Perkembangan
dan kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) berpengaruh dalam dunia
pendidikan. Pengaruh ini dapat kita rasakan terutama pada berbagai ilmu
termasuk kelompok ilmu pengetahuan alam, seperti bidang Matematika. Khususnya
bidang pendidikan matematika bagi beberapa orang merupakan kesenangan, akan
tetapi bagi banyak orang nama itu menimbulkan beban berat jiak dibandingkan
dengan pelajaran lain. Bahkan ada juga siswa yang sulit menerima
pelajaran matematika. Oleh karena itu tugas dari guru-guru matematikalah untuk
memahami dan mengembangkan berbagai cara guna mendorong siswa agar mau belajar
matematika dengan senang.
Pembelajaran
diharapkan setiap individu memperoleh hasil yang optimal yaitu prestasi
belajar. Untuk memperoleh prestasi belajar penulis menyadari ada beberapa pokok
yang berpengaruh misalnya intern dan faktor ekstern. Penggunaan alat peraga
merupakan salah satu bentuk faktor ekstern yang dapat digunakan oleh guru untuk
mengkomunikasikan bahan ajar kepada peserta didik. Tujuan penggunaan alat
peraga adalah agar para peserta didik lebih mudah menerima materi bahan ajar
yang disampaikan oleh guru.
Namun
masih banyak kita jumpai seorang guru dalam memberikan bahan ajar tidak
menggunkan alat peraga sehingga dapat kita peroleh bukti kuat dari hasil
perbandingan tersebut. Dari hasil perbandingan tersebut penulis berharap
sedikitnya dapat mengurangi masalah yang timbul dalam mengajarkan
Matematika, masalah itu antara lain :
1. Siswa
tidak senang terhadap pelajaran Matematika karena sangat kurang menarik.
2. Karena
kurang tertarik sehingga ini berpengaruh pada sekolah menengah pertama.
3. Cara
guru mengajar kurang menunjukkan realita dalam menanamkan konsep, hal ini dalam
penggunaan alat peraga belum dianggap perlu untuk digunakan.
4. Belum
meratanya guru-guru yang dilatar belakangi kelayakan mengajar bidang studi
Matematika.
Dengan
demikian sangat penting penggunaan alat peraga karena dapat membuat pendidikan
lebih efektif untuk meningkatkan semangat belajar siswa. Namun demikian
penggunaan alat peraga juga harus disesuaikan dengan tuntunan kurikulum dan
tingkat kemampuan serta kemantapan para siswa. Tentu saja kepada guru
diisyaratkan agar menggunakan alat-alat yang murah, efisien dan meungkinkan
pengajaran lebih ilmiah dalam arti betul-betul dipersiapkan dan direncakan
sehingga dilakukan dengan langkah-langkah yang tertib, dengan tidak menolak
kemungkinan atas penggunaan atau penerapan alat-alat yang sesuai dengan
tuntunan tekonolog modern.
Kendatipun
penggunaan alat-alat moden itu sampai sekarang masih dalam taraf dianjurkan,
namun sudah dapat diperkirakan bahwa dalam waktu tidak lama lagi berbagai jenis
peralatan tersebut nampaknya sudah harus digunakan secara intensif di
sekolah-sekolah. Dengan perkataan lain, tumbuhnya kesadaran akan pentingnya
penggunaan alat peraga pada masa mendatang harus direalitasikan dalam praktek.
Dibalik itu penting pula diperhatikan masalah penyediaan alat-alat yang
dibutuhkan yang perlu menjadi pemikiran terus-menerus. Memang banyak usaha yang
bisa dikerjakan, disamping memahami penggunaannya juga berusaha mengembangkan
keterampilan membuat sendiri alat peraga bagi setiap guru di sekolah.
Atas
dasar ini penulis tertarik untuk mengadakan penelitian dan ingin mengungkapkan
bagaimana dan sejauh mana pengaruh penggunaan alat peraga dalam bidang
matematika terhadap prestasi belajar matematika. Sehingga dalam penelitian ini
penulis mengadakan penelitian tentang pengaruh penggunaan alat peraga terhadap
prestasi belajar matematika.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar