KISI-KISI INSTRUMEN SOAL
Standar Kompetensi : Memahami Sifat-sifat Bangun dan Hubungan antar Bangun
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi Sifat-sifat Bangun Ruang
Materi Pokok : Sifat-sifat Bangun Ruang
No
|
Indikator
|
Nomor Pertanyaan
|
1
|
Mengidentifikasi sifat-sifat Prisma
|
2, 4, 5
|
2
|
Mengidentifikasi sifai-sifat limas
|
1, 3, 4
|
INSTRUMEN SOAL
NAMA : ...................................................
NO ABSEN : ...................................................
1.
| |||
T.ABCD berupa limas segi empat beraturan, tentukan!
a. Berapa banyak sisi limas T.ABCD?
b. Sebutkan sisi-sisi tersebut!
......................................................................................................................
c. Sebutkan rusuk-rusuk yang membentuk limas T.ABCD!
......................................................................................................................
d. Sebutkan rusuk-rusuk tegaknya!
......................................................................................................................
2.
Perhatikan gambar bangun ruang di samping!
a. Bentuk bangun ruang adalah .....
b. Banyak rusuk ada .....
c. Banyak titik sudut ada .....
d. Banyak sisi ada .....
3. Jika suatu bangun ruang memiliki 4 sisi, maka :
a. Bentuk bangun ruang adalah .....
b. Banyak rusuknya ada .....
c. Banyak titik sudutnya ada .....
d. Gambar bangun ruang tersebut!
4.
|
Perhatikan gambar di samping!
Tentukan :
a. Berapa banyak rusuknya?
b.
|
|
Berapa banyak titik sudutnya?
c. Berapa banyak sisinya?
d.
|
|
|
|
|
|
Bentuk bangun ruang yang ada pada gambar di samping adalah ....................................................................
5.
Perhatikan gambar di atas!
Tentukan :
a. Banyak sisi ada .....
b. Banyak sisi-sisi tegaknya ada.....
c. Rusuk yang sejajar dengan LK adalah .....
d. Rusuk yang sejajar dengan JK adalah .....
KUNCI JAWABAN DAN PENSKORAN INSTRUMEN
Butir Soal
|
Kunci Jawaban
|
Kriteria Jawaban Siswa
|
Skor
|
Jumlah skor jawaban benar
|
Skor Total
|
(a)
|
(b)
|
(c)
|
(d)
|
(e)
|
(f)
|
1
|
1a. 5
|
- jawaban Benar
- jawaban Salah
|
1
0
|
10
|
(10 x 2) = 20
|
1b. ABCD, TAB, TBC, TCD, TDA
(Peletakan huruf bisa tidak sesuai,
Contoh : ABCD bisa DCBA atau TBC bisa TCB)
|
- Jawaban benar dan lengkap
- Jawaban kurang lengkap, siswa hanya menjawab 4 atau 3.
Contoh :
TAB, TBC, TCD, TDA atau ABCD, TAB, TBC.
- Jawaban kurang lengkap, siswa hanya menjawab 2 atau 1.
Contoh :
TBC, TCD atau TAB.
- Jawaban salah
|
3
2
1
0
| |||
1c. AB, BC, CD, DA, TA, TB, TC, TD
( Peletakan huruf bisa tidak sesuai)
|
- Jawaban benar dan lengkap
- Jawaban kurang lengkap, siswa hanya menjawab 7 atau 6 atau 5 atau 4.
Contoh :
AB, BC, CD, DA, TA, TB, TC atau CD, DA, TA, TB, TC, TD atau TA, TB, TC, TD.
- Jawaban kurang lengkap, siswa hanya menjawab 3 atau 2 atau 1.
Contoh :
AB, BC, CD atau AB, BC atai AB.
- Jawaban salah
|
3
2
1
0
| |||
1d. TA, TB, TC, TD
(Peletakan huruf bisa tidak sesuai)
|
- Jawaban benar dan lengkap
- Jawaban kurang lengkap, siswa hanya 3 atau 2.
Contoh :
TA, TB atau TB
- Jawaban kurang lengkap, siswa hanya menjawab 1.
Contoh :
TD atau TA atau TC
- Jawaban salah
|
3
2
1
0
| |||
2
|
2a. Prisma Segilima
|
- Jawaban benar dan lengkap
- Jawaban kurang lengkap
- Jawaban salah
|
2,5
1
0
|
10
|
(10 x 2) = 20
|
2b. 15
|
- Jawaban benar
- Jawaban salah
|
2,5
0
| |||
2c. 10
|
- Jawaban benar
- Jawaban salah
|
2,5
0
| |||
2d. 7
|
- Jawaban benar
- Jawaban salah
|
2,5
0
|
(a)
|
(b)
|
(c)
|
(d)
|
(e)
|
(f)
| |||
3
|
3a. Limas segitiga
|
- Jawaban benar dan lengkap
- Jawaban kurang lengkap
- Jawaban salah
|
2
1
0
|
10
|
(10 x 2) = 20
| |||
3b. 6
|
- Jawaban benar
- Jawaban salah
|
2
0
| ||||||
3c. 4
|
- Jawaban benar
- Jawaban salah
|
2
0
| ||||||
3d.
Atau
Atau
(ket : gambar bisa terbalik)
|
- Jawaban benar
- Jawaban salah
|
4
0
| ||||||
4
|
4a. 16
|
- Jawaban benar
- Jawaban salah
|
2
0
|
10
|
(10 x 2) = 20
| |||
4b. 9
|
- Jawaban benar
- Jawaban salah
|
2
0
| ||||||
4c. 9
|
- Jawaban benar
- Jawaban salah
|
2
0
| ||||||
4d. limas segi empat dan prisma segi empat.
|
- Jawaban benar dan lengkap
- Jawaban kurang lengkap
- Jawaban salah
|
4
2
0
| ||||||
5
|
5a. 5
|
- Jawaban benar
- Jawaban salah
|
2
0
|
10
|
(2 x 10) = 20
| |||
5b. 3
|
- Jawaban benar
- Jawaban salah
|
2
0
| ||||||
5c. IJ dan MN
( Peletakan huruf bisa tidak sesuai,
Contoh : IJ jadi JI )
|
- Jawaban benar dan lengkap
- Jawaban kurang lengkap
- Jawaban salah
|
4
2
0
| ||||||
5d. IL atau LI
|
- Jawaban benar
- Jawaban salah
|
2
0
| ||||||
Jumalah Skor Total
|
100
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 1
Nama Sekolah : SD Negeri Gunungpereng 2
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V/2
Alokasi Waktu : 2x35 menit
A. Standar Kompetensi
6. Memahami Sifat-sifat Bangun dan Hubungan antar Bangun
B. Kompetensi Dasar
6.2 Mengidentifikasi Sifat-sifat Bangun Ruang
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
Mengidentifikasi Sifat-sifat Prisma
D. Tujuan Pembelajaran
Melalui komunikasi siswa dapat mengidentifikasi sifat-sifat prisma secara teliti dan tepat.
v Karakter yang diharapkan
- Religius
- Ketelitian
- Ketekunan
- Kerjasama
- Disiplin
E. Materi Pokok
Sifat-sifat Prisma
1. Memiliki alas yang berbentuk segi banyak (segi tiga, segi 4, . . ., segi n)
2. Prisma terdiri atas sisi alas dan sisi atas yang sejajar serta bentuk dan ukurannya sama.
3. Sisi-sisi tegak prisma selalu berbentuk segi empat.
4. Nama prisma disesuaikan dengan bentuk alas.
5. Memiliki bidang sisi, rusuk dan titik sudut.
F. Strategi Pembelajaran
Model : Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together (NHT)
Pendekatan : Konstruktivisme
Metode : Ceramah, Tanya jawab, Demonstrasi, Diskusi, Pemberian tugas
G. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
- Guru mengawali pembelajaran dengan memberi salam, berdoa, dan memeriksa kehadiran siswa.
- Guru mengkondisikan siswa agar siap belajar untuk melatih disiplin belajar siswa.
- Melakukan apersepsi
- Menyampaikan tujuan pembelajaran untuk memotivasi belajar siswa.
2. Kegiatan Inti
· Eksplorasi
- Guru menunjukan model prisma.
- Guru bertanya kepada siswa mengenai sifat-sifat prisma.
· Elaborasi
- Guru memberikan penjelasan mengenai sifat-sifat prisma melalui model prisma.
- Guru memberikan penjelasan mengenai sifat-sifat prisma melalui gambar prisma.
- Siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri dari 4-5 siswa dan setiap anggota kelompok diberi nomor antara 1 sampai 5 (Penomoran/Numbering).
- Siswa diberi Lembar Kerja Siswa (LKS) oleh guru untuk dikerjakan bersama kelompoknya (Pengajuan Pertanyaan atau Permasalahan/Questioning).
- Siswa mengerjakan LKS yang diberikan guru secara berkelompok untuk memutuskan jawaban yang dianggap paling benar dan memastikan setiap anggota kelompok mengetahui jawabannya (Berpikir Bersama/Heads Together).
- Guru membimbing siswa mengerjakan LKS.
- Guru memanggil salah satu nomor dari kelompok tertentu, untuk menjawab pertanyaan atau mempersentasikan hasil kerja sama dengan kelompoknya (Pemberian Jawaban /Answering).
- Guru memberikan reward bagi siswa yang menjawab benar.
- Guru memberikan kesempatan kepada nomor yang sama dari kelompok lain untuk menanggapi jawaban yang diberikan.
· Konfirmasi
- Siswa dan guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa mengenai sifat-sifat prisma.
- Siswa bersama guru bertanya jawab meluruskan kesalahpahaman mengenai materi yang telah diajarkan.
- Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan terhadap keberhasilan siswa.
3. Kegiatan Penutup
- Siswa bersama guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
- Mengumpulkan LKS
- Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
- Guru memberikan tindak lanjut dengan memberikan saran kepada siswa untuk mempelajari materi yang telah diajarkan di rumah.
H. Media dan Sumber Belajar
· Sumber Buku Acuan
- Soenarjo. (2007). Matematika 5 untuk SD dan MI kelas 5. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
- Sumanto, et al. (2008). Gemar Matematika 5 untuk kelas 5 SD/MI. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
· Media
- Model prisma
- Gambar prisma
I. Penilaian
Teknik Tes : Tes Tertulis
Bentuk Instrumen : Isian
Instrument (terlampir)
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
| |
Kerjasama
|
Partisipasi
| |||||
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
|
Lampiran 1
Ringkasan Materi
Sifat-sifat Prisma, yaitu :
1. Prisma terdiri atas sisi alas dan sisi atas yang sejajar serta bentuk dan ukurannya sama.
2. Sisi-sisi tegak prisma selalu berbentuk segi empat.
3. Nama prisma disesuaikan dengan bentuk alas.
4. Memiliki tinggi yang merupakan jarak antara sisi alas dan sisi atas.
5. Memiliki bidang sisi, rusuk dan titik sudut.
|
|
| |||||||||||||
|
LEMBAR KERJA SISWA
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : (Lima)/ 2 (Dua)
Alokasi Waktu : 20 menit
Materi Pokok : Mengidentifikasi Sifat-sifat Prisma
Kelompok :_____________
|
Petunjuk:
a. Bergabunglah dengan masing-masing kelompok!
b. Mulailah dengan membaca “Bismillah”sebelum kegiatan dimulai!
c. Kerjakan sesuai dengan petunjuk!
|
1.
Perhatikan gambar di atas!
a. Gambar di atas merupakan bentuk . . . . .
b. Prisma memiliki alas yang bebentuk segi banyak
c. Prisma terdiri atas sisi atas dan sisi . . . . yang sejajar serta bentuk dan ukurannya sama.
d. Prisma terdiri atas sisi-sisi tegak yang berbentuk segi . . . . .
2. Perhatikan gambar di samping!
a.
Alasnya berbentuk . . . . . . . . . . . . . . . . . . sehingga gambar di samping berbentuk prisma . . . . .
b. Banyak sisinya ada . . . . terdiri dari 2 segitiga dan . . . . segiempat.
3. Perhatikan gambar di samping!
a.
Alasnya berbentuk . . . . . . . . . . . . . . . . . . sehingga gambar di samping berbentuk prisma . . . . .
b. Banyak sisinya ada . . . . terdiri dari 2 segilima dan . . . . segiempat
4.
Perhatikan gambar di samping!
a. Bentuk bangun ruang di samping adalah prisma . . . . .
b. Banyak sisinya ada 5 yaitu ABC, ACFD, . . . . .
Banyak sisi tegaknya ada . . . . yaitu ABED, BEFC, dan . . . . .
c. Banyak rusuknya ada . . . . yaitu AB, AD, DF, . . . . .
Banyak rusuk tegaknya ada . . . . yaitu AD, . . . . .
Rusuk yang sejajar dengan AB yaitu DE
Rusuk yang sejajar dengan BC yaitu EF
Rusuk yang sejajar dengan AC yaitu . . . . .
Rusuk yang sejajar dengan AD yaitu . . . . .
d. Banyak titik sudutnya ada . . . . yaitu A, . . . . .
5.
Perhatikan gambar di atas!
a. Bentuk bangun ruang di atas adalah . . . . .
b. Banyak sisinya ada . . . . yaitu . . . . .
Banyak sisi tegaknya ada . . . . yaitu KLQP, KOTP, . . . . .
c. Banyak rusuknya ada . . . . yaitu . . . . .
Banyak rusuk tegaknya ada 5 yaitu . . . . .
Rusuk yang sejajar dengan KL yaitu PQ
Rusuk yang sejajar dengan LM yaitu . . . . .
Rusuk yang sejajar dengan LQ yaitu . . . . .
d. Banyak titik sudutnya ada . . . . . yaitu . . . . .
6. Jika suatu bangun ruang memiliki sisi 5 dan rusuk 9 maka :
a. Bentuk bangun ruang tersebut adalah .....................
b. Jumlah titik sudutnya ada .......................................
c. Gambar bangun ruang tersebut!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar