hari yang sederhana dan berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang benda, jarak suatu tempat, berat benda, atau penggunaan uang  Menggambarkan masalah sehari-hari yang sederhana dan berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang benda, jarak suatu tempat, berat benda, atau penggunaan uang  Menulis model/kalimat matematika dari masalah sehari-hari yang sederhana dan berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang benda, jarak suatu tempat, berat benda, atau penggunaan uang  Menentukan penyelesaian dari kalimat matematika dan masalah sehari-hari yang sederhana dan berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang benda, jarak suatu tempat, berat benda, atau penggunaan uang Pertemuan pembelajaran minggu ketiga
 • Peserta didik memulai pembelajaran dengan berdoa penuh kekhusuan dengan sikap duduk dan menengadahkan tangan
 • Peserta didik dengan mengamati gambar kenampakan alam menyebutkan nama-nama kenampakan alam melalui
 • Peserta didik di dalam kelompok bercerita tentang melestarikan alam yang berada di lingkungan tempat tinggal dan sekolah
 • Peserta didik melakukan permainan mencari pasangan bilangan sesuai dengan jumlah tertentu
 • Peserta didik menyelesaikan lembar kerja mencari pasangan bilangan sesuai dengan jumlah tertentu
 • Peserta didik menyelesaikan penjumlahan dan pengurangan dengan hasil terbesar atau terkecil dari angka-angka dan symbol operasi yang diberikan
 • Peserta didik secara bersama-sama menyanyikan lagu yang berhubungan dengan binatang dan tumbuhan melalui pola iarama lagu birama tiga, pola variasi dan pola irama rata-rata dengan alat music ritmis
 • Peserta didik mempraktekan cara megang pensil dengan posisi duduk yang benar, memegang teks bacaan yang tepat, membalikan halaman buku dengan benar
 • Peserta didik membacakan puisi yang berhubungan dengan hewan dan tumbuhan
• Peserta didik membacakan hal-hal penting dari puisi tersebut
 • Peserta didik mengajukan pertanyaan dari puisi yang dibacakan Penilaian 1. Tertulis 2. Lisan 3. Unjuk kerja 4. portofolio 35 menit x 30 JP
• Buku sumber/tambahan
 • Diri Anak
• Teks puisi
 • Lingkungan sekitar sekolah
• Tabel kegiatan penguran panjang dan berat
 • Gambar teknik memegang pensil yang tepat
 • Gambar tentang kenampakan alam Seni Budaya dan prakarya  Menikmati keindahan karya seni dan lingkungan sekitar sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan (KI-1,KD-1)
 • Menunjukkan percaya diri untuk mengekspresikan diri dalam berkarya, bernyanyi, dan menari (KI-2,KD-1)
• Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai ide untuk berkarya (KI-2, KD-2
) • Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis (KI-3, KD-2)
 • Membedakan aneka jenis benda bahan alam yang dapat dimanfaatkan sebagai karya kreatif dan olahan makanan (KI-3, KD-4)
 • Menirukan gerak binatang dengan mengamati secara langsung atau media rekam menggunakan tempo cepat, sedang, lambat (KI-4, KD-9)
 • Melakukan gerak binatang dengan mengamati secara langsung atau media rekam menggunakan tempo cepat, sedang,lambat. (KI-4, KD-10)
 • Memiliki kepekaan kasih sayang terhadap hewan dan tumbuhan hasil ciptaan Tuhan
 • Mendeskripsikan kasih sayang terhadap hewan dan tumbuhan dan karya seni sebagai anugerah Tuhan
 • Memperagakan gerak binatang berdasarkan hasil pengamatan dengan percaya diri
 • Melakukan gerak binatang sesuai dengan langkah-langkah atau urutan yang telah ditentukan
 • Memperagakan gerak binatang berdasarkan hasil pengamatan dengan percaya diri
 • Melakukan gerak binatang sesuai dengan langkah-langkah atau urutan yang telah ditentukan
 • Mengidentifikasi gerak binatang yang terkait dengan tari
 • Mengidentifikasi gerak binatang dengan menggunakan tempo gerak
 • Menirukan gerak binatang
 • Memperagakan gerak binatang berdasarkan hasil pengamatan dengan percaya diri
 • Melakukan gerak binatang dengan menggunakan tempo, cepat, sedang Pendidikan jasmani dan Orkes • Menghargai tubuh sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai (KI 1-KD 1)
 • Menunjukkan perilaku percaya diri dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan yang menyenangkan.( KI 2 KD 1)
 • Menunjukkan kemauan kerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan yang menyenangkan (KI 2 – KD 2)
 • Memiliki perilaku hidup sehat (KI 2-KD3)
 • Mempraktikkan variasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional (KI 4-KD1)
 • Mempraktikkan aktivitas jasmani untuk pengembangan kecepatan, kelenturan dan kekuatan melalui permainan (Ki 4-KD5)
 •
 • Mempraktikkan variasi gerak berjalan berirama
• Mempraktikan variasi gerak melenggok berirama
 • Mempraktikkan variasi gerak mengayun berirama Pertemuan Minggu Keempat
• Peserta didik memulai pembelajaran dengan berdoa penuh kekhusuan
 • Melafalkan doa dengan lafal dan intonasi yang tepat
 • Dengan mengamati gambar peserta didik mencatat cara-cara memelihara hewan dan tumbuhan
 • Peserta didik mempratekan menyiram dan memupuk tumbuhan
• Peserta didik member makan hewan di sekitar sekolah  Peserta didik Menceritakan kembali masalah sehari-hari yang sederhana dan berkaitan dengan perkalian, pembagian, waktu, panjang benda, jarak suatu tempat, berat benda, atau penggunaan uang  Peserta didik menggambarkan masalah sehari-hari yang sederhana dan berkaitan dengan perkalian, pembagian, waktu, panjang benda, jarak suatu tempat, berat benda, atau penggunaan uang  Peserta didik menulis model/kalimat matematika dari masalah sehari-hari yang sederhana dan berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang benda, jarak suatu tempat, berat benda, atau penggunaan uang
 • Peserta didik menentukan penyelesaian dari kalimat matematika dan masalah sehari-hari yang sederhana dan berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang benda, jarak suatu tempat, berat benda, atau penggunaan uang
 • Peserta didik menuliskan gerak binatang yang berhubungan dengan tari
 • Peserta didik menuliskan gerak binatang dengan menggunakan tempo gerak
 • Peserta didik menirukan gerak binatang yang diamati
 • Peserta didik memperagakan gerak binatang berdasarkan hasil penagamatan
 • Peserta didik memperagakan gerak binatang dengan menggunakan tempo cepat, sedang, dan lambat Penilaian 1. Tertulis 2. Lisan 3. Unjuk kerja 4. portofolio 35 x 30 JP
• Buku sumber/tambahan
 • Diri Anak
 • Teks doa
 • Lingkungan
• Lingkungan sekitar sekolah
 • Gambar tentang binatang dan tumbuhan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar