Pages - Menu

Jumat, 07 Februari 2014

HASIL OBSERVASI KEMAMPUAN MERANCANG RPP Siklus Ke-2

HASIL OBSERVASI  KEMAMPUAN MERANCANG RPP
Siklus Ke-2                      

No
Deskriptor
NILAI
Nilai
1
2
3
4
1
Merancang Pembelajaran





a.      Merumuskan tujuan dan instruksi pembelajaran



Ö
4
b.      Memilih pendekatan dalam pembelajaran



Ö
c.      Merumuskan indikator dan model pendekatan pembelajaran berdasarkan KD dan menggambarkan perubahan perilaku



Ö
d.     Merancang evaluasi pembelajaran



Ö
Komentar :
Kemampuan merancang pembelajaran, secara keseluruhan sudah sesuai dengan Standar kompetensi dan kompetensi dasar perbaikan dan pengembangan pada setiap aspeknyapun sudah tepat
2
Bahan pembelajaran dan pengembangan Materi Pembelajaran





a.     Mencantumkan materi Materi berdasarkan SK, KD, indikator dan tujuan pembelajaran.




Ö
3,75
b.     Menyiapkan alat pembelajaran berupa contoh penulisan pengumuman.



Ö
c.     Menyiapkan bahan pembelajaran yang disusun secara sitematis, logis dan proporsional serta sesuai dengan minat, dan kebutuhan belajar anak.


Ö

d.    Materi yang diberikan bertujuan untuk  mengungkap  kecakapan hidup anak, sesuai dengan perkembangan, karakteristik dan kebutuhan  siswa.



Ö
Komentar :
Bahan pembelajaran dan pengembangan Materi Pembelajaran, secara keseluruhan sudah sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar dan perbaikan serta pengembangan pada setiap aspeknya,  perbaikan pada proses menyiapan bahan pembelejaran yang sudah belum tersusun secara sistematis

3
Pengembangan kegiatan Pembelajaran





a.     Kegiatan  pembelajaran sesuai/selaras dengan pendekatan pembelajaran yang digunakan atau  yang telah ditetapkan yang mencakup: mengamati, menggolongkan  menginterfensi, meramakan, menerapkan, merencanakan dan mengkomunikasikan




Ö
4
b.     Kegiatan pembelajaran melibatkan  kegiatan siswa dan materi pembelajaran



Ö
c.     Langkah-langkah pembelajaran berurutan sesuai hierarki materi pembelajaran



Ö
d.    Langkah-langkah pembelajaran memberikan pengalaman belajar secara fisik dan mental





Ö

Komentar :
Pada aspek ini secara keseluruahan sudah baik namun perbaikan pada setiap aspeknyapun sudah tepat, dalam hal keselaran pendekatan pembelajaran yang digunakan dengan materi pembelajaran, perbikan pada keterlibatan siswa dalam pembelajaran, pada langkah-langkah pembelajarna sudah sesuai

4
Pelaksanaan Penilaiaan hasil  Pembelajaran





a.     Penilaian mengukur proses dan hasil sesuai indikator/ tujuan pembelajaran



Ö
4
b.     Mencantumkan bentuk penilaian



Ö
c.     Membuat alat ukur sesuai dengan bentuk penilaian yang digunakan



Ö
d.    Mencantumkan kriteria keberhasilan pencapaian kompetensi



Ö

Komentar :
Pada aspek Pelaksanaan Penilaiaan hasil  Pembelajaran secara kesluruhan sudah baik, serta perbaikan pada tia komponen aspeknya sudah tepat





Jumlah
15,75
Rata-rata Nilai Aspek/Nilai RPP
3,9
Persentase
98%
Kriteria Penilalain 1 : Tidak baik 2 : Cukup baik     3 : Baik  4: Memadai
                                                                             


Tasikmalaya , …………….. 2013
Observer,




……………………………
NIP. ………………………..




HASIL OBSERVASI PENILAIAAN KINERJA GURU
 DALAM PROSES PEMBELAJARAN  
SIKLUS Ke-2                     
Aspek yang Dinilai
Deskriptor
Sub aspek
Nilai
1
2
3
4
I.   Kegiatan Pra KBM atau membuka pelajaran

1.      Mempersiapkan pembelajaran




4
a.  Model pendekatan pembelajaran sesuai dengan  kurikulum



Ö
b.  Model pendekatan pembelajaran sesuai dengan tujuan



Ö
c.  Model Pendekatan sesui dengan kondisikan diri sendiri dan siswa untuk siap melakukan KBM



Ö
d. Model Pendekatan pembelajaran perhatian siswa dan menciptakan rasa ingin tahu



Ö
Komentar :
Secara kesluruahn pada aspek ini sudah tepat dan sesuai


2.      Mengungkap pengetahuan awal




4
a.  Mengajukan pertanyaan yang bertujuan mengungkap pengetahuan awal siswa tentanag pengumuman 



Ö
b.  Mengajukan pertanyaan yang bertujuan mengungkap pemahaman awal siswa tentanag pengumuman 



Ö
c.  Mengajukan pertanyaan tentang model pendekkatan dalam pembelajaran



Ö
d. Mengajukan pertanyaan yang mengungkap  penggunaan pendekkatan dalam proses pembelajaran



Ö
Komentar :
Pada aspek mengungkap pengetahuaan awal guru sudah mampu Mengajukan pertanyaan yang mengungkap  penggunaan pendekkatan dalam proses pembelajaran

II.                Proses Pembelajaran
1.      Kesesuaian model pembelajaran




3
a.  Keseuaian bahan ajar dan pendekatan  pembelajaran dengan materi pembelajaran


Ö

b.  Menetukan langkah-langkah proses pembelajaran sesua dengan model pendekatan dalam pembelajaran



Ö
c.  Penataan alokasi waktu sesuai dengan proporsi waktu yang telah didtetapkan  dalam proses pembelajaran 



Ö
d. Pengelolaan kelas disesuaikan berdasarkan model pendekatan dalam pembelajaran


Ö


Komentar :
Pada aspek Kesesuaian model pembelajaran dalam proses Pengelolaan kelas sudah sesuaikan dengan model pendekatan dalam pembelajaran dan alokasi pemanfaatan alokasi waktupun sudah  sesuai

2.      Penguasaan materi dan Bahan Pembelajaran




4
a.  Penyajian bahan pembelajaran sesuai dengan KD, indikator dan sumber belajar yang ditetapkan



Ö
b.  Pembahasan, pemberian contoh serta dampak pengiring untuk sikap/perilaku sistematis dan tepat



Ö
c.  Menunjukkan penguasaan yang luas dan mendalam terhadap bahan pembelajaran  pada materi menulis pengumuman



Ö
d. Dapat merespon pertanyaan/mengatasi masalah yang berasal dari siswa



Ö
Komentar :
Pada aspek penguasaan materi dan bahan pembelajaran suudah menunjukkan penguasaan yang luas dan mendalam terhadap bahan pembelajaran  pada materi menulis pengumuman

III.  Menutup pelajaran

1.      Memberikan penguatan pemahaman siswa mengenai materi




3
a.     Memberikan pertanyaan mengenai materi  yang sudah dipelajari


Ö

b.     Memberikan penegasan tentang konsep penulisan pengumuman berdasarkan bagian yang ada dalam pengumuman



Ö
c.     Merangkum dan menyimpulkan bahan pelajaran tentang menulis pengumuman



Ö
d.    Menata kembali suasana kelas agar kondusif bagi KBM selanjutnya

Ö


Komentar :
Pada aspek Memberikan penguatan pemahaman siswa mengenai materi guru mampu menata kembali suasana kelas agar kondusif bagi KBM selanjutnya

2.      Melakukan evaluasi




4
a.  Mencantumkan bentuk evaluasi serta Menggunakan jenis evaluasi penilaian yang relevan dengan jenis yang dirancang pada silabus



Ö
b.  Menggunakan prosedur eavaluasi penilaian yang relevan dengan indikator yang ditetapkan



Ö
c.  Menggunakan penilaian yang relevan dan proporsional dengan waktu yang tersedia



Ö
d. Melaksanakan prosedur penilaian yang relevan dengan yang direncanakan



Ö
Komentar :
Pada aspek Melakukan evaluasi guru sudah mampu menggunakan penilaian yang relevan dan proporsional dengan waktu yang tersedia

Jumlah Nilai Aspek
22
Rata-rata Nilai Aspek/Nilai RPP
3,67
Persentase
92%

Kriteria Penilalain 1 : Tidak baik 2 : Cukup baik     3 : Baik  4: Memadai
                                                                             


Tasikmalaya , …………….. 2013
Observer,



……………………………
NIP. ………………………..










































HASIL OBSERVASI PENILAIAAN KINERJA SISWA
DALAM PROSES PEMBELAJARAN
SIKLUS Ke-2              

Aspek yang Dinilai
Deskriptor
Milai Tiap Sub aspek
Nilai
1
2
3
4
I.   Kegiatan awal

a.  Memeperhatikan penjelasan guru tentang materi menulis pengumuman



Ö
4,00
b.  Memperhatikan penjelas guru tentang tujuan pembelajaran



Ö
c.  Memperhatikan penjelasan guru tentang prosedur pembelajaran dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses



Ö
d. Memperhatikan penjelas guru tentang  KBM



Ö
Komentar :
Pada proses kegiatan awal pada aspek memperhatikan penjelasan guru tentang KBM semua siswa sudah memperhatikan
II.     Kegiatan Inti
a.  Merespon setiap pertanyaan yang diajukan guru



Ö
4,00
b.  Menjawab  pertanyaan yang bertujuan mengungkap pengetahuan awal siswa tentanag pengumuman 



Ö
c.  Siswa Menunjukkan keaktifan dalam dan meperhatikan penjelasan guru mengenai materi menulis pengumuman



Ö
d. Siswa Mampu menulis pengumuman berdasarkan bagian-bagian dalam penulisan pengumuman dengan tepat.



Ö
Komentar :
Pada proses kegiatan inti sudah ada perbaikan hal ini dilihat siswa sudah menunjukan keatifan dan siswa belum mampu menulis pengumuman dengan tepat
III.  Kegiatan penutup 
a.  Siswa mamapu Menyimpulkan pembelajaran yang telah dilaksanakan bersama guru

Ö


3
b.  Melakukan evaluasi


Ö

c.  Melakukan refleksi



Ö
d. Memperhatikan penjelasan guru mengenai materi pertemuan selanjutnya



Ö
Komentar :
Pada kegiatan akhir sudah ada perbaikan, hal ini dilihat semua siswa yang sudah mampu menyimpulkan materi pembelajaran dengan benar
Jumlah Nilai Aspek
11
Rata-rata Nilai Aspek/Nilai RPP
3,70
Persentase
91%


Kriteria Penilalain 1 : Tidak baik 2 : Cukup baik     3 : Baik   4: Memadai





Tasikmalaya , …………….. 2013
Observer,


……………………………
NIP. ………………………..




CATATAN HASIL OBSERVASI AKTIVITAS GURU DAN SISWA
PADA SAAT PEMBELAJARAN
Siklus ke-2  
HASIL OBSERVASI AKTIVITAS GURU
HASIL OBSERVASI AKTIVITAS
SISWA
1.      Kegiatan awal (Kegiatan Pra KBM atau membuka pelajaran)
a.       Mempersiapkan pembelajaran
Pada proses Kegiatan Pra KBM atau membuka pelajaran dianggap sudah tepat dan sesuai


b.      Mengungkap pengetahuan awal siswa
Pada asoek ini secara keseluruah dinggap sesuai dalam mengungkap pengetahuaan awal guru belum mampu Mengajukan pertanyaan yang mengungkap  penggunaan pendekkatan dalam proses pembelajaran

2.      Proses Pembelajaran
a.       Pada aspek Kesesuaian model pembelajaran aspek yang sudah terpenuhi meliputi Keseuaian bahan ajar dan pendekatan  pembelajaran dengan materi pembelajaran, Menetukan langkah-langkah proses pembelajaran sesua dengan model pendekatan dalam pembelajaran, pada aspek alokasi waktu serta perbaikan hal ini dilihat dari pelaskasanan pembelajran  guru sudah tepat  waktu dan sesuai  dengan yang ditetapkan, pada pengelolaan kelas sudah  sesuai dengan model pendekatan dalam pembelajaran
b.      Penguasaan materi dan Bahan Pembelajaran secara keseluruhan sudah terpenuhi perbaikan penguasaan guru dalam pembelajaran mengenai materi menulis pengumuman  sudah dianggap benar
3.      Menutup Perlajaran
a.       Memberikan penguatan pemahaman siswa mengenai mater, guru sudah mampu selain itu juga guru sudah  mampu menata kembali suasana kelas agar kondusif bagi KBM selanjutnya
b.      Melakukan evaluasi, guru sudah mampu mampu menggunakan penilaian yang relevan dan proporsional dengan waktu yang tersedia masih melebihi waktu yang tersedia
1.      Kegiatan awal
Semua siswa memperhatikan. Hal ini dilihat pada aspe memperhatikan penjelasan guru tentang KBM siswa memperhatikan penjelasan guru dan tidak mengobrol lagi










2.      Kegiatan inti
Pada proses kegiatan inti sudah menunjukan keatifan dan siswa belum mampu menulis pengumuman dengan tepat. Selain itu juga siswa merasa kebingungan sudah tidak lagi, hal ini menunjukan siswa yang sudah mampu menulis pengumuman dengan tepat dan benar.











3.      Kegiatan Penutup
Pada kegiatan akhir siswa mampu menyimpulkan materi pembelajaran dengan benar, selain itu pada proses memperhatikan penjelasan guru, seluruh siswa memperhatikan penjelsan guru manegani materi pertemuan selanjutnya.



















CATATAN HASIL BELAJAR SISWA
Siklus I


No
Aspek yang dinilai
Nilai
1
Tema Pengumuman

1.      Seluruh isi pengumuman sesuai dengan tema pengumuman.

2.      Hampir seluruh isi pengumuman sesuai dengan tema pengumuman .

3.      Sebagian besar isi  pengumuman sesuai dengan tema pengumuman.

4.      Sebagian kecil isi  pengumuman sesuai dengan tema pengumuman.

2
Bagian-bagian Pengumuman

a.       Kepala Pengumuman

1.      Seluruh isi kepala pengumuman sesuai dan mencirikan identitas pengumuman.

2.      Hampir Seluruh isi kepala pengumuman sesuai dan mencirikan identitas pengumuman.

3.      Sebagian besar isi kepala pengumuman sesuai dan mencirikan identitas pengumuman.

4.      Sebagian kecil isi kepala pengumuman sesuai dan mencirikan identitas pengumuman.

b.      Isi pengumuman

1.      Seluruh isi pengumuman telah sesuai dan  mencantumkan Kalimat Pembuka, Isi Sesungguhnya dan Kalimat Penutup.

2.      Hampir Seluruh isi pengumuman telah sesuai dan mencantumkan Kalimat Pembuka, Isi Sesungguhnya dan Kalimat Penutup.

3.      Sebagian besar isi pengumuman telah sesuai dan mencantumkan Kalimat Pembuka, Isi Sesungguhnya dan Kalimat Penutup.

4.      Sebagian sebagian kecil isi pengumuman telah sesuai dan mencantumkan Kalimat Pembuka, Isi Sesungguhnya dan Kalimat Penutup.

c.       Kaki pengumuman

1.      Seluruh isi bagian kaki pengumuman sesuai dan tepat.

2.      Hampir Seluruh bagian kaki pengumuman sesuai dan tepat.

3.      Sebagian besar bagian kaki pengumuman sesuai dan tepat.

4.      Sebagian kecil bagian kaki pengumuman sesuai dan   tepat.



3
Penggunaan EYD

a.       Penggunaan Tanda baca

1.      Seluruh tanda baca yang digunakan tepat

2.      Hampir Seluruh tanda baca yang digunakan tepat

3.      Sebagian besar tanda baca yang digunakan tepat

4.      Sebagian kecil  tanda baca yang digunakan tepat

b.      Pemilihab kata

1.      Seluruh isi pengumuman menggunakan kata yang benar

2.      Hampir Seluruh isi pengumuman menggunakan kata yang benar

3.      Sebagian besar isi pengumuman menggunakan kata yang benar

4.      Sebagian kecil  isi pengumuman menggunakan kata yang benar

c.       Penggunaan Huruf kapital

1.      Seluruh huruf kapital yang digunakan tepat 

2.      Hampir Seluruh huruf kapital yang digunakan tepat 

3.      Sebagian besar huruf kapital yang digunakan tepat 

4.      Sebagian kecil  huruf kapital yang digunakan tepat 

4
Kerapihan penulisan Pengumuman

1.      Seluruh tulisan dalam pengumuman rapih

2.      Hampir Seluruh huruf tulisan dalam pengumuman rapih

3.      Sebagian besar tulisan dalam pengumuman rapih

4.      Sebagian kecil  tulisan dalam pengumuman rapih

Jumlah Nilai Aspek

Rata-rata Nilai Aspek/Nilai RPP

Persentase


Kriteria Penilalain 1 : Tidak baik 2 : Cukup baik     3 : Baik  4: Memadai
                                                                             


Tasikmalaya , …………….. 2013
Observer,


……………………………
NIP. ………………………..


CATATAN HASIL BELAJAR SISWA
Siklus II

No
Siswa
Aspek
Jumlah Nilai
1
2
3
4
a
b
c
a
b
c
1
S.1
4
4
3
3
3
3
3
4
27
2
S.2
4
4
4
3
3
3
3
3
27
3
S.3
4
4
4
4
3
3
3
4
29
4
S.4
4
4
4
3
3
3
3
3
27
5
S.5
3
3
3
3
3
3
3
3
24
6
S.6
4
4
3
3
3
3
3
3
26
7
S.7
3
3
3
3
3
3
3
3
24
8
S.8
4
4
3
3
3
3
3
3
26
9
S.9
4
4
4
3
3
3
3
3
27
10
S.10
4
4
3
3
3
3
3
3
26
11
S.11
4
4
4
3
3
3
3
3
27
12
S.12
4
4
4
4
4
3
3
3
29
13
S.13
4
4
3
3
3
3
3
3
26
14
S.14
4
4
3
3
3
3
3
3
26
15
S.15
4
4
3
3
3
3
3
3
26
16
S.16
3
3
3
3
2
3
3
2
22
17
S.17
4
4
4
3
3
3
3
3
27
18
S.18
4
3
3
3
3
3
3
2
24
19
S.19
3
3
3
2
2
2
2
2
19
20
S.20
4
4
4
4
4
3
3
4
30
21
S.21
4
4
4
4
4
4
4
4
32
22
S.22
4
4
3
3
3
3
3
3
26
23
S.23
4
4
3
3
3
3
3
3
26
24
S.24
4
4
3
3
3
3
3
3
26
25
S.25
4
4
3
3
3
3
3
4
27
Jumlah
96
95
84
78
76
75
75
77
2045
Presentase
96%
95%
84%
78%
76%
75%
75%
77%
82%




Tidak ada komentar:

Posting Komentar