HASIL
OBSERVASI KEMAMPUAN MERANCANG RPP
Siklus Ke-2
No
|
Deskriptor
|
NILAI
|
Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Merancang Pembelajaran
|
|
|
|
|
|
a. Merumuskan tujuan dan instruksi pembelajaran
|
|
|
|
Ö
|
4
|
|
b. Memilih pendekatan dalam pembelajaran
|
|
|
|
Ö
|
||
c.
Merumuskan
indikator dan model pendekatan pembelajaran berdasarkan KD dan menggambarkan
perubahan perilaku
|
|
|
|
Ö
|
||
d.
Merancang
evaluasi pembelajaran
|
|
|
|
Ö
|
||
Komentar :
Kemampuan
merancang pembelajaran, secara keseluruhan sudah sesuai dengan Standar
kompetensi dan kompetensi dasar perbaikan dan pengembangan pada setiap aspeknyapun
sudah tepat
|
||||||
2
|
Bahan pembelajaran dan pengembangan Materi
Pembelajaran
|
|
|
|
|
|
a.
Mencantumkan materi Materi berdasarkan SK, KD,
indikator dan tujuan pembelajaran.
|
|
|
|
Ö
|
3,75
|
|
b.
Menyiapkan alat pembelajaran berupa contoh
penulisan pengumuman.
|
|
|
|
Ö
|
||
c.
Menyiapkan bahan pembelajaran yang disusun secara
sitematis, logis dan proporsional serta sesuai dengan minat, dan kebutuhan
belajar anak.
|
|
|
Ö
|
|
||
d.
Materi yang diberikan bertujuan untuk mengungkap
kecakapan hidup anak, sesuai dengan perkembangan, karakteristik dan
kebutuhan siswa.
|
|
|
|
Ö
|
||
Komentar
:
Bahan
pembelajaran dan pengembangan Materi Pembelajaran, secara keseluruhan sudah
sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar dan perbaikan serta
pengembangan pada setiap aspeknya,
perbaikan pada proses menyiapan bahan pembelejaran yang sudah belum
tersusun secara sistematis
|
|
|||||
3
|
Pengembangan kegiatan Pembelajaran
|
|
|
|
|
|
a. Kegiatan
pembelajaran sesuai/selaras dengan pendekatan pembelajaran yang
digunakan atau yang telah ditetapkan
yang mencakup: mengamati, menggolongkan
menginterfensi, meramakan, menerapkan, merencanakan dan
mengkomunikasikan
|
|
|
|
Ö
|
4
|
|
b.
Kegiatan
pembelajaran melibatkan kegiatan siswa
dan materi pembelajaran
|
|
|
|
Ö
|
||
c.
Langkah-langkah
pembelajaran berurutan sesuai hierarki materi pembelajaran
|
|
|
|
Ö
|
||
d. Langkah-langkah pembelajaran memberikan pengalaman
belajar secara fisik dan mental
|
|
|
|
Ö
|
||
|
Komentar :
Pada
aspek ini secara keseluruahan sudah baik namun perbaikan pada setiap
aspeknyapun sudah tepat, dalam hal keselaran pendekatan pembelajaran yang
digunakan dengan materi pembelajaran, perbikan pada keterlibatan siswa dalam
pembelajaran, pada langkah-langkah pembelajarna sudah sesuai
|
|
||||
4
|
Pelaksanaan Penilaiaan hasil Pembelajaran
|
|
|
|
|
|
a.
Penilaian mengukur proses dan hasil sesuai
indikator/ tujuan pembelajaran
|
|
|
|
Ö
|
4
|
|
b.
Mencantumkan bentuk penilaian
|
|
|
|
Ö
|
||
c.
Membuat alat ukur sesuai dengan bentuk penilaian
yang digunakan
|
|
|
|
Ö
|
||
d.
Mencantumkan kriteria keberhasilan pencapaian
kompetensi
|
|
|
|
Ö
|
||
|
Komentar :
Pada
aspek Pelaksanaan Penilaiaan hasil
Pembelajaran secara kesluruhan sudah baik, serta perbaikan pada tia
komponen aspeknya sudah tepat
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
15,75
|
|||||
Rata-rata Nilai Aspek/Nilai RPP
|
3,9
|
|||||
Persentase
|
98%
|
Kriteria
Penilalain 1 : Tidak
baik 2 : Cukup baik 3 :
Baik 4: Memadai
|
Tasikmalaya , …………….. 2013
Observer,
……………………………
NIP. ………………………..
|
HASIL OBSERVASI PENILAIAAN KINERJA GURU
DALAM PROSES
PEMBELAJARAN
SIKLUS Ke-2
Aspek yang Dinilai
|
Deskriptor
|
Sub aspek
|
Nilai
|
|||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||||||||||||||||
I. Kegiatan Pra KBM atau membuka pelajaran
|
1. Mempersiapkan pembelajaran
|
|
|
|
|
4
|
||||||||||||||
a. Model
pendekatan pembelajaran sesuai dengan
kurikulum
|
|
|
|
Ö
|
||||||||||||||||
b. Model
pendekatan pembelajaran sesuai dengan tujuan
|
|
|
|
Ö
|
||||||||||||||||
c. Model
Pendekatan sesui dengan kondisikan diri sendiri dan siswa untuk siap
melakukan KBM
|
|
|
|
Ö
|
||||||||||||||||
d. Model
Pendekatan pembelajaran perhatian siswa dan menciptakan rasa ingin tahu
|
|
|
|
Ö
|
||||||||||||||||
Komentar :
Secara kesluruahn pada aspek ini sudah
tepat dan sesuai
|
|
|||||||||||||||||||
2. Mengungkap pengetahuan awal
|
|
|
|
|
4
|
|||||||||||||||
a. Mengajukan
pertanyaan yang bertujuan mengungkap pengetahuan awal siswa tentanag
pengumuman
|
|
|
|
Ö
|
||||||||||||||||
b. Mengajukan
pertanyaan yang bertujuan mengungkap pemahaman awal siswa tentanag
pengumuman
|
|
|
|
Ö
|
||||||||||||||||
c. Mengajukan
pertanyaan tentang model pendekkatan dalam pembelajaran
|
|
|
|
Ö
|
||||||||||||||||
d. Mengajukan
pertanyaan yang mengungkap penggunaan
pendekkatan dalam proses pembelajaran
|
|
|
|
Ö
|
||||||||||||||||
Komentar
:
Pada aspek mengungkap pengetahuaan
awal guru sudah mampu Mengajukan pertanyaan yang mengungkap penggunaan pendekkatan dalam proses
pembelajaran
|
|
|||||||||||||||||||
II.
Proses
Pembelajaran
|
1.
Kesesuaian
model pembelajaran
|
|
|
|
|
3
|
||||||||||||||
a.
Keseuaian bahan ajar dan pendekatan pembelajaran dengan materi pembelajaran
|
|
|
Ö
|
|
||||||||||||||||
b.
Menetukan langkah-langkah proses pembelajaran
sesua dengan model pendekatan dalam pembelajaran
|
|
|
|
Ö
|
||||||||||||||||
c.
Penataan alokasi waktu sesuai dengan proporsi
waktu yang telah didtetapkan dalam
proses pembelajaran
|
|
|
|
Ö
|
||||||||||||||||
d. Pengelolaan
kelas disesuaikan berdasarkan model pendekatan dalam pembelajaran
|
|
Ö
|
|
|
||||||||||||||||
Komentar :
Pada aspek Kesesuaian model pembelajaran
dalam proses Pengelolaan kelas sudah sesuaikan dengan
model pendekatan dalam pembelajaran dan alokasi pemanfaatan alokasi waktupun
sudah sesuai
|
||||||||||||||||||||
|
2.
Penguasaan
materi dan Bahan Pembelajaran
|
|
|
|
|
4
|
||||||||||||||
a. Penyajian
bahan pembelajaran sesuai dengan KD, indikator dan sumber belajar yang
ditetapkan
|
|
|
|
Ö
|
||||||||||||||||
b.
Pembahasan, pemberian contoh serta dampak
pengiring untuk sikap/perilaku sistematis dan tepat
|
|
|
|
Ö
|
||||||||||||||||
c.
Menunjukkan penguasaan yang luas dan mendalam
terhadap bahan pembelajaran pada
materi menulis pengumuman
|
|
|
|
Ö
|
||||||||||||||||
d.
Dapat merespon pertanyaan/mengatasi masalah yang
berasal dari siswa
|
|
|
|
Ö
|
||||||||||||||||
Komentar :
Pada
aspek penguasaan materi dan bahan pembelajaran suudah menunjukkan penguasaan
yang luas dan mendalam terhadap bahan pembelajaran pada materi menulis pengumuman
|
|
|||||||||||||||||||
III. Menutup pelajaran
|
1.
Memberikan
penguatan pemahaman siswa mengenai materi
|
|
|
|
|
3
|
||||||||||||||
a. Memberikan pertanyaan mengenai materi yang sudah dipelajari
|
|
|
Ö
|
|
||||||||||||||||
b. Memberikan
penegasan tentang konsep penulisan pengumuman berdasarkan bagian yang ada
dalam pengumuman
|
|
|
|
Ö
|
||||||||||||||||
c. Merangkum dan menyimpulkan bahan pelajaran tentang menulis
pengumuman
|
|
|
|
Ö
|
||||||||||||||||
d. Menata kembali suasana kelas agar kondusif bagi KBM selanjutnya
|
|
Ö
|
|
|
||||||||||||||||
Komentar :
Pada
aspek Memberikan penguatan pemahaman siswa mengenai materi guru mampu menata kembali suasana kelas agar
kondusif bagi KBM selanjutnya
|
|
|||||||||||||||||||
2.
Melakukan
evaluasi
|
|
|
|
|
4
|
|||||||||||||||
a. Mencantumkan
bentuk evaluasi serta Menggunakan jenis evaluasi penilaian yang relevan
dengan jenis yang dirancang pada silabus
|
|
|
|
Ö
|
||||||||||||||||
b.
Menggunakan prosedur eavaluasi penilaian yang
relevan dengan indikator yang ditetapkan
|
|
|
|
Ö
|
||||||||||||||||
c.
Menggunakan penilaian yang relevan dan
proporsional dengan waktu yang tersedia
|
|
|
|
Ö
|
||||||||||||||||
d.
Melaksanakan prosedur penilaian yang relevan
dengan yang direncanakan
|
|
|
|
Ö
|
||||||||||||||||
Komentar :
Pada
aspek Melakukan evaluasi guru sudah mampu menggunakan penilaian yang relevan
dan proporsional dengan waktu yang tersedia
|
|
|||||||||||||||||||
Jumlah Nilai
Aspek
|
22
|
|||||||||||||||||||
Rata-rata Nilai
Aspek/Nilai RPP
|
3,67
|
|||||||||||||||||||
Persentase
|
92%
|
|||||||||||||||||||
Kriteria
Penilalain 1 : Tidak
baik 2 : Cukup baik 3 :
Baik 4: Memadai
|
Tasikmalaya , …………….. 2013
Observer,
……………………………
NIP. ………………………..
|
HASIL OBSERVASI PENILAIAAN KINERJA SISWA
DALAM PROSES PEMBELAJARAN
SIKLUS Ke-2
Aspek yang
Dinilai
|
Deskriptor
|
Milai Tiap Sub
aspek
|
Nilai
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||||||
I. Kegiatan awal
|
a. Memeperhatikan penjelasan guru tentang materi menulis
pengumuman
|
|
|
|
Ö
|
4,00
|
||||
b. Memperhatikan penjelas guru tentang tujuan pembelajaran
|
|
|
|
Ö
|
||||||
c. Memperhatikan penjelasan guru tentang prosedur
pembelajaran dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses
|
|
|
|
Ö
|
||||||
d. Memperhatikan penjelas guru tentang KBM
|
|
|
|
Ö
|
||||||
Komentar :
Pada proses kegiatan awal pada aspek
memperhatikan penjelasan guru tentang KBM semua siswa sudah memperhatikan
|
||||||||||
II.
Kegiatan Inti
|
a. Merespon setiap pertanyaan yang diajukan guru
|
|
|
|
Ö
|
4,00
|
||||
b. Menjawab
pertanyaan yang bertujuan mengungkap pengetahuan awal siswa tentanag
pengumuman
|
|
|
|
Ö
|
||||||
c. Siswa Menunjukkan keaktifan dalam dan meperhatikan
penjelasan guru mengenai materi menulis pengumuman
|
|
|
|
Ö
|
||||||
d. Siswa Mampu menulis pengumuman berdasarkan
bagian-bagian dalam penulisan pengumuman dengan tepat.
|
|
|
|
Ö
|
||||||
Komentar :
Pada proses kegiatan inti sudah ada
perbaikan hal ini dilihat siswa sudah menunjukan keatifan dan siswa belum
mampu menulis pengumuman dengan tepat
|
||||||||||
III. Kegiatan penutup
|
a. Siswa mamapu Menyimpulkan pembelajaran yang telah
dilaksanakan bersama guru
|
|
Ö
|
|
|
3
|
||||
b. Melakukan evaluasi
|
|
|
Ö
|
|
||||||
c. Melakukan refleksi
|
|
|
|
Ö
|
||||||
d. Memperhatikan penjelasan guru mengenai materi pertemuan
selanjutnya
|
|
|
|
Ö
|
||||||
Komentar :
Pada
kegiatan akhir sudah ada perbaikan, hal ini dilihat
semua siswa yang sudah mampu menyimpulkan materi pembelajaran dengan benar
|
||||||||||
Jumlah Nilai
Aspek
|
11
|
|||||||||
Rata-rata Nilai
Aspek/Nilai RPP
|
3,70
|
|||||||||
Persentase
|
91%
|
|||||||||
Kriteria
Penilalain 1 : Tidak
baik 2 : Cukup baik 3 :
Baik 4:
Memadai
|
Tasikmalaya , …………….. 2013
Observer,
……………………………
NIP. ………………………..
|
PADA SAAT PEMBELAJARAN
Siklus ke-2
HASIL
OBSERVASI AKTIVITAS GURU
|
HASIL
OBSERVASI AKTIVITAS
SISWA
|
1. Kegiatan
awal (Kegiatan Pra KBM atau membuka pelajaran)
a.
Mempersiapkan
pembelajaran
Pada proses Kegiatan Pra KBM atau membuka
pelajaran dianggap sudah tepat dan sesuai
b.
Mengungkap
pengetahuan awal siswa
Pada asoek ini secara keseluruah dinggap
sesuai dalam mengungkap pengetahuaan awal guru belum
mampu Mengajukan pertanyaan yang mengungkap
penggunaan pendekkatan dalam proses pembelajaran
2. Proses
Pembelajaran
a.
Pada
aspek Kesesuaian model pembelajaran aspek yang sudah terpenuhi meliputi
Keseuaian bahan ajar dan pendekatan
pembelajaran dengan materi pembelajaran, Menetukan langkah-langkah
proses pembelajaran sesua dengan model pendekatan dalam pembelajaran, pada aspek
alokasi waktu serta perbaikan hal ini dilihat dari pelaskasanan
pembelajran guru sudah tepat waktu dan sesuai dengan yang ditetapkan, pada pengelolaan
kelas sudah sesuai dengan model
pendekatan dalam pembelajaran
b.
3. Menutup
Perlajaran
a.
Memberikan
penguatan pemahaman siswa mengenai mater, guru sudah mampu selain itu juga guru
sudah mampu menata
kembali suasana kelas agar kondusif bagi KBM selanjutnya
b.
Melakukan
evaluasi, guru sudah mampu mampu menggunakan penilaian yang
relevan dan proporsional dengan waktu yang tersedia masih melebihi waktu yang
tersedia
|
1.
Kegiatan awal
Semua siswa memperhatikan. Hal ini dilihat pada aspe memperhatikan
penjelasan guru tentang KBM siswa memperhatikan penjelasan guru dan tidak
mengobrol lagi
2.
Kegiatan inti
Pada proses kegiatan inti sudah menunjukan
keatifan dan siswa belum mampu menulis pengumuman dengan tepat. Selain itu
juga siswa merasa kebingungan sudah tidak lagi, hal ini menunjukan siswa yang
sudah mampu menulis pengumuman dengan tepat dan benar.
3.
Kegiatan
Penutup
Pada kegiatan akhir siswa mampu menyimpulkan materi
pembelajaran dengan benar, selain itu pada proses memperhatikan penjelasan
guru, seluruh siswa memperhatikan penjelsan guru manegani materi pertemuan
selanjutnya.
|
CATATAN HASIL BELAJAR SISWA
Siklus I
No
|
Aspek yang dinilai
|
Nilai
|
1
|
Tema
Pengumuman
|
|
1.
Seluruh isi pengumuman sesuai dengan tema
pengumuman.
|
|
|
2.
Hampir seluruh isi pengumuman sesuai dengan tema
pengumuman .
|
|
|
3.
Sebagian besar isi
pengumuman sesuai dengan tema pengumuman.
|
|
|
4.
Sebagian kecil isi
pengumuman sesuai dengan tema pengumuman.
|
|
|
2
|
Bagian-bagian
Pengumuman
|
|
a.
Kepala Pengumuman
|
|
|
1.
Seluruh isi kepala pengumuman sesuai dan
mencirikan identitas pengumuman.
|
|
|
2.
Hampir Seluruh isi kepala pengumuman sesuai dan
mencirikan identitas pengumuman.
|
|
|
3.
Sebagian besar isi kepala pengumuman sesuai dan
mencirikan identitas pengumuman.
|
|
|
4.
Sebagian kecil isi kepala pengumuman sesuai dan
mencirikan identitas pengumuman.
|
|
|
b.
Isi pengumuman
|
|
|
1.
Seluruh isi pengumuman telah sesuai dan mencantumkan Kalimat Pembuka, Isi
Sesungguhnya dan Kalimat Penutup.
|
|
|
2.
Hampir Seluruh isi pengumuman telah sesuai dan
mencantumkan Kalimat Pembuka, Isi Sesungguhnya dan Kalimat Penutup.
|
|
|
3.
Sebagian besar isi pengumuman telah sesuai dan
mencantumkan Kalimat Pembuka, Isi Sesungguhnya dan Kalimat Penutup.
|
|
|
4.
Sebagian sebagian kecil isi pengumuman telah
sesuai dan mencantumkan Kalimat Pembuka, Isi Sesungguhnya dan Kalimat Penutup.
|
|
|
c.
Kaki pengumuman
|
|
|
1.
Seluruh isi bagian kaki pengumuman sesuai dan
tepat.
|
|
|
2.
Hampir Seluruh bagian kaki pengumuman sesuai dan
tepat.
|
|
|
3.
Sebagian besar bagian kaki pengumuman sesuai dan
tepat.
|
|
|
4.
Sebagian kecil bagian kaki pengumuman sesuai dan tepat.
|
|
|
3
|
Penggunaan
EYD
|
|
a.
Penggunaan Tanda baca
|
|
|
1.
Seluruh tanda baca yang digunakan tepat
|
|
|
2.
Hampir Seluruh tanda baca yang digunakan tepat
|
|
|
3.
Sebagian besar tanda baca yang digunakan tepat
|
|
|
4.
Sebagian kecil
tanda baca yang digunakan tepat
|
|
|
b.
Pemilihab kata
|
|
|
1.
Seluruh isi pengumuman menggunakan kata yang benar
|
|
|
2.
Hampir Seluruh isi pengumuman menggunakan kata
yang benar
|
|
|
3.
Sebagian besar isi pengumuman menggunakan kata
yang benar
|
|
|
4.
Sebagian kecil
isi pengumuman menggunakan kata yang benar
|
|
|
c.
Penggunaan
Huruf kapital
|
|
|
1.
Seluruh huruf kapital yang digunakan tepat
|
|
|
2.
Hampir Seluruh huruf kapital yang digunakan
tepat
|
|
|
3.
Sebagian besar huruf kapital yang digunakan
tepat
|
|
|
4.
Sebagian kecil
huruf kapital yang digunakan tepat
|
|
|
4
|
Kerapihan
penulisan Pengumuman
|
|
1.
Seluruh tulisan dalam pengumuman rapih
|
|
|
2.
Hampir Seluruh huruf tulisan dalam pengumuman rapih
|
|
|
3.
Sebagian besar tulisan dalam pengumuman rapih
|
|
|
4.
Sebagian kecil
tulisan dalam pengumuman rapih
|
|
|
Jumlah Nilai
Aspek
|
|
|
Rata-rata Nilai
Aspek/Nilai RPP
|
|
|
Persentase
|
|
Kriteria Penilalain 1 : Tidak baik 2 : Cukup baik 3 : Baik 4:
Memadai
|
Tasikmalaya , …………….. 2013
Observer,
……………………………
NIP. ………………………..
|
CATATAN HASIL BELAJAR SISWA
Siklus II
No
|
Siswa
|
Aspek
|
Jumlah Nilai
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||||||
a
|
b
|
c
|
a
|
b
|
c
|
|||||
1
|
S.1
|
4
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
4
|
27
|
2
|
S.2
|
4
|
4
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
27
|
3
|
S.3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
3
|
3
|
4
|
29
|
4
|
S.4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
27
|
5
|
S.5
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
24
|
6
|
S.6
|
4
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
26
|
7
|
S.7
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
24
|
8
|
S.8
|
4
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
26
|
9
|
S.9
|
4
|
4
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
27
|
10
|
S.10
|
4
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
26
|
11
|
S.11
|
4
|
4
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
27
|
12
|
S.12
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
3
|
3
|
29
|
13
|
S.13
|
4
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
26
|
14
|
S.14
|
4
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
26
|
15
|
S.15
|
4
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
26
|
16
|
S.16
|
3
|
3
|
3
|
3
|
2
|
3
|
3
|
2
|
22
|
17
|
S.17
|
4
|
4
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
27
|
18
|
S.18
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
2
|
24
|
19
|
S.19
|
3
|
3
|
3
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
19
|
20
|
S.20
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
3
|
4
|
30
|
21
|
S.21
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
32
|
22
|
S.22
|
4
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
26
|
23
|
S.23
|
4
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
26
|
24
|
S.24
|
4
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
26
|
25
|
S.25
|
4
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
4
|
27
|
Jumlah
|
96
|
95
|
84
|
78
|
76
|
75
|
75
|
77
|
2045
|
|
Presentase
|
96%
|
95%
|
84%
|
78%
|
76%
|
75%
|
75%
|
77%
|
82%
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar