Pages - Menu

Jumat, 07 Februari 2014

KAJIAN PUSTAKA, KERANGKA PEMIKIRAN DAN HIPOTESIS PENELITIAN



KAJIAN PUSTAKA, KERANGKA PEMIKIRAN DAN HIPOTESIS PENELITIAN
1.      Pembelajaran IPS
Menurut BSNP (2006:113) menyatakan bahwa:
  Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan Salah satu mata pelajaran yang diberikan mulai dari SD/MI/SDLB sampai SMP/MTs/SMPLB. IPS mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Pada jenjang SD/MI mata pelajaran IPS memuat materi Geografi, sejarah, sosiologi dan ekonomi.
Mulyono. (1980: 8) mengemukakan bahwa: 
  IPS adalah perwujudan dari suatu pendekatan interdisipliner dari ilmu sosial. Ia merupakan integrasi dari berbagai cabang ilmu sosial yakni sosiologi, antropologi budaya, psikologi, sejarah, geografi, ekonomi, ilmu politik dan ekologi manusia, yang diformulasikan untuk tujuan instruksional dengan materi dan tujuan yang disederhanakan agar mudah dipelajari.”

Berdasarkan pendapat tersebut pembelajaran IPS membahas materi yang berhubungan dengan masyarakat. Dengan demikian IPS hendaknya disesuaikan dengan berbagai prespektif sosial yang berkembang di masyarakat. Pembelajaran IPS di sekolah dasar hendaknya diawali dengan pemahaman dilingkungan sekitar sekolah atau siswa dan siswi atau dalam lingkungan yang luas, yaitu lingkungan negara lain, baik yang ada di masa sekarang maupun di masa lampau. Dengan demikian siswa dan siswi yang mempelajari IPS dapat menghayati masa sekarang dengan dibekali pengetahuan tentang masa lampau umat manusia.
2.      Metode Pembelajaran Kerja Kelompok
Metode mengajar menurut pendapat Suetomo, (1993: 155) mengemukakan:
  Metode mengajar adalah sebagai alat untuk mencapai tujuan pengajaran yang ingin dicapai, sehingga semakin baik penggunaan metode mengajar semakin berhasillah pencapai tujuan, artinya apabila guru dapat memilih metode yang tepat yang disesuaikan dengan bahan pengajaran, murid, situasi kondisi, media pengajaran maka semakin berhasillah tujuan pengajaran yang ingin dicapai.


 Metode merupakan salah satu strategi atau cara yang digunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar yang bertujuan yang hendak dicapai, semakin tepat metode yang digunakan oleh seorang guru maka pembelajaran akan semakin baik.
Dari bermacam-macama metode yang ada, pada penelitian ini difokuskan pada penggunaan metode pembelajaran kerja kelompok. Menurut Ibrahim, dkk (2000:5-6) pembelajaran kelompok merupakan pembelajaran yang dicirikan oleh struktur tugas, tujuan, dan penghargaan kelompok. Siswa bekerja dalam situasi pembelajaran kelompok didorong atau dikehendaki untuk bekerjasama pada suatu tugas dan mereka harus mengkoordinasi usahanya menyelesaikan tugasnya.
Istilah kerja kelompok mengandung arti bahwa siswa-siswa dalam suatu kelas dibagi dalam beberapa kelompok baik kelompok yang kecil maupun kelompok yang besar. Pengelompokkan biasanya didasarkan atas prinsip untuk mencapai tujuan bersama.
Megenai kemampuan belajar siswa di Kelas IV MI Jodang dipandang masih kurang. Hal ini dilihat dari sikap siswa yang belum begitu antusias dalam mengikuti pembelajaran, terutama pada pembelajaran IPS. berdasarkan pengamatan sebelum dilakukannya sebelum tindakan, keaktifan siswa dalam pembelajaran IPS dirasa masih kurang, terutama pada materi tentang perilaku masyarakat dan peristiwa alam yang mengakibatkan  hasil belajar siswa masih di bawah KKM yaitu kurang dari 70. Pada dasarnya siswa menyenangi pelajaran IPS, siswa lebih senang dengan pembelajaran yang menitik beratkan pada keterlibatan siswa untuk langsung dalam mengikuti pembelajaran. Dengan demikian siswa merasa termotivasi.
3.      Peristiwa alam
Menurut pendapat Nuniek  (2007 : 14) “Peristiwa alam  yaitu suatu keadaan atau peristiwa yang ditimbulkan oleh alam yang akan mengakibatkan dampak bagi kehidupan yang ada dibumi. Peristiwa alam yang merugikan biasanya disebut sebagai bencana alam. Bencana alam dapat menimbulkan banyak kerugian harta, bangunan, persawahan bahkan dapat pula menimbulkan korban jiwa. Peristiwa alam terjadi pada skala kecil dapat pula terjadi pada skala besar.
peristiwa alam yang mempengaruhi kehidupan sosial manusia diantaranya:
a.       Gempa Bumi
Menurut pendapat Nuniek  (2007 : 16) “Gempa bumi merupakan gerakan atau goncangan bumi karena tekanan-tekanan dari dalam bumi. Gempa bumi ada yang disebabkan oleh pergeseran lempeng bumi atau karena aktivitas gunung berapi.
b.      Gunung Meletus
Nuniek  (2007 : 16) berpendapat “Gunung meletus, terjadi akibat endapan magma di dalam perut bumi yang didorong keluar oleh gas yang bertekanan tinggi. 
c.       Banjir
Pada dasarnya banjir disebabkan oleh:
1)      Hujan yang sangat deras
2)      Kerusakan bendungan dan gempa bumi
3)      Tersumbatnya saluran air dan sungai karena timbunan sampah
4)      Gunung yang gundul sehingga tidak ada akar tanaman yang menahan arus air saat hujan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar