MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
TENTANG PERILAKU MASYARAKAT DAN PERISTIWA ALAM MELALUI METODE KERJA KELOMPOK
(Penelitian Tindakan Kelas pada
Mata Pelajaran IPS di Kelas IV MI Jodang
Kec. Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya
Oleh
LILIS SUPARTINI
NIM 0904725
Pembimbing I, :
Sadjaruddin Nurdin
Pembimbing I :
Rosarina Giyartini
ABSTRAK
“Meningkatkan hasil belajar siswa Tentang
perilaku masyarakat dan peristiwa alam melalui
metode kerja kelompok. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: 1) Meningkatkan
kemampuan guru dalam menyusun perencanaan pembelajaran pada mata pelajaran IPS
dengan menggunakan metode kerja kelompok 2) Meningkatkan proses pelaksanaan
pembelajaran IPS dengan menggunakan metode kerja kelompok untuk meningkatkan
hasil belajar siswa tentang materi perilaku masyarakat dan peristiwa alam di
kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Jodang Kec. Karangnunggal Kabupaten Tasikmalay 3) meningkatkan
hasil belajar siswa tentang materi di kelas IV MI Jodang Kec. Karangnunggal
Kabupaten Tasikmalaya. Subyek
dalam penelitian ini siswa yang
berjumlah 27 orang dan guru kelas IV MI
Jodang. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK),
model PTK yang digunakan adalah model Kemmis & Mc Taggart. Adapun perolehan hasil dari tindakan kemampuan guru dalam membuat RPP, pada siklus 1 mencapai rata-rata 85 % dengan baik, pada siklus 2 mencapai rata-rata 96 % dengan kategori
sangat baik. Kemampuan
guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus 1 sebesar 82 %, dan pada siklus II mencapai 97%. Aktivitas siswa pada siklus 1 hasil kinerja siswa
sebagai berikut: menceritakan isi soal cerita 56%, dan pada siklus 2 sebesar
91,25%. mengenai hasil belajar perolehan
nilai pada siklus 1 sebesar 68 pada siklus 2 mengalami kenaikan menjadi 77,78
dikatakan berhsil karean sudah mencapai KKM yang ditetntukan sebesar 70. Dengan
demikian proses pelaksanaan pembelajran melalui metode kerja kelompok dapat
meningkatkan hasil belajar siswa.
http://acepmiftahudin.blogspot.com/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar