RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah :
…………………………
Kelas / Semester :
IV / I (satu)
Tema : Indahnya Kebersamaan
Subtema : Keberagaman
Budaya Bangsaku
Pembelajaran : 1
Alokasi
Waktu :
6 JP
A.
Kompetensi Inti
1.
Menerima dan menjalankan ajaran
agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman da n guru.
3.
Memahami pengetahuan factual dengan
cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi Dasar
PPKn
3.4 Memahami arti bersatu
dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat
4.3 Bekerja sama dengan teman
dalam keberagaman di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.
4.4 Mengelompokkan kesamaan
identitas suku bangsa (pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas,
dan upacara adat), sosial ekonomi (jenis pekerjaan orang tua) di lingkungan rumah,
sekolah dan masyarakat sekitar
3.4 Memahami arti bersatu
dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat
Bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari
teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan
cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan
teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan
cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata
baku
Seni Budaya dan
Prakarya (SBdP)
3.3 Membedakan panjang-pendek
bunyi, dan tinggi-rendah nada dengan gerak tangan
4.5 Menyanyikan lagu dengan
gerak tangan dan badan sesuai dengan tinggi rendah nada
Ilmu
Pengetahuan Sosial (IPS)
3.5 Memahami manusia dalam
dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
4.5 Menceritakan manusia
dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
C.
Indikator
PPKn
v Menjelaskan keberagaman yang ada di Indonesia dalam bentuk tulisan
v Menjelaskan ciri khas suku Minang dalam bentuk peta pikiran
v Menuliskan contoh perilaku sebagai bentuk kebanggaan menjadi anakIndonesia
Bahasa Indonesia
v Mengolah informasi dari teks “Mengenal Suku Minang” dalam bentuk peta
pikiran
Seni Budaya dan Prakarya (SBdP)
v
Menyanyikan lagu “Aku Anak Indonesia
“ dengan tinggi rendah nada yang sesuai
Ilum Pengetahuan Sosial (IPS)
v Menjelaskan sikap yang harus ditunjukkan untuk menghormati keberagaman
dalam bentuk tulisan
D.
Tujuan Pembelajaran
1.
Setelah mengamati gambar dan
diskusi kelas, siswa mampu menjelaskan keberagaman yang ada di Indonesia dalam
bentuk tulisan dengan benar.
2.
Setelah membaca teks “Mengenal
Suku Minang”, siswa mampu mengolah informasi dalam bentuk peta pikiran dengan
benar.
3.
Setelah mencari informasi
keragaman teman sekelasnya dan berdiskusi, siswa
4.
mampu menjelaskan sikap yang
harus ditunjukkan untuk menghormati keberagaman dalam bentuk tulisan dengan
benar.
5.
Setelah bernyanyi dan berdiskusi,
siswa mampu menuliskan contoh perilaku sebagai bentuk kebanggaan menjadi anak
Indonesia dengan benar.
6.
Setelah bernyanyi dan berdiskusi,
siswa mampu membedakan tinggi rendah notasi yang sesuai.
E.
Materi Pembelajaran
1.
Mengenal
keberagaman budaya Indonesia
2.
Memahami
keberagaman budaya
3.
Berekspresi
dengan lagu
F.
Metode Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Diskusi
3.
Tanya jawab
4.
Demonstrasi
5.
Penugasan
G.
Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
PENDAHULUAN
|
§ Mengkondisikan kelas pada situasi
belajar
§ Memotivasi dan mengajak peserta didik
untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran
§
Membiasakan berdoa sebelum
dan sesudah belajar sesuai dengan agama yang dianutnya
|
20 menit
|
INTI
|
§
Siswa mengamati peta budaya
perbedaan pakaian adat, rumah adat, tarian adat, dan alat musik tradisional.
§
Siswa menjawab pertanyaan yang
ada pada buku siswa.
§
Siswa mendiskusikan jawaban
secara berkelompok (satu kelompok terdiri atas 5 siswa). (Penilaian no. 3)
§ Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.
|
80 menit
|
|
§
Siswa membaca teks “Mengenal
Suku Minang”.
§
Siswa mengambil informasi
penting dari teks yang dibacanya dan menuliskannya dalam bentuk peta pikiran.
(Penilaian no. 1, lihat di bagian penilaian)
§
Siswa berpasangan mendiskusikan
jawaban dengan temannya.
§
Guru dan siswa mendiskusikan
hasil jawaban tersebut di depan kelas.
§
Setelah membuat peta pikiran
dan mendiskusikannya, siswa secara individu menjawab pertanyaan yang ada pada
buku siswa.
§
Untuk menggiring siswa pada
pelajaran selanjutnya, guru secara klasikal dapat mengajukan pertanyaan
berikut.
§
Dari manakah asal daerah
kalian?
§
Apakah ciri khas daerah asalmu?
§
Siswa mencari asal-usul daerah
teman-temannya di kelas melalui kegiatan bertanya-jawab tentang suku, agama,
dan ciri khas daerah masing-masing. Ciri khas daerah dapat dilihat dari
berbagai sisi (bangunan, pakaian, rumah adat, bahasa, upacara adat, dan
lain-lain).
§
Siswa membuat kesimpulan dari
tabel hasil wawancara.
§
Guru membantu siswa dengan
mengajukan
pertanyaan yang ada pada buku
siswa.
§
Siswa menjawab pertanyaan yang
ada pada buku siswa.
§
Siswa mengisi tabel tentang
sikap yang berkaitan dengan keberagaman. (Penilaian
no. 2)
§
Setelah melakukan kegiatan di
atas, ajak siswa untuk meningkatkan kebanggaan mereka menjadi anak Indonesia
melalui kegiatan bernyanyi.
§
Guru menunjukkan cara menyanyikan
lagu tersebut sesuai dengan notasi lagu dan tinggi rendah nada.
§
Siswa bernyanyi bersama.
(Penilaian no. 4)
§
Guru memberikan perhatian
kepada mereka yang belum bisa menyanyikan lagu sesuai notasi yang benar.
§
Siswa mendiskusikan isi dan
makna lagu “Aku Anak Indonesia” dalam kelompoknya.
§
Setiap kelompok berpresentasi
di depan kelas.
§
Siswa diberi penguatan tentang
pentingnya memiliki kebanggaan menjadi anak Indonesia.
§
Semua siswa menceritakan alasan
mengapa harus bangga menjadi anak Indonesia.
§
Siswa juga menuliskan perilaku
yang menunjukkan rasa bangga menjadi anak Indonesia.
§
Siswa menunjukkan tulisannya
kepada seorang teman.
|
80 menit
|
PENUTUP
|
§
Guru
bersama peserta didik membuat kesimpulan hasil pembelajaran
§
Guru
meminta peserta didik untuk mengerjakan soal-soal
§
Guru
memberikan umpan balik terhadap proses pembelajaran
§
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan tugas kepada peserta didik
|
30 menit
|
H.
Alat dan Sumber Belajar
1.
Peta budaya (ada pada buku
siswa), teks lagu “Aku Anak Indonesia”.
2.
Buku Tematik
Terpadu Kurikulum 2013 Kelas IV, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta.
I.
Penilaian
1.
Daftar periksa untuk peta pikiran. (Bahasa Indonesia)
Kriteria
|
Keterangan
|
|
Sudah
|
Belum
|
|
Peta
pikiran memuat rumah adat
|
|
|
Peta
pikiran memuat bahasa
|
|
|
Peta
pikiran memuat alat musik tradisional.
|
|
|
Peta
pikiran memuat makanan tradisional.
|
|
|
Peta
pikiran memuat tarian tradisional.
|
|
|
2. Daftar periksa untuk sikap
menunjukkan keberagaman. (IPS dan PPKn)
Kriteria
|
Keterangan
|
|
Sudah
|
Belum
|
|
Menuliskan 5 sikap menghargai keberagaman
|
|
|
Menuliskan 5 sikap yang tidak menghargai
keberagaman
|
|
|
3. Daftar periksa untuk menyanyi. (SBdP)
Kriteria
|
Keterangan
|
|
Sudah
|
Belum
|
|
Bernyanyi sesuai dengan
intonasi yang benar.
|
|
|
Bernyanyi sesuai dengan tinggi
rendah nada.
|
|
|
4. Rubrik
Diskusi
No.
|
Kriteria
|
Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
1.
|
Isi
|
Poster
yang dibuat
berisi
tentang
slogan,
kalimat
ajakan
untuk hemat
energi
disertai
dengan
alasan.
|
Poster
yang dibuat
berisi
tentang
slogan,
kalimat
ajakan
untuk hemat
energi
tetapi tidak
disertai
dengan
alasan.
|
Poster
yang dibuat
berisi
tentang slogan,
kalimat
ajakan untuk
hemat
energi disertai
dengan
alasan, tetapi
antara
kalimat ajakan
dan
alasan kurang
berhubungan.
|
Poster
yang dibuat tidak
berisi
slogan maupun
alasan.
|
(4) P
|
(3)
|
(2)
|
(1)
|
||
2.
|
Gambar
|
Siswa
dapat membuat
gambar
yang
sesuai
dengan kalimat
yang
dibuat
serta
ukuran yang
seimbang
dengan
bidang
kertas.
|
Siswa
dapat membuat
gambar
yang
sesuai
dengn
kalimat
yang
dibuatnya,
namun
ukuran
gambar
masih
belum
sesuai dengan
bidang
kertas.
|
Siswa
belum dapat
membuat
gambar
yang
sesuai dengan
kalimat
yang
dibuat,
walaupun
ukuran
gambar
sesuai dengan
bidang
kertas.
|
Siswa
belum dapat
membuat
gambar yang
sesuai
dengan kalimat
yang
dibuat serta
ukuran
gambar belum
sesuai
dengan bidang
kertas.
|
(4)
|
(3) P
|
(2)
|
(1)
|
||
3.
|
Kerapian
|
Siswa
dapat menuliskan
dan
mewarnai
gambar
dengan
rapi
serta
menarik
dan
dapat
menjaga
kebersihan
kertas
kerja.
|
Siswa
dapat
menuliskan
dengan
rapi dan
mewarnai
gambar
tidak
melebihi
garis
gambar,
namun
dalam
menjaga
kebersihan
kertas
kerja
belum
maksimal
( kotor dan
coretan )
|
Siswa
dapat
menuliskan
dengan
rapi
namun dalam
mewarnai
belum rapi
dan
kebersihan kertas
kerja
belum terjaga
|
Siswa
belum dapat
menuliskan
dengan
rapi dan
dalam
mewarnainya
pun
masih melebihi
garis
gambar serta
kebersihan
kertas kerja
belum
terjaga.
|
(2)
|
(1,5) P
|
(1)
|
(0,5)
|
5. Penilaian Sikap (peduli, percaya diri dan rasa ingin tahu)
Menyetujui, ..............,
......................20……..
Kepala Sekolah Guru Kelas IV
....................................... ....................................................
NIP : NIP :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar